Workshop Peningkatan Literasi Digital Mahasiswa Melalui Aplikasi Desain Grafis Canva

Noor Fadilah Romadhani(1*), Muhammad Haristo Rahman(2), Nurlita Pertiwi(3), Raeny Tenriola Idrus(4), Armiwaty Armiwaty(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/inovasi.v3i1.46426

Abstract


Abstrak. Literasi digital bagi mahasiswa sangat penting untuk ditingkatkan, utamanya pada era teknologi digital 4.0 dan era society 5.0 sekarang ini. Kelancaran dalam proses pembelajaran yang menggunakan teknologi menuntut skill dan keterampilan mahasiswa. Sasaran dalam PKM ini adalah mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Tujuan dari kegiatan PKM ini adalah meningkatkan keterampilan digital mahasiswa dalam menggunakan aplikasi desain grafis Canva dalam menunjang proses perkuliahan. Metode pelaksanaan kegiatan PKM ini dilakukan secara luring dengan tahap 1) ceramah dan diskusi, 2) partisipatory rural approach (PRA), dan 3) monitoring dan evaluasi. Diharapkan dari kegiatan PKM ini mampu menstimulasi kreativitas mahasiswa dalam membuat desain yang akan berdampak pada peningkatan literasi digital. Adapun luaran dari hasil PKM ini yaitu karya desain grafis peserta menggunakan aplikasi Canva berupa desain presentasi, brosur kegiatan, poster, banner dan label produk wirausaha. Kesimpulan dari kegiatan ini 1). para peserta memiliki motivasi yang cukup tinggi, dilihat dari ketertarikan mengikuti kegiatan dari awal hingga selesai, 2) materi mudah dipahami oleh mitra karena disajikan secara menarik dan melalui tahap pendampingan, monitoring dan evaluasi dalam membuat rancangan desain grafisnya, dan 3) hasil karya desain menunjukkan bahwa mahasiswa yang tadinya tidak memiliki bakat desain dapat menghasilkan karya desain yang menarik sehingga berpengaruh pada meningkatnya literasi digital peserta.

 

Kata Kunci: workshop, literasi digital, canva, desain grafis


Full Text:

PDF

References


Lanham, R. A. (1995). Digital literacy. Scientific American, 273(3), 198–199.

Maharani, D. (2022). Pentingnya Literasi Digital untuk Mahasiswa. https://digitalbisa.id/artikel/pentingnya-literasi-digital-untuk-mahasiswa-OYZ0F

RI, Kementerian Pendidikan & Kebudayaan. (2017). Materi Pendukung Literasi Digital. Jakarta: GLN.


Article Metrics

Abstract view : 169 times | PDF view : 29 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.