PKM Digitisasi dan Digitalisasi Data Berbasis Web Service di Kelurahan Bontonompo Kab. Gowa

Syamsu Alam(1*), Muh. Jamil(2), Muhammad Ashdaq(3), Muhammad Taufik(4), Valentino Aris(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/inovasi.v3i2.56689

Abstract


Abstrak. Teknologi informasi dan komunikasi terus mengalami perkembangan yang sangat pesat di Indonesia. Transformasi digital dalam pelayanan publik menjadi hal yang sangat penting dilakukan oleh instansi/lembaga pemerintah. Digitalisasi pada tingkat kelurahan menjadi hal yang sangat urgen untuk segera dikembangkan. Website Resmi Kelurahan menjadi media informasi yang sangat dibutuhkand dalam upaya digitalisasi pada tangkat kelurahan. Namun, tingginya kebutuhan digitalisasi ini tidak diikuti oleh kesiapan perangkat kelurahan untuk berpartisipasi dalam proses digitalisasi. Oleh karena itu, perlu upaya untuk meningkatkan kesiapan perangkat kelurahan terhadap proses digitalisasi dalam bentuk pelatihan. Kegiatan Program Kemitraan Masyarakat ini dilakukan dalam bentuk Pelatihan yang dilaksanakan di Kantor Kelurahan Bontonompo. Output kegiatan ini adalah digitalisasi layanan persuratan pada Kelurahan Bontonompo melalui Website Resmi Kelurahan.

 

Kata Kunci: transformasi digital, digitalisasi, website


Full Text:

PDF

References


Aris, V. (2015). Pengaruh Persepsi Kegunaan dan Ketersediaan Teknologi Informasi terhadap Penerimaan Penggunaan Internet Pada Stisip Veteran Palopo. Jurnal Manajemen, 02(01), 51–62.

Aris, V., Alam, S., Ashdaq, M., Taufik, M., & Jamil, M. (2023). Pelatihan Perancangan Website Profil Kelurahan Bontonompo. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains Dan Teknologi, 2(3), 393–399. https://doi.org/10.55123/abdikan.v2i3.2300

Hersya Pratama, R., Hakim, A., & Shobaruddin Jurusan Administrasi Publik, M. (2020). Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK), Elektronik Rukun Tetangga/Rukun Warga (E-RT/RW). Jurnal Administrasi Publik (JAP), 3(12), 2128–2132.

Perdanakusuma, A. R., Rachmadi, A., Muhammad, M. G., Ramadhan, D. R., & Ubaidillah, I. M. (2020). Pemodelan Proses Bisnis Pelayanan Aduan Publik pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Mojokerto dengan Menggunakan Business Process Model Notation (BPMN). Tecnoscienza, 5(1), 137–156. www.lapor.go.id.

Sudiantini, D., Ayu, M. P., Aswan, M., & ... (2023). Transformasi Digital: Dampak, Tantangan, Dan Peluang Untuk Pertumbuhan Ekonomi Digital. … Dan Ekonomi, 1(3). https://jurnaluniv45sby.ac.id/index.php/Trending/article/view/1115%0Ahttps://jurnaluniv45sby.ac.id/index.php/Trending/article/download/1115/952

Syarifuddin, M. (2020). Transformasi Digital Persidangan di Era New Normal. In PT. Imaji Cipta Karya.


Article Metrics

Abstract view : 37 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.