Pelatihan Pemanfaatan Barang Bekas sebagai Instalasi Sistem Hidroponik untuk Sayuran Daun

Andi Muhammad Akram Mukhlis(1*), Nunik Lestari(2), Resky Febyanti Rauf(3), Nurul Fadhilah(4),

(1) Program Studi Pendidikan Teknologi Pertanian, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(2) Program Studi Pendidikan Teknologi Pertanian, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(3) Program Studi Pendidikan Teknologi Pertanian, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(4) Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/inovasi.v2i2.40890

Abstract


Abstrak. Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dilaksanakan dengan mitra SMP Kemala Bhayangkari Makassar. Permasalahan yang dihadapi mitra adalah keterbatasan pengetahuan mitra dalam memanfaatkan barang bekas sebagai instalasi sistem hidroponik serta keterbatasan pengetahuan dan keterampilan mitra dalam perancangan dan pembuatan instalasi hidroponik. Dalam menyelesaikan masalah yang dialami oleh mitra, solusi yang dilakukan adalah dengan memberikan penyuluhan dan pelatihan. Metode yang terapkan dalam pengabdian ini yaitu metode ceramah, diskusi interaktif, dan praktik. Secara garis besar, pelaksanaan kegiatan pengabdian melalui tahapan (1) koordinasi internal tim pengabdi untuk merencanakan kegiatan, (2) koordinasi dengan mitra, (3) pelaksanaan kegiatan, dan (4) refleksi dan evaluasi. Hasil pelaksanaan kemitraan masyarakat yang dicapai yaitu (1) mitra memiliki pengetahuan mengenai model hidroponik yang dapat diterapkan pada budidaya tanaman sayuran, (2) mitra memiliki pengetahuan merancang instalasi hidroponik dari bahan bekas, dan (3) mitra memiliki keterampilan dalam membuat sistem hidroponik sederhana berbahan botol bekas. Hasil survey juga menunjukkan bahwa tingkat kepuasan mitra terhadap pelaksanaan pengabdian sudah memuaskan.

 

Kata kunci: barang bekas, hidroponik, sayuran daun


Full Text:

PDF

References


Anas, M. (2014). Alat Peraga & Media Pembelajaran. Jakarta : Pustaka Education.

Faizah, M., Nasirudin, M., & Prakasa, B. (2020). Pemanfaatan Pekarangan dengan Metode Tanam Hidroponik dari Botol Bekas. Jumat Pertanian: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 34–37.

Fatimah, C. (2020). Penggunaan Metode Praktik Dalam Meningkatkan Keterampilan Teknik Budi Daya Tanaman Obat. Al-Azkiya: Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 5(1), 25-32.

Haifaturrahmah, H., Nizaar, M., & Mas’ad, M. (2017). Pemanfataan Botol Plastik Bekas Sebagai Media Tanam Hidroponik Dalam Meningkatkan Kesadaran Siswa Sekolah Dasar Terhadap Lingkungan Sekitar. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 1(1), 10. https://doi.org/10.31764/jmm.v1i1.8

Hartus, T. (2008). Berkebun hidroponik secara murah (IX). Penerbit Penebar Swadaya.

Mu’awanah, M. A. (2011). Strategi Pembelajaran: Pedoman untuk Guru dan Calon Guru.

Sariwati, A., Shofi, M., & Badriah, L. (2018). Pelatihan Pemanfaatan Limbah Botol Plastik sebagai Media Pertumbuhan Tanaman Hidroponik. Journal of Community Engagement and Employment, 1(1), 6–13.

Silviyanti, N. A., & Sari, S. (2018). Pengaruh Metode Penanaman Hidroponik Dan Konvensional Terhadap Pertumbuhan Tanaman Bayam Merah Effect Of Hidroponic And Convensional Planting Method On Red Spinach. Jurnal Ilmiah Agribios, 16(2), 49–54.

Solikhah, B., Suryarini, T., & Wahyudin, A. (2019). Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga Melalui Pelatihan Hidroponik. Jurnal Abdimas, 22(2), 121–128. https://doi.org/10.15294/abdimas.v22i2.16278

Sudjana, N. (2008). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sudjana, N. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung, Remaja Rosdakarya.

Sukmadinata, N.S. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT

Remaja Rosdakarya.

Thobroni, M. (2015). Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Praktek. Yogjakarta: Arr-Ruzz Media

Wiguna, G., Munawar, W., & Untung, S. H. (2014). Metode Praktik Pada Pembelajaran Vokasional Otomotif Bagi Peserta Didik Difabel. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(2), 261-267.


Article Metrics

Abstract view : 107 times | PDF view : 20 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.