Attractive Learning Strategy bagi Dosen dalam Pembelajaran Sinkronous dan Asinkronous

Resekiani Mas Bakar(1*), Muh. Nur Hidayat Nurdin(2), Faradillah Firdaus(3), Lukman Lukman(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/inovasi.v2i2.40726

Abstract


Abstrak. Strategi pembelajaran attractive menjadi metode yang efektif dalam mendukung proses pembelajaran secara sinkronous dan asinkronous. Attractive learning strategy dengan menggunakan media teknologi berbasis visual dianggap mampu meningkatkan efektifitas dalam pembelajaran di era digitalisasi. Pelatihan attractive learning strategy bertujuan untuk memberikan informasi dan pengetahuan kepada para peserta mengenai model pembelajaran yang efektif. Pelatihan ini juga meningkatkan keterampilan dosen dalam membuat media pembelajaran yang interaktif, sehingga mahasiswa mampu menyerap bahan pembelajaran secara sinkronous maupun asinkronous. Peserta pelatihan berjumlah 35 orang yang merupakan dosen pada Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia Makassar. Proses pelatihan dilakukan selama 9 jam yang berlangsung secara tatap muka dengan serangkaian metode, yaitu ceramah, diskusi, simulasi, praktik pembuatan e-modul, quiz, dan praktik video pembelajaran interaktif. Peserta pelatihan attractive learning strategi menunjukkan keaktifan dan antusiasme yang tinggi selama pelatihan berlangsung mulai dari sesi penyampaian materi hingga role play. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa materi dan aktivitas pelatihan dinilai baik serta bermanfaat bagi para peserta dalam menerapkan strategi pembelajaran interaktif menggunakan media teknologi secara sinkronous dan asinkronous.

 

Kata Kunci: Attractive Learning Strategy, Sinkronous, Asinkronous, Dosen, Teknologi berbasis   Visual


Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Jakarta Pusat. (2021). Jumlah pendruduk menurut kelompok umur generasi 2020. Jakarta Pusat: Badan Pusat Statistik.

Huda, M. (2016). Pembelajaran berbasis multimedia dan pembelajaran konvensional: Studi komparasi di MTs Al-Muttaqin Plemahan Kediri. Jurnal Penelitian, 10(1), 125-146. doi: 10.21043/jupe.v10i1.1333

Toha, A. F. M., & Khasanah, F. N. (2019). Media pembelajaran interaktif untuk mata pelajaran matematika. Jurnal Kajian Ilmiah, 20(2), 143-156. doi: 10.31599/jki.v20i2.120.

Rolina, N. (2010). Model pembelajaran atraktif (attractive learning) untuk meningkatkan minat melajar siswa. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 3(2), 135-148. doi: 10.21831/jpipfip.v0i0.4632.


Article Metrics

Abstract view : 80 times | PDF view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.