Peningkatan Keterampilan Servis Mesin Pompa Air Petani Tambak di Kabupaten Pangkep

Zulhaji Zulhaji(1*), Darmawang Darmawang(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) membuat kehidupan masyarakat semakin cepat dalam melakukan suatu usaha seperti halnya di Desa Kanaungan Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep terutama para petani tambak yang memanfaatkan teknologi tersebut yaitu dengan menggunakan pompa air untuk mengalirkan air ke dalam tambak. Luas tambak di kecematan ini sekitar kurang lebih 2.500 hektar sehingga tidak bisa dipungkiri bahwa penduduk dikecematan ini 60% pekerjaanya sebagai petani tambak. Di kecamatan ini terhitung kurang lebih 500 tambak. Yang menjadi permasalahan dengan menggunakan mesin dompeng adalah para petani tambak belum mampu untuk memperbaiki apabila terjadi kerusakan pada mesinnya yang diakibatkan karena air laut dan dapat mempercepat terjadinya karat pada mesin pompa air dan kerusakan akibat pengoperasian, kejadian inilah yang tidak bisa dihindari oleh petani tambak dikecamatan ini khususnya di desa Kanaungan. Olehnya itu kegiatan yang dilakukan memberikan pengetahuan kepada para petani tambak agar dapat mendiagnosa dan menentukan kerusakan yang terjadi pada mesin pompa airnya. khususnya bagian-bagian mesin dan sistem bahan bakar dan alat-alat  lainnya, sehingga kehilangan penghasilan yang disebabkan oleh kerusakan mesin. Dan tentunya juga ongkos jasa servis dapat diperkecil, dan Para petani tambak mempunyai pengetahuan tambahan mengenai perawatan dan perbaikan mesin pompa air. Daya serap dan penguasaan materi oleh peserta rata-rata cukup baik dan ini terbukti pada saat diadakan pelatihan, semua peserta antusias belajar mengenai mesin pompa air. Begitu pula pada saat diadakan demonstrasi pada penyetelan plunyer mesin secara merata melakukan pengukuran dan penyetelan, dan bahkan beberapa pompa air masyarakat diperbaiki oleh peserta yang dibimbing langsung oleh tim pelaksana, utamanya tune up.

 

Kata Kunci: Mesin Pompa Air, Petani Tambak.


Full Text:

PDF

References


Daryanto (2010). Usaha bengkel modern servis motor. Solo: CV. Aneka.

Honda (2003). Pengetahuan teori listrik pada peralatan sepeda motor. Jakarta. PT. Astra Internasional.

I Nyoman Sutanta. 2010. Teknologi Otomotif edisi kedua. Guna Widya. Surabaya

Ignatius Eko. Adiwaluyo (2012). Bedah Skutermatik. Jakarta. Prima Infosarana Media.

Kunamdar. 2011. Penelitian tindakan kelas: sebagai pengembangan profesi guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Mohommad Ashori. 2007. Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: CV Wacana Prima.

Muklas, Samani.(2008). Pengembangan dan peningkatan kualitas pembelajaran. Jakarta: Direktorat Ketenagaan.DJPT.Depdiknas.

Syafiuddin P (2001). Teori dasar sepeda motor. Bahan Ajar. Makassar: Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar.

Tarwaka, Solichul, Bakri, Lilik. 2004. Ergonomi Untuk Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Produktivitas, Uniba Press, Surakarta.

UU No 22 Tahun 2009 Tentang Kendaraan Bermotor.

Zulhaji. Dkk (2017) IbM Kelompok Nelayan di Kabupaten Takalar. Makassar. LP2M UNM.


Article Metrics

Abstract view : 55 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.