PKM Pelatihan Penggunaan Google Site Sebagai Media Informasi dan Pembelajaran di Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar

Andi Akram Nur Risal(1*), Ninik Rahayu Ashadi(2), Ridwan Daud Mahande(3), Andi Tenri Ola Rivai(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) UIN Alauddin Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/inovasi.v2i2.40725

Abstract


Abstrak.  Mitra Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dengan Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Uin Alauddin Makassar. Kendala mitra belum mengetahui dan memanfaatkan aplikasi google site sebagai aplikasi berbasis web yang dapat memberikan informasi dan dapat dijadikan sebagai media pembelajaran berbasis web. mitra belum sepenuhnya menerapkan proses pembelajaran interaktif dalam proses pelaksanaan tridarma perguruan tinggi. Sasaran Pk Mini adalah meningkatkan kemampuan dan keterampilan dosen dalam menggunakan dan memanfaatkan aplikasi google site sebagai rnedia virtual/digital dalam proses perkuliahan. Metode yang digunakan adalah metode Pelatihan (Ceramah, Tanya Jawab, dan Latihan dan Praktek). Hasil yang dicapai adalah peserta  dapat mengetahui aplikasi google site, mengoprasikan dan membuat media informasi dan pembelajaran menggunakan google sites, lebihnya masih belum dapat maksimal dalam mengoprasikan google sites dikarenakan jaringan dan device yang bermasalah.

 

Kata Kunci: Google Sites, Media informasi dan Pembelajaran Interaktif, Aplikasi


Full Text:

PDF

References


Adzkiya, D. S., & Suryaman, M. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Google sites Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas V SD. Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 20–31.

https://sites.google.com/

Harsanto, B., 2012. Panduan E-Learning Menggunakan Google Sites. Dalam Skripsi Moh. R.

Okra, R., & Novera, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Digital IPA Di SMP N 3 Kecamatan Pangkalan. Journal Educative: Journal of Educational Studies, 4(2), 121.

Safitri, D., & Putra, Z. E. F. F. (2019). Pemberdayan Kelompok Guru Dalam Membuat Media Pembelajaran Quizizz. Prosiding Pengabdian, 1(1), 1–6..


Article Metrics

Abstract view : 100 times | PDF view : 26 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.