Pelatihan Teknologi Pemurnian Air Ramah Lingkungan Pada Masyarakat Sekitar PPLH Puntondo, Kecamatan Laikang, Kabupaten Takalar

Nurhayani H. Muhiddin(1*), Sitti Saenab(2), Salma Samputri(3), Nurfitra Yanto(4), Muthiah AT.(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/inovasi.v3i2.54419

Abstract


Abstrak. Saat ini, air bersih merupakan kebutuhan yang sangat penting, khususnya dalam lingkup rumah tangga sebagai penggunaan kebutuhan sehari-hari. Upaya untuk memenuhi kebutuhan akan air bersih yang berkualitas, diperlukan pengolahan air yang sesuai dengan standar kesehatan yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan. Masyarakat sekitar PPLH (Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup) Puntondo, Kecamatan Laikang, Kabupaten Takalar sebagian besar menggunakan fasilitas air dari sumber mata air sumur sebagai sumber air utama. Pelatihan teknologi pemurnian air ramah lingkungan pada masyarakat Sekitar PPLH Puntondo, Kecamatan Laikang, Kabupaten Takalar bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat sekitar mengenai teknologi yang dapat digunakan untuk menjernihkan air. Melalui pelatihan ini, masyarakat diarahkan untuk menerapkan teknologi pemurnian air dengan metode filtrasi menggunakan bahan alami. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas air bersih dengan menurunkan kadar mineral tanah, menghilangkan bau, warna dan membunuh mikroorganisme yang dapat mempengaruhi kualitas air. Kegiatan ini mendapat sambutan yang sangat antusias dari masyarakat setempat dan berjalan dengan sangat baik. Melalui kegiatan ini, masyarakat di sekitar PPLH Puntondo dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan tentang teknologi pemurnian air ramah lingkungan, sehingga mereka dapat mengolah air dengan lebih baik dan memperoleh air bersih yang sehat dan aman untuk digunakan dalam kegiatan sehari-hari.

 

Kata Kunci: Pelatihan, Teknologi pemurnian air, Filtrasi

 


Full Text:

PDF

References


Armansyah, A. F., Nst, F. F., Efrida, R., & Zurkiyah. (2022). Pelatihan Pembuatan Alat Penjernih Air Dengan Metode Filtrasi Didusun IV Desa Pematang Tatal Serdang Bedagai. ABDI SABHA. Jurnal Pengabdian kepada Masyaraka), 3(2), 215-209.

Chandra, B. (2014). Pengantar kesehatan lingkungan. Jakarta: EGC.

Hartayu, R., Putra, P., & Zaenal, F. (2019). Pembuatan Filter Air Sederhana. Jurnal Karya Pengabdian Dosen dan Mahasiswa, 03(2), 132-137.

Mashadi, A., Surendro, B., Rakhmawati, A., & Amin, M. (2018). Peningkatan Kualitas pH, Fe dan Kekeruhan dari Air Sumur Gali dengan Metode Filtrasi. Jurnal Riset Rekayasa Sipil, 1(2), 105-113.

Mugiyantoro, A., Rekinagara, I., Primaristi, C., & Soesilo, J. (2017). Penggunaan Bahan Alam Zeolit, Pasir Silika, dan Arang Aktif dengan Kombinasi Teknik Shower dalam Filterisasi FE, MN, dan MG pada Air Tanah. Seminar Nasional Kebumen Ke-10.

Samsir, A. (2015). Ketahanan Pangan Rumah Tangga Petani Desa Laikang Kecamatan Mangrabombang Kabupaten Takalar. ECCES, 2(1), 76-93.

Setyaning, L. B., Riyanto, E., & Irfansyah, M. (2021). Analisis Peningkatan Kualitas Air Sumur Gali Metode Filtrasi Sederhana Dengan Sabut Kelapa Sesuai Syarat Air Bersih. Jurnal Surya Beton, 5(2), 21-30.

Solihin, D., Prasetiyani, D., Sari, A. R., Sugiarti, E., & Sunardi, D. (2020). Pemanfaatan Botol Bekas Sebagai Penyaring Air Bersih Sederhana Bagi Warga Desa Cicalengka Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang. Dedikasi PKM UNPAM, 1(3), 98-102.


Article Metrics

Abstract view : 53 times | PDF view : 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.