Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas dalam Rangka Pengembangan Kompetensi Guru

Nurhijrah Nurhijrah(1*), Nasrah Natsir(2), Ridwan Daud Mahande(3), Shabrina Syntha Dewi(4), Asiani Abu(5), Johar Amir(6), Ambo Dalle(7),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(6) Universitas Negeri Makassar
(7) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/inovasi.v3i1.47531

Abstract


Abstrak. Mitra Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dengan SMP Negeri 3 Gowa. Kendala yang dihadapi mitra adalah belum menguasai penelitian tindakan kelas selain itu mitra juga belum sepenuhnya menerapkan penelitian tindakan kelas dalam rangka pengembangan kompetensi guru. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru dalam membuat penelitian tindakan kelas. Metode yang digunakan adalah metode pelatihan (Ceramah, tanya jawab, dan Latihan). Hasil yang dicapai adalah peserta dapat memahami penelitian tindakan kelas.

 

Kata Kunci: Pelatihan, Penelitian Tindakan Kelas, Kompetensi Guru.


Full Text:

PDF

References


Aqib, Z. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.

Fitria, H. .. (2019). Upaya meningkatkan kompetensi guru melalui pelatihan penelitian tindakan kelas. Abdimas Unwahas, 4(1).

Kristiawan. (2014). A Model for Upgrading Theacher Competence on Operating Computer as Assistant of Instruction. Global Jurnal of Human-Social Science Research, 14(5).

Kristiawan, M. (2017). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Siregar, E. (2014). Pengembangan profesionalisme guru melalui penelitian tindakan kelas. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 20(77).


Article Metrics

Abstract view : 52 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.