PKM Pelatihan Integrasi Kompetensi Religius Kepada Guru Bahasa Indonesia di Kabupaten Majene

Muhammad Saleh(1*), Sulastriningsih Djumingin(2), Mayong Mayong(3),

(1) Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar
(2) Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar
(3) Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/inovasi.v2i2.40885

Abstract


Abstrak. Mitra Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah Guru Bahasa Indonesia MGMP Dinas Pendidikan Kabupaten Majene. Masalah yang dihadapi mitra adalah: (1) rendahnya kemampuan guru menyusun Rencana Pembelajaran (RPP) mengintegrasikan kompetensi religious dalam pembelajaran bahasa Indonesia, (2) rendahnya kemampuan guru dalam mengimplementasikan Rencana Pembelejaran (RPP) mengintegrasikan kompetensi religious dalam pembelajaran bahasa Indonesia, (3) seberapa jauh kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran bahasa Indonesia dengan model integrasi kompetensi religius. Metode yang digunakan adalah presentasi, demonstrasi, diskusi, tanya jawab, dan pendampingan. Hasil yang dicapai adalah (1) Mitra mampu menyusun Rencana Pembelajaran (RPP) dengan mengintegrasikan kompetensi religious dalam pembelajaran bahasa Indonesia, (2) mitra mampu mengimplementasikan Rencana Pembelejaran (RPP) dengan mengintegrasikan kompetensi religius dalam pembelajaran bahasa Indonesia, (3) Mitra mampu melaksanakan pembelajaran bahasa Indonesia dengan model integrasi kompetensi religius.

 

Kata kunci: integrasi, kompetensi, religius, guru


Full Text:

PDF

References


Asriati, Nuraini. 2012. Mengembangkan Karakter Peserta Didik Berbasis Kearifan Lokal Melalui Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora. Vol. 3,No. 2.

Ba,S. and Pavlou, P.A. 2002. “Evidence of the effect of trust building technology in electronic markets: price premiums and buyer behaviour”. MIS Quarterly, Vol. 26, No. 3

Daniah. 2016. Kearifan Lokal (Local Wisdom) sebagai Basis Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan.

Vol. 5,No. 2.

Fajarini, Ulfah 2014. Peranan Kearifan Lokal dalam Pendidikan Karakter. Social Science Education Journal. Vol. 1,No.2.

Kementrian Pendidikan Nasional. 2010. Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Prayitno dan Belferik Manullang (Ed). 2010. Pendidikan Karakter dalam Pembangunan Bangsa.

Sumatra Utara: Pascasarjana Universitas Negeri Medan.

Wibowo, Agus & Gunawan. 2015. Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah. Konsep, Strategi dan Implementasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Article Metrics

Abstract view : 29 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.