Pelatihan Pewara Siswa SMK Negeri 1 Kota Bima

Muhammad Alfian Tuflih(1*), Mayong Mayong(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/inovasi.v3i2.56537

Abstract


Abstrak. Mitra dalam program pengabdian ini adalah Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Kota Bima. Program kemitraan masyarakat ini bertujuan memberikan pengetahuan sekaligus pelatihan menjadi pewara bagi siswa. Hal ini didasarkan pada permasalahan yang ditemukan berkaitan dengan kurangnya minat siswa menjadi pewara karena minim rasa percaya diri. Padahal, peluang berkarier sebagai pewara sangat terbuka. Apalagi, perkembangan media social saat inu, sangat mendukung hal tersebut. Secara terperinci, permasalahan yang ditemukan, antara lain: 1) Kurangnya pengetahuan dan skill siswa dalam bidang pewara; 2) Tidak tersedianya media siswa untuk menjadi pewara. Solusi yang ditawarkan ialah memberikan pelatihan menjadi pewara bagi siswa. Target luaran ini yaitu artikel pada media massa cetak/elektronik, artikel pada jurnal terakreditasi, video kegiatan. Untuk mencapai tujuan tersebut, tim pengabdi menggunakan strategi kronologis, dengan urutan pelaksanaan yang dimulai dari pemberian materi, praktik menjadi pewara, serta evaluasi hasil praktik. Hasil pengabdian menunjukkan peningkatan skil dan minat siswa terkait pewara.

 

Kata Kunci: Pelatihan Pewara, Siswa, keterampilan, SMK


Full Text:

PDF

References


Arief, E. (2009). “Performance” pembawa acara yang profesional. Jurnal Bahasa dan Seni. 10(1). 11-16.

Purwaningrum, A. (2019). Panduan Membawakan Acara untuk Kegiatan di Sekolah: Menjadi Pembawa Acara yang Sukses dan Handal. Guepedia: DKI Jakarta.

Rakhman, F., & Pristiwati, R. (2015). Kepewaraan di Perguruan Tinggi. Penerbit Andi: Yogyakarta.

Suprayetno, E., & Riynaldiy, A. (2020). Pendidikan Sanggar Bahasa dan Sastra (Konsep dan Pengembangan). Umsu Press: Medan.

Susanti, E. (2022). Pembawa Acara (Pewara). Penerbit In Media: Bogor.


Article Metrics

Abstract view : 31 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.