Pengembangan Media Busy Book pada Guru PAUD di Kecamatan Pattalassang Kabupaten Takalar

Sitti Nurhidayah Ilyas(1*), Azizah Amal(2), A. Sri Wahyuni Asti(3), Hajerah Hajerah(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Mitra Program Kemitraan Komunitas (PKM) ini adalah HIMPAUDI Kec. Pattalassa Kab. Takalar. Masalahnya adalah: (1) Kurang kreatif dan inovatifnya guru dalam pembuatan media pembelajaran serta mampu mengaplikasikan media pembelajaran dengan menggunakan busy book dalam proses pembelajaran, (2) kurangnya inisiatif guru dalam memanfaatkan bahan bekas (undangan, dos atau kain, tali) yang ada di lingkungannya menjadi media pembelajaran yang kreatif dan inovatif. (3) Media pembelejaran busy book belum pernah digunakan. Sasaran eksternal adalah busy book yang memiliki aktiftas dan kegiatan warna yang menarik untuk anak guru dan anak. Metode yang digunakan adalah: ceramah, demonstrasi, diskusi, tanya jawab, dan mitra pendamping. Hasil yang dicapai adalah (1) mitra memiliki pengetahuan dalam mendesain media pembelajaran busy book,(2) mitra memiliki keterampilan untuk membuat dan menggunakan busy book, (3) mitra memiliki kemampuan untuk meningkatkan kemampuan kreativitas guru PAUD. Metode yang digunakan adalah: ceramah, demonstrasi, diskusi, tanya jawab, dan mitra pendamping. Hasil yang dicapai adalah guru sudah mengentaui bentuk-bentuk media pembelajaran  busy book, kemudian mengembangkan serta menggunakannya dalam proses pembelajaran. Dan antusiasme peserta pada pemberian perlakuan sangat tinggi baik pada saat mennerima serta merespon sangat baik.

 

Kata Kunci: Media, Pembelajaran, busy book


Full Text:

PDF

References


Asmawati, Luluk. 2014. Perencanaan Pembelajaran PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Daryanto. 2013. Menyusun Modul: Bahan Ajar Untuk Persiapan Guru Dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media

Fadillah, M. 2017. Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Hasnida. 2015. Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini . Jakarta: Luxima Metro Media.

Dina Indriana. 2011. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogyakarta: Diva Press.

Satori D, dkk. 2010. Profesi Keguruan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Nilmayani, Zulkili Ria N, Risma Devi. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Busy Book terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Usia 5-6 Tahun di Paud Terpadu Filosofia Kubu Babussalam Rokan Hilir. (online), (https://jom.unri.ac.id/index.php/JO MFKIP/article/download/15787/15329 , diakses 26 Januari 2020).

Mufliharsi, Risa. 2017. Pemanfaatan Busy Book Pada Kosa Kata Anak Usia Dini di Paud Swadaya PKK. (online), (http://metamorfosa.stkipgetsempena. ac.id/home/article/download/70/70, diakses 26 Januari 2020).

Rohani, Ahmad. 1997. Media Instrutional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

S.B.Tor & Y.T.Lee. (2004). A Study on the Boundary Conditions of 90° Paper Pop-up Structures di https://www.researchgate.net/publication/37595253 (di akses 29 Desember 2018).

Peraturan Menteri Pendidikan Anak Usia Dini No. 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini berkaitan dengan kompetensi pendidik.


Article Metrics

Abstract view : 150 times | PDF view : 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.