Pelatihan Gamifikasi dalam Video Pembelajaran untuk PAUD

Nurhikmah H.(1*), Abdul Hakim(2), Abdul Malik Ramli(3), Baso Asrul N. Bena(4),

(1) Teknologi Pendidikan, Universitas Negeri Makassar
(2) Teknologi Pendidikan, Universitas Negeri Makassar
(3) Teknologi Pendidikan, Universitas Negeri Makassar
(4) Teknologi Pendidikan, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/inovasi.v2i2.40893

Abstract


Abstrak. PKM Gamifikasi dalam Video Pembelajaran untuk PAUD ini tujuannya untuk  memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi guru pendidikan  anak usia dini (Kelompok IGTKI-PGRI Kabupaten Majene) tentang gamifikasi dan pembuatan video pembelajaran dengan menggunakan software gratis, PKM ini dilaksanakan dengan 3 tahapan kegiatan, Tahap Persiapan, Pelaksanaan, dan Tahap Evaluasi Adapun hasil kegiatan yang di laksanakan selama 3 hari atau 32 jam. di ikuti oleh 27 guru PAUD. yaitu meningkatnya kemampuan guru dalam memproduksi video pembelajaran yang menarik dan pengetahuan tentang gamifikasi dalam pembelajaran Sesuai karakterisitik siswa nya masing-masing dan kondisi lingkungan tempat dimana akan dingunakan media tersebut., adapun output dari PKM ini adalah memperoleh sertifikat yang berjumlah 32 jam peserta. PKM Gamifikasi dalam Video Pembelajaran untuk PAUD di kabupaten Majene, Terjadi peningkatan pengetahuan dan keterampilan  dalam memproduksi media animasi video pembelajaran untuk anak usia dini yang terlihat dari produk yang dihasilkan pada saat praktik, sehingga guru dapat memproduksi sendiri media pembelajaran.

 

Kata Kunci: covid-19, gamifikasi, video pembelajaran, PAUD


Full Text:

PDF

References


Anunpattana, P., Khalid, M. N. A., Iida, H., & Inchamnan, W. (2021). Capturing potential impact of challenge-based gamification on gamified quizzing in the classroom. Heliyon, e08637.

Dubois, D. J., & Tamburrelli, G. (2013). Understanding gamification mechanisms for software development. Proceedings of the 2013 9th Joint Meeting on Foundations of Software Engineering, 659–662.

Fadlurrohim, I., Husein, A., Yulia, L., Wibowo, H., & Raharjo, S. T. (2019). Memahami Perkembangan Anak Generasi Alfa Di Era Industri 4.0. Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(2), 178–186.

Fortes Tondello, G., Premsukh, H., & Nacke, L. (2018). A theory of gamification principles through goal-setting theory.

Jasni, S. R., Zailani, S., & Zainal, H. (2018). Pendekatan Gamifikasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab: Gamification Approach in Learning Arabic Language. Journal of Fatwa Management and Research, 358–367.

Landers, R. N., Bauer, K. N., & Callan, R. C. (2017). Gamification of task performance with leaderboards: A goal setting experiment. Computers in Human Behavior, 71, 508–515.

McCrindle, M., & Wolfinger, E. (2009). The ABC of XYZ: Understanding the global generations. The ABC of XYZ.

Mukarromah, T. T., & Agustina, P. (2021). Gamifikasi Berbasis Aplikasi dan Pembelajaran Anak Usia Dini. Edukids: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 18(1), 18–27.

Sailer, M., & Homner, L. (2020). The gamification of learning: A meta-analysis. Educational Psychology Review, 32(1), 77–112.

Setiawan, A., Praherdhiono, H., & Sulthoni, S. (2019). Penggunaan Game Edukasi Digital Sebagai Sarana Pembelajaran Anak Usia Dini. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 6(1), 39–44.

Shi, L., Cristea, A. I., Hadzidedic, S., & Dervishalidovic, N. (2014). Contextual gamification of social interaction–towards increasing motivation in social e-learning. International Conference on Web-Based Learning, 116–122.

Sumantri, M. S. (2015). Strategi pembelajaran teori dan praktik di tingkat pendidikan dasar. Jakarta: Rajawali Pers, 2.

Syamsuri, A. S., & Md, A. (2021). Pendidikan Guru dan Pembelajaran. Nas Media Pustaka.

Warkintin, W., & Mulyadi, Y. B. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis CD Interaktif Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 82–92.


Article Metrics

Abstract view : 137 times | PDF view : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.