Pelatihan Penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran dalam Rangka Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Yayasan Kemala Bhayangkari Makassar

Reski Febyanti Rauf(1*), Indrayani Indrayani(2), Amiruddin Hambali(3), Mantasiah R.(4), Ibandong Ibandong(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/inovasi.v3i2.56648

Abstract


Abstrak. Penyelenggara pendidikan harus mendapatkan pelatihan tentang kurikulum merdeka yang mencakup beberapa tahapan seperti pengembangan pemahaman dasar dan pembuatan perangkat pembelajaran untuk mendukung mereka beradaptasi dengan kurikulum tersebut. Perangkat pembelajaran dalam kurikulum Merdeka mencakup beragam sumber daya pengajaran yang digunakan oleh pendidik untuk secara efektif memenuhi tujuan dan capaian pembelajaran, termasuk mengenai alur tujuan pembelajaran. Oleh karena itu, dalam upaya memberikan penguatan pemahaman guru mengenai alur tujuan pembelajaran pada kurikulum merdeka maka pelaksanaan pengabdian berupa pelatihan terkait hal tersebut perlu dilakukan. Tahapan pelaksanaan pelatihan meliputi persiapan, pelaksanaan, dan pendampingan dengan pendekatan sosialisasi, diskusi, simulasi dan evaluasi. Indikator keberhasilan diukur berdasarkan penilaian instrumen pre-test dan post-test. Hasil analisis menunjukkan peningkatan pemahaman materi dan praktik guru masing-masing sebesar 85,4% dan 83,4%. Pelatihan ini memberikan dampak positif bagi guru, bermanfaat, dan efektif untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam menyusun alur tujuan pembelajaran.

Kata kunci: alur tujuan pembelajaran, guru, kurikulum merdeka, pelatihan


Full Text:

PDF

References


Alimudin, Nihwan, E.D. Cahyo. 2023. Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka Bagi Guru PAUD di Kecamatan Sekampung Lampung Timur. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2):127-133.

Baihaqi, Y., Riswanto, A. Gunawan. 2023. Pelatihan Guru Muda Muhammadiyah dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Kota Metro. Sinar Sang Surya (Jurnal Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat), 7(2): 236-249.

Camellia, Alfiandra, E.E. Faisal, R. Setiyowati, U.R. Sukma. 2022. Pendampingan dan Pengenalan Kurikulum Merdeka Bagi Guru. Satwika: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2):63-74.

Damayanti, A.T., B.E. Pradana, B.P. Putri, H.N. Laila. 2023. Literaure Review: Problematika Kesiapan Guru terhadap Peneraan Kurikulum Merdeka. Prosiding Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian, Surabaya, 6 Juli 2023:465-471.

Deswita, R. Atiyyah, A.P. Kusuma, N.R. Kurniasari. 2023. Bimbingan Teknik Kurikulum Merdeka Belajar Bagi Guru di RA Al Kautsar. Journal of Social Outreach: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2):174-182.

Eppendi, J., Z. Simon. 2023. Pelatihan Pengembangan ATP dan Modul Ajar Sekolah Penggerak Sekolah Luar Biasa Negeri Nunukan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 29(1):126-132.

Feriyanto, F., R.O.E. Putri, T. Afkar. 2022. Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka di SDN Mojoroto Jetis Mojokerto. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dharma Andalas, 1(1):142-148.

Hake, R.R. 1999. Analyzing Change/Gain Scores. AREA-D American Education Research Association’s Devision. D, Measurement and Research Methodology. Dept. of Physics, Indiana University, USA.

Ibandong, R.F. Rauf, Mantasiah R., A.A. Rivai, A.M. Rivai. 2023. Program Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Visual Digital pada Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Bacukiki Barat. Jurnal Dedikasi, 25(1):29-33.

Juliana. 2022. Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Guru Merdeka Mengajar. Prosiding PKM-CSR, 5:2655-3570.

Kusumawardhana, B., M. Hudah, F.A. Widiyatmoko, D.F. Setiawan. 2022. Pendampingan Pembuatan Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka Bagi MGMP PJOK SMA Kota Semarang. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, LPPM Universitas PGRI Semarang, Desember 2022, 3:588-594.

Mahmudah, I., Sulistyowati, Jasiah. 2023. Pendampingan Persiapan Guru dalam Mengimplementasikan Kuriulum Merdeka di MI Fathul Iman Palangka Raya. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 3(2):727-732.

Mukhlis, A.M.A., N. Lestari, R.F. Rauf, N. Fadhilah. 2022. Pelatihan Pemanfaatan Barang Bekas sebagai Instalasi Sistem Hidroponik untuk Sayuran Daun. INOVASI: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat, 2(2):146-153.

Noviantari, I., D.A. Agustina. 2023. Development of Teaching Modules on Independent Curriculum Implementation. Seminar Nasional Inovasi Pendidikan Ke-6 (SNIP 2022). Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series 6 (1), 465-470.

Purnomo, A., A. Wiradimadja, S.S. Pratiwi, N.F. Aristin, A. Ardery. 2023. Pendampingan dan Penyusunan Instrumen Asesmen Kompetensi Minimum untuk Guru IPS di Kabupaten Pacitan. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 8(1):65-71.

Ramadhan, I. 2023. Dinamika Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah pada Aspek Perangkat dan Proses Pembelajaran. AoEJ: Academy of Education Journal, 14(2):622-634.

Rauf, R.F., Ibandong, Mantasiah R, A.A. Rivai, Hasmawati. 2022. Pelatihan Media Pembelajaran Online Bagi Guru SMP Kemala Bhayangkari Makassar. Jurnal Dedikasi, 24(2):152-158.

Rauf, R.F., R. Fadilah, A.A. Rivai. 2021. Program Edukasi Penanganan Pascapanen untuk Meningkatkan Nilai Jual Jahe Merah (Zingiber officinale var. Rubrum) di Desa Pao Kecamatan Tombolopao Kabupaten Gowa. Jurnal Dedikasi, 23(1):22-26.

Rivai A.A., Mantasiah R., R.F. Rauf, A.M. Rivai, A.T.O. Rivai. 2021. Pelatihan Pengembangan Variasi Model-Model Pembelajaran Bagi Guru-Guru di Sulawesi Selatan. Jurnal Dedikasi, 23(1):16-21.

Rizal, A.U., N. Hikmah, M.R. Anshari. 2022. Bimbingan Teknis Implementasi Kurikulum Merdeka di MIN 2 Kota Palangka Raya. Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3):134-138.

Rohmadi, M., N. Septiana, T.S. Najah, A.N. Humam. 2023. Pelatihan Kurikulum Merdeka Belajar di MTs Islamiyah Palangka Raya. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2):226-238.

Ruspa, A.R., Nirwana, Jusrianto, B. Bumbungan, H. Nur, D. Parubang. 2022. Bimbingan Teknis Pemahaman CP, Penyusunan TP/ATP, dan Modul Ajar di SD Negeri 7 Ponjalae Palopo. Abdimas Langkanae: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2):140-149.

Sulistyowati, Rahmad, A. Gofur, Jasiah, M. Syabrina, N.I. Syar, I. Mahmudah. 2023. Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka di MIN 2 Kota Palangka Raya. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 4(2):888-895.

Sumandya, I.W., I.K. Sukendra. 2022. PKM Penyusunan Kurikulum Oprasional Sekolah di Penggerak Angkatan 2 Provinsi Bali. Jurnal PKM Widya Mahadi, 2(2):129-137.

Sumarsih, I., T. Maliyani, Y. Hadiyansah, A.H. Hernawan, Prihantini. 2022. Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5):8284-8258.

Supardi. 2023. Implementasi Kurikulum Merdeka di SDN Pademawu Timur 4 melalui In House Training (IHT). Darmabakti: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(2):131-137.

Warni, H., Mashud, A. Hamid, M. Mulhim, Perdinanto, A. Shadiqin, A. Wulandari. 2023. Penguatan Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Berbasis Project Based Learning Bagi Guru Sekolah Islami Terpadu Assalam Kabupaten Tanah Laut. Jurnal Bina Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2):115-127.

Yulianto, H., Iryani. 2023. Pendampingan Asesmen Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada SMAN 13 Takalar. To Maega: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(3):488-503.


Article Metrics

Abstract view : 102 times | PDF view : 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.