Manajemen Aktivitas Pembelajaran Daring Berbasis LMS Moodle Bagi Guru SMKN 4 Gowa

Khaidir Rahman(1*), Muhammad Rais(2), Muhammad Ayat Hidayat(3), Ervi Novitasari(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Mitra kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) adalah SMKN 4 Gowa program studi Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (ATPH). Masalah dalam PKM adalah : (1) Guru ATPH SMKN 4 Gowa masih mengalami kesulitan dalam mengelola fitur absensi sebelum pembelajaran dimulai pada LMS berbasis moodle, (2) Guru ATPH SMKN 4 Gowa masih kurang memahami cara menggunakan fitur untuk membuat aktivitas pembelajaran seperti forum diskusi, penugasan dan quiz. Sasaran dalam kegiatan PKM adalah: (1) meningkatkan kemampuan guru program studi ATPH SMKN 4 Gowa dalam memanfaatkan fitur absensi manajemen aktivitas belajar LMS moodle, (2) meningkatkan pemahaman guru program studi ATPH SMKN 4 Gowa dalam menggunakan fitur manajemen aktivitas LMS moodle berbasis forum diskusi, penugasan dan quiz. Metode yang digunakan adalah: workshop, diskusi, curah pendapat dan praktek simulasi manajemen aktivitas pembelajaran di LMS moodle. Hasil yang dicapai adalah (1) mitra mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya dalam mengelola manajemen aktivitas belajar pada fitur absensi (2) mitra memiliki kemampuan pengetahuan dan keterampilan dalam menggunakan fitur LMS moodle seperti forum diskusi, penugasan, dan quiz.

 

Kata Kunci: Manajemen Aktivitas, Pembelajaran Daring, LMS Moodle


Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. 2015. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Chatib, M. 2014. Gurunya Manusia. Bandung: Mizan Pustaka

Daryanto. 2009. Panduan Proses Pembelajaran Kreatif & Inovatif. Jakarta : AV Publisher.

Idrus,L. 2019. Evaluasi dalam Proses Pembelajaran.Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 9, No. 2 Agustus.

Intan, A. 2018. Proses Pembelajaran Digital dalam Era Revolusi Industri 4.0. Jakarta: Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan.

Tjandrawinata, R. R. 2016. Industri 4.0: Revolusi industri abad ini dan pengaruhnya pada bidang kesehatan dan bioteknologi. Jurnal Medicinus.


Article Metrics

Abstract view : 42 times | PDF view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.