Pembuatan Modul Kegiatan Relaksasi untuk Penurunan Agresivitas para Wanita Tuna Susila di UPT PPSKW Mattiro Deceng

St. Nur Azisah(1*), Salma Nabilah(2), Silvya Nur Azizah(3), Jannatul Ma’wa Yusuf(4), Nabilah Al Kausariah(5), Muhrajan Piara(6),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(6) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Berkembangnya kasus-kasus dan semakin pesatnya jumlah wanita tuna susila memiliki keterkaitan langsung dengan kesehatan mental masyarakat sebagai akumulasi dari berbagai masalah sosial dan kepribadian. Perubahan psikologis terjadi pada wanita tuna susila ketika menjalani razia dan pembinaan selama 5 bulan. Dari hasil observasi dan wawancara yang dilakukan oleh klien, rata-rata klien memiliki tingkat agresivitas yang cukup tinggi. Perilaku agresi yang ditunjukkan seperti berteriak, membuat keributan, memukul, melempar barang, merusak fasilitas, memusuhi individu yang lain, hingga pelanggaran yang secara sosial tidak dapat diterima. Penurunan agresivitas dapat dilakukan dengan metode yang tepat. Tingkat agresivitas dapat menurun salah satunya dengan menerapkan pembelajaran yang sesuai. Modul berperan sebagai sarana pembelajaran yang berisikan materi, metode, tujuan, dan pengevaluasian yang dirancang secara menarik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Metode yang digunakan untuk mempersiapkan modul, dimulai dari menetapkan tujuan, lalu menentukan materi, kemudian menentukan siapa peserta atau sasaran modul, kemudian memilih media seperti apa yang akan digunakan dalam pembelajaran, dan yang terakhir mempresentasikan modul. Pemaparan presentasi modul dan penyerahan modul mendapat respon positif oleh kepala UPT dan para pekerja sosial. Hal ini terlihat dari antusias pekerja sosial dalam mengikuti kegiatan dan menanggapi modul kegiatan.

Kata Kunci: Wanita Tuna Susila, Penurunan Agresivitas, Modul


Full Text:

PDF

References


Ismulyati, S., Khaldun, I., & Munzir, S. (2015). Pengembangan modul dengan pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi sistem koloid. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 3(1), 230-238.

Khaninah, A. N., & Widjanarko, M. (2016). Perilaku agresif yang dialami korban kekerasan dalam pacaran. Jurnal Psikologi Undip, 15(2), 151-160.

Lestari, A. S. (2014). Pembuatan bahan ajar berbasis modul pada matakuliah media pembelajaran di jurusan tarbiyah STAIN Sultan Qaimuddin Kendari. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 7(2), 154-176.

Muttaqin, Z. (2011). Pengaruh Shalawat Fatih terhadap Agresivitas Siswa Madrasah Aliyah Negeri Lasem (Doctoral dissertation, IAIN Walisongo).

Siddiqah, L. (2010). Pencegahan dan Penanganan Perilaku Agresif Remaja Melalui Pengelolaan Amarah (Anger Management). Jurnal Psikologi, 50-64.

Usman, J. (2016). Program Pengelolaan Dan Pembinaan Eks-Wanita Tuna Susila (WTS) Pada Pusat Pelayanan Sosial Karya Wanita (PPSKW) Mattiro Deceng Kota Makassar. Kolaborasi: Jurnal Administrasi Publik, 2(1), 48-62.


Article Metrics

Abstract view : 38 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.