Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Video Animasi Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII SMP

Rusli Rusli(1), Said Fachry Assagaf(2*), Selviana Selviana(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/imed51915

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk bahan ajar berbasis video animasi dengan pendekatan kontekstual yang valid. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model 4D yang terdiri dari 4 tahap, yaitu define, design, develop, dan disseminate. Bahan ajar video animasi ini dikembangkan menggunakan aplikasi powtoon. Subjek uji coba penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII 2 dan kelas VIII 1. Data yang dikumpulkan untuk menjawab rumusan masalah berupa respons peserta didik dan respons guru. Instrument penelitian yang digunakan adalah angket validasi ahli media dan ahli materi, angket respons peserta didik dan pedoman wawancara respons guru. Adapun produk video animasi yang dihasilkan sebanyak 6 video. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis video animasi valid.

Kata Kunci: Pengembangan, Bahan ajar, Video animasi, Valid, Matematika

 

The purpose of this research is to develop and produce animated video-based teaching materials with a valid contextual approach. This research is a development research using a 4D model which consists of 4 stages, namely define, design, develop, and disseminate. This animated video teaching material was developed using the powtoon application. The subjects of this research were students of class VII 2 and class VIII 1. The data collected to answer the problem statement in the form of student responses and teacher responses. The research instrument used was a media expert and material expert validation questionnaire, a student response questionnaires and teachers response interview guide. The animation video products produced are 6 videos. The results showed that the animated video-based teaching materials were valid.

Keywords: development, teaching materials, animated videos, valid, mathematics


Full Text:

PDF

References


Apryansyab, Muhammad, Ridwan, dkk. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil. Vol. 9. No.1.

Astika, R, Y, Anggoro, B, S, Andriani, S. 2019. Pengembangan Video Media Pembelajaran Matematika Dengan Bantuan Powtoon. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Matematika. Vol.2, No.2, 86-96.

Efendi, A, Y. 2020. Pengembangan Bahan Ajar Video Animasi Berbasis Pendidikan Karakter Pada Materi Sistem Persamaan Linear. Skripsi. Bengkulu : Institut Agama Islam Negeri (IAIN).

Enterprise, Founder, Jubilee. 2020. Dasar-Dasar Animasi Komputer. Yogyakarta: PT Alex Media Komputind

Fadhli, Muhibuddin. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran. Vol. 3. No.1

Faizin, A, N. 2021. Pengembangan Video Pembelajaran Animasi Menggunakan Software Sparkol (Videoscribe) Pada Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Skripsi. Jember: Universitas Jember.

Hadi, S. 2017. Efektivitas Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa Sekolah Dasar. Prosiding. Vol 1, No. 5, 96-102.

Harefa, O, A dkk. 2022. Development of Animated Videos as a Medium for Learning Mathematics Class XI at State High School 2 Gomo. Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health (JETISH). Vol. 1, No. 2.

Ningsy, A. 2021. Pengembangan Bahan Ajar Video Animasi Berbasis Budaya Lokal Di SDI Mattirowalie Kabupaten Barru. Journal Of Education Technology Curriculum Learning and Communicated : Vol. 1, No.4, 185-191.

Permatasari, Iseu, Synthia, dkk. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Hands Move Dengan Konteks Lingkungan Pada Mapel IPS. Pendidikan dan Pembelajaran Dasar. Vol. 6. No. 1

Purwanti, B. 2015. Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika Dengan Model Assure. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan. Vol 3, No.1, 42-47.

Rahadian, D. 2017. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan Kompetensi Teknologi Pembelajaran Untuk Pengajaran yang Berkualitas. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran (JTEP).

Riduwan, 2013. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Supriyono.2018. Pentingnya Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol 2, No.1, 43-48.

Thiagarajan, S dan Semmel, D.S. 1974. Instructional Development For Training Teachers Of Exceptional Children: A Sourcebook. Minneapolis: University.


Article Metrics

Abstract view : 96 times | PDF view : 28 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rusli Rusli, Said Fachry Assagaf, Selviana Selviana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Index by: