Book Creator Sebagai Aplikasi dalam Menyusun Media Pembelajaran Interaktif bagi Calon Guru Profesional

Munawwarah Munawwarah(1*), Suriati Eka Putri(2), Nita Magfirah Ilyas(3), Sumiati Side(4), Sakinah Zubair(5),

(1) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(2) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(3) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(4) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(5) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/inovasi.v3i1.46427

Abstract


Abstrak. Book creator merupakan salah satu aplikasi online yang dapat digunakan untuk Menyusun media pembelajaran bagi pendidik. selain itu aplikasi ini juga dapat digunakan untuk Menyusun e-book atau modul pembelajaran interaktif. Ada berbagai fitur pada aplikasi ini yang menjadikan media atau bahan ajar memiliki tampilan dan penggunaan yang lebih menarik diantaranya yaitu dapat disinkronkan secara langsung dengan Canva, dapat menampilkan video online maupun offline, menyajikan rekaman suara, menghubungkan dengan dokumen dalam berbagai format, dan sebagainya. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk mengembangkan kemampuan guru atau calon guru dalam Menyusun media dan bahan ajar interaktif yang inovatif. Peserta dalam pelatihan ini adalah mahasiswa PPG Prajabatan 2022 Gelombang 2. Pelatihan dilaksakan dengan serangkaian metode yaitu ceramah, diskusi, simulasi, dan praktek. Kegiatan diawali dengan memperkenalkan aplikasi book creator kepada peserta, cara membuat akun, hingga memperkenalkan beberapa fitur dan cara penggunaannya saat Menyusun media atau bahan ajar hingga cara membagikan link media yang sudah jadi. Peserta antusias dalam mengikuti pelatihan karena peserta baru pertama kali menggunakan aplikasi online tersebut. Peserta juga menilai bahwa aplikasi ini mudah untuk digunakan dan memiliki berbagai fitur menarik di dalamnya.

Kata Kunci: Book Creator, Media Pembelajaran, Interaktif


Full Text:

PDF

References


Diana, sinta diana, Selvie Sianipar, & Riodinar Harianja. (2022). Pelatihan Media Pembelajaran Book Creator kepada Guru-Guru PAUD Yabes Medan. Literasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 2(1), 382 - 388. https://doi.org/10.58466/literasi.v2i1.299

Kutandi, Cecep & Darmawan, Deddy. (2020). Pengembangan media pembelajaran Konsep dan Aplikasi Pengembangan Media pembelajaran bagi pendidik di sekolah dan masyarakat. Kencana. Jakarta

Nandy. (2022). E-learning: pengertian, sejarah, Manfaat, dan kekurangan. E-Learning: Pengertian, Sejarah, Manfaat, Kekurangan (gramedia.com)

Pausa Rani & Zainil Melva. (2023). Pengembangan media pembelajaran menggunakan aplikasi book creator pada materi bangun ruang di kelas V SD. E-JIPSD: e-jurnal inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar v.11, n.1, 2023. Available at . Date accessed: 08 may 2023.

Setiawan, T. Y., & Fikri, A. (2022). The Development of E-LKPD Using Book Creator on Fraction Operations Material in Elementary School. MaPan: Jurnal matematika dan Pembelajaran, v. 10. No. 1. P. 116-126, June 2022. Available at: . Date accessed: 08 may 2023.

Sumiharsono, R & Hasanah, H. (2017). Media Pembelajaran. Pustaka Abadi. Jakarta.

Widyasmi, Anugrah Risky et al. (2021). Media Pembelajaran Daring Book Creator dan Evaluasi Educandy pada Materi Suhu dan Kalor IPA SMP/MTs. PISCES : Proceeding of Integrative Science Education Seminar, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 192-198, dec. 2021. Available at: . Date accessed: 08 may 2023.


Article Metrics

Abstract view : 484 times | PDF view : 48 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.