Pembuatan Video Anti Hoax sebagai bagian dari Konten Positif Di Media Sosial Untuk Mahasiswa

Citra Rosalyn Anwar(1*), Abdul Hakim(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/inovasi.v3i2.56800

Abstract


Abstrak Mitra dalam Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah mahasiswa FIP UNM.  Masalahnya adalah: (1) Sebagai pengguna media sosial mahasiswa membutuhkan motivasi dalam mengembangkan media informasi yang menarik. (b) Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam membuat konten edukasi.  (c) Kemampuan mengidentifikasi dan memilih media informasi yang menarik (d) Kemampuan mendesain media edukasi dalam hal ini berupa video. Kemampuan mengintegrasikan edukasi terkait penangkalan hoax atau literasi digital menjadi sebuah video yang dapat mereka bagikan di media sosial. Metode yang digunakan adalah: ceramah, demonstrasi, diskusi, tanya jawab, dan pendampingan pembuatan video edukasi yang dilakukan secara luring. Hasil yang dicapai adalah (1) Mahasiswa mampu memanfaatkan kemampuan literasi digitalnya untuk membuat informasi yang menarik. (2) Mahasiswa mampu membuat konten edukasi (3) Mahasiswa mampu mengindentifikasi media informasi yang menarik (4) Mahasiswa mampu mendesain video sebagai media edukasi.

Kata kunci: Mahasiswa, Video, Literasi Digita, Makassar, Edukasi.


Full Text:

PDF

References


Arnidah, & Anwar, C. R. (2020). The Students and the Ability to Verificate a Hoax Through the Application of Hoax Buster Tools (HBT). https://doi.org/10.2991/assehr.k.201027.029

Arnidah, Anwar, C. R., & Aswan, D. (2023). Pengembangan Media Video Mengajar dengan Menerapkan Model Pembelajaran Case Method dan Team-Based Project untuk Perguruan Tingg. Jurnal Ilmiah Wahan Pendidikan, 9(10), 768–779.

Basuki, Udiyo., dan R. Hendradi Setyawan. 2022. Langkah Strategis Menangkal Hoax: Suatu Pendekatan Kebijakan Dan Hukum. Jurnal Hukum Caraka Justitia Vol. 2 No. 1 Mei 2022 P. 1 – 94

Erstad, O., & Gillen, J. (2019). Theorizing digital literacy practices in early childhood. In Erstad, O., Flewitt, R., Kümmerling-Meibauer, B., & Pereira, Í. S. P (Ed.), The Routledge Handbook of Digital Literacies in Early Childhood (pp. 31-44). Routledge https://doi.org/10.4324/9780203730638-3

Mulyadi, M. I., Warjiman, W., & Chrisnawati, C. (2018). Efektivitas Pendidikan Kesehatan dengan Media Video terhadap Tingkat Pengetahuan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Jurnal Keperawatan Suaka Insan (JKSI), Vol. 3 No. 2. https://doi.org/https://doi.org/10.51143/jksi.v3i2.111

Setiani, D. Y., & Warsini, W. (2020). Efektifitas Promosi Kesehatan Media Video dan Leaflet terhadap Tingkat Pengetahuan tentang Pencegahan Osteoporosis. Jurnal Kesehatan Holistic, Vol. 4 No. 2, 55–67. https://doi.org/10.33377/jkh.v4i2.83

Sujana, A., & Rachmatin, D. (2019). Literasi digital abad 21 bagi mahasiswa PGSD: Apa, mengapa, dan bagaimana. Current Research in Education: Conference Series Journal, Vol. 1 No. 1, 003-013.

Sutarman,. Syaipul Ramdhan, dan Denny Hidayat. 2021. Iklan Layanan Masyarakat Waspada Hoax. Jurnal Sisfotek Global, Vol. 11, No. 1, Maret 2021.


Article Metrics

Abstract view : 32 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.