Pelatihan Elektronik saat Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Keahlian Anak Panti Asuhan

Ridwansyah Ridwansyah(1*), Yasser Abdul Djawad(2), Darlan Sidik(3), Saharudin Saharudin(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/inovasi.v1i1.19842

Abstract


Abstrak. Pelatihan yang diajarkan dalam kegiatan Program Kemitraan Masyarakat ini dimaksudkan agar anak-anak panti asuhan memperoleh keterampilan tambahan di tengah wabah Covid-19 akibat tidak adanya kegiatan ekstrakurikuler yang biasa dilaksanakan di sekolah. Selain itu, diharapkan setelah pandemi Covid-19 berakhir, anak-anak panti asuhan usia produktif dapat mandiri untuk membuka pekerjaan sendiri atau memiliki peluang lebih besar untuk bekerja dengan cepat. Pelatihan ini menggunakan model Problem Based Learning (PBL). PBL dipilih karena sudah banyak literatur yang menyimpulkan hasil positif saat digunakan untuk pelatihan teknis. Selama pelaksanaan kegiatan, PBL terbukti mampu meningkatkan kemandirian peserta dalam mencari dan menyelesaikan permasalahan kerusakan peralatan elektronik. Di akhir kegiatan pelatihan dilakukan pengujian / evaluasi untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta dan hasilnya peserta dapat menyelesaikan semua permasalahan yang dihadapi saat melakukan perbaikan peralatan elektronik. Respon dari pimpinan panti asuhan sangat baik dan berharap kegiatan serupa bisa dilakukan secara rutin.
Kata kunci: panti asuhan, covid-19, pelatihan, peralatan elektronik

Full Text:

PDF

References


DetikFinance. (2020). Pandemi Corona, Angka Pengangguran Tembus 10 Juta. Retrieved October 20, 2020, from https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d5155917/pandemi-corona-angka-pengangguran-tembus-10-juta Fujiawan, M. G. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Menumbuhkan Kompetensi Kerja Peserta Pelatihan (Studi pada Program Pelatihan Otomotif di Balai Pelatihan Kerja Kabupaten Sumedang). Universitas Pendidikan Indonesia. IntegrasiData. (2019). Number of Orphanages - Nursing Home in Makassar City 2019. Retrieved October 20, 2020, from http://integrasidata.id/data/jumlah-panti-asuhan-panti-jompo

kota-makassar/ Ridwansyah. (2019). Peningkatan Keterampilan Keelektronikaan Untuk Meningkatkan Daya Saing dan Kemandirian Siswa SMK Menghadapi Persaingan Global. In Seminar Nasional Hasil Pengabdian Masyarakat (pp. 21–25). Makassar, Indonesia. Royantoro, F., Mujasam, Yusuf, I., & Widyaningsih, S. W. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Higher Order Thinking Skills Peserta Didik. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(3), 371–382. Wikipedia. (2020). Pandemi COVID-19 di Indonesia. Retrieved October 20, 2020, from https://id.wikipedia.org/wiki/Pandemi_COVID-19_di_Indonesia


Article Metrics

Abstract view : 219 times | PDF view : 20 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.