PKM Pelatihan Pengelasan SMAW untuk Pembuatan Rak Bunga pada Kelompok Karang Taruna Desa Mambu Kecamatan Luyo Sulawesi Barat

Djuanda Djuanda(1*), Ismail Aqsha(2), Sudarmanto Jayanegara(3), Samnur Samnur(4), Asia M.(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/inovasi.v2i2.40887

Abstract


Abstrak: Pemuda karang taruna Desa Mambu Kecamatan Luyo, Kabupaten Polewali Mandar Sulawesi Barat banyak yang masih banyak yang belum mengetahui pengelasan SMAW. Meskipun demikian, mereka memiliki keinginan yang tinggi untuk berwirausaha. Terutama dalam bidang perbengkelan. Hal tersebut karena di Desa Mambu masih jarang orang yang membuka usaha dalam bidang tersebut. Bisnis tersebut merupakan salah satu bidang usaha yang bisa dilakukan di rumah dan modal yang diperlukan juga tidak terlalu besar. Salah satu kendala yang mereka alami yaitu mereka tidak mengetahui langkah apa yang harus mereka lakukan untuk mewujudkan keinginan tersebut. Adanya pihak yang bisa memberikan pengetahuan tentang teknik pengelasan sangat mereka harapkan. Oleh karena itu, dengan adanya kegiatan pengabdian berupa pelatihan teknik pengelasan SMAW pada pemuda karang taruna Desa Mambu Kecamatan Luyo, Kabupaten Polewali Mandar Sulawesi Barat diharapkan bisa memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang teknik pengelasan dan bisa menjadi bekal mereka berwirausaha. Produk yang dibuat dalam pelatihan ini berupa rak bunga sederhana. Metode pelatihan dilaksanakan secara ceramah, diskusi, dan praktek pengelasan SMAW. Selain itu juga dilakukan penyerahan peralatan pengelasan kepada peserta pelatihan. Kegiatan pengabdian ini mendapat respon yang sangat baik dari peserta pelatihan. Peserta antusias mengikuti penyuluhan dan pelatihan praktek pengelasan SMAW.

 

Kata kunci: pelatihan, pengelasan, SMAW, karaang taruna


Full Text:

PDF

References


Bharath, V., Rajasekar, K., Vishwanathan, S.K., 2010, Effect Of Welding Heat Input On Fusion Characteristic Of Smaw Welding, India.

Dharmanto, A., Saepuddin, A., Sholih, H., Pracoyo, W., Wilarso, 2020, Pelatihan Mengelas Bagi Karang Taruna dan Remaja Putus Sekolah Di Kecamatan Cileungsi, Educivilia, Volume 1 Nomor 2 Juli 2020: 131-142 DOI: 10.30997/ejpm.v1i2.2889

Timings, R., 2008, Fabrication and Welding Engineering, Elsevier, United Kingdom

Jeffus, L., 2012, Welding and Metal Fabrication, Delmar Cangage Learning, USA.

Basuki, Retno Eka P., Rosadi, M.M., Hadi, F.S., Minto, 2020, Pelatihan Pengelasan Pemuda Karang Taruna Di Desa Ngampel Ngusikan Jombang, Abidumasy Volume 01, No. 01. Maret 2020.


Article Metrics

Abstract view : 74 times | PDF view : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.