Peningkatan Kemampuan Manajerial bagi Pengurus Koperasi

Sitti Hajerah Hasyim(1*), Muhammad Hasan(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Mitra Program Kemitraan Komunitas (PKM) ini adalah pengurus koperasi sekolah SMK Negeri 1 Pangkep. Masalahnya adalah: (1) pengurus belum terlalu memahami tentang proses manajemen koperasi sekolah, (2) belum terdapatnya pemahaman pengurus tentang pengelolaan permodalan koperasi sekolah yang baik, (3) pengurus belum memahami tentang cara memperoleh dan menggunakan dana yang dimiliki secara efektif dan efisien, (4) pengurus belum memahami praktek pengelolaan permodalan koperasi sekolah berbasis kebutuhan siswa. Sasaran eksternal adalah semakin efektif dan efisiennya proses manajemen koperasi sekolah sehingga mampu meningkatkan kinerja koperasi sekolah secara kelembagaan. Metode yang digunakan adalah: ceramah, diskusi, dan tanya jawab. Hasil yang dicapai adalah pengurus koperasi sekolah (1) memahami proses manejemen koperasi sekolah, (2) memahami pengelolaan permodalan koperasi sekolah, (3) memahami tentang cara memperoleh dan menggunakan dana yang dimiliki secara efektif dan efisien, (4) memahami metode analisis laporan keuangan yang baik dalam praktek pengelolaan koperasi sekolah berbasis kebutuhan siswa.

Kata kunci: manajemen koperasi sekolah, perkoperasian.


Full Text:

PDF

References


Hasan, Muhammad. (2018). Pendidikan Ekonomi Informal: Bagaimana Pendidikan Ekonomi Membentuk Pengetahuan Pada Bisnis Keluarga?. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan (JEKPEND) Volume 1, No. 2 Juli 2018 p-ISSN: 2614-2139; e-ISSN: 2614-1973.

Hasan, M., Hatidja, St., Nurjanna, Guampe, F.A., Gempita, & Ma’ruf, M.I. (2019). Entrepreneurship learning, positive psychological capital and entrepreneur competence of students: a research study. Entrepreneurship and Sustainability Issues, 7(1): 425-437.

Tahiya, Suaib A. dan Muhammad Hasan. 2010. Koperasi 2 Manajemen dan Strategi Pemberdayaan di Indonesia. Makassar : Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Tahiya, Suaib A. dan Muhammad Hasan. 2010. Koperasi 1 Pengantar, Sejarah Ideologi, dan Perkembangannya di Indonesia. Makassar : Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.


Article Metrics

Abstract view : 141 times | PDF view : 33 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.