Peningkatan Komunikasi Efektif dan Kerja Tim Melalui Outbound Training

Resekiani Mas Bakar(1*), Bobby Poerwanto(2), Ahmad Fudhail Madjid(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/inovasi.v2i1.33881

Abstract


Abstrak. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk membangun komunikasi efektif dan kerja tim melalui kegiatan outbound training pada karyawan PT. Garuda Indonesia kantor cabang Makassar. Outbound training adalah aktivitas bersifat experiental learning yang dilakukan dengan cara mengalami permainan yang mencerminkan simulasi dari pola maupun budaya kerja perusahaan. Para peserta diminta untuk menyelesaikan beberapa tugas dalam bentuk games, lalu kemudian dihubungkan dengan dunia kerja dan dunia persaingan dalam bidang penerbangan. Games yang diberikan juga menjadi sarana dalam memfasilitasi bagi peserta dalam mengenali potensi yang dimiliki oleh pribadi maupun kelompok, agar hambatan yang selama ini dirasakan mampu diminimalisir. Peserta menyatakan senang dengan pelaksanaan kegiatan pengabdian karena dapat memberikan penyegaran dan menambah keterampilan bagi mitra. Keterampilan yang diberikan, tidak hanya bagaimana mengembangkan strategi komunikasi yang efektif tetapi juga mendapatkan infomasi tambahan tentang kelebihan serta kelemahan masing-masing peserta dalam mengevaluasi kinerja pribadi agar lebih produktif di masa mendatang.

 

Kata Kunci: Outbound training, komunikasi efektif, kerja tim


Full Text:

PDF

References


Prihadi, S. (2004). Assessment center: Identifikasi pengukuran dan pengembangan kompetensi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Beard, C., & Wilson, J.P. (2018). Experiental Learning A practical Guide for Training, Coaching, and Education. Fourth Editions. London: Kogan Page.


Article Metrics

Abstract view : 171 times | PDF view : 20 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.