Efektivitas Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio-Visual Terhadap Pemahaman Konsep Matematika

Nasrullah Nasrullah(1), Sukarna Sukarna(2), Sitti Hasna(3*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/imed51348

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dan perbandingan efektivitas dari model problem based learning berbantuan media audio-visual dan model pembelajaran langsung ditinjau dari pemahaman konsep matematika siswa di SMP Negeri 3 Sengkang. Jenis penelitian ini adalah quasi- eksperimen dengan desain non-equivalent pretest-posttest control group. Populasi dalam penelitian ini
adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sengkang (Semester II) sebanyak 5 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling yaitu kelas VIII-A dan kelas VIII-C sebanyak 48 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes dan instrumen nontes yang telah divalidasi oleh dosen pendidikan matematika dengan hasil valid dan dapat digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran dengan menerapkan model problem based learning berbantuan media audio-visual efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematika siswa dengan rata-rata hasil pemahaman konsep siswa dengan model problem based
learning berbantuan media audio-visual sebesar 82,17 dengan kategori sangat tinggi dan mancapai ketuntasan klasikal yakni 83%, (2) pembelajaran dengan model pembelajaran langsung kurang efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematika siswa dengan rata-rata hasil pemahaman konsep siswa dengan model pembelajaran langsung sebesar 62,00 dengan kategori sedang dan tidak mencapai ketuntasal klasikal yakni 24%, (3) model problem based learning berbantuan media audio-visual lebih efektif diterapkan dibandingkan dengan model pembelajaran langsung ditinjau dari pemahaman konsep matematika.
Kata Kunci : efektivitas, pemahaman konsep, model problem based learning, media audio-visual

his study aims to determine the effectiveness and comparative effectiveness of problem-based learning models assisted with audio-visual media and direct learning models in terms of understanding mathematical concepts of students of SMP Negeri 3 Sengkang. This type of study is a pseudo-experiment with an unbalanced pretest-posttest control group design. The population in this study were students of grade VIII SMP Negeri 3 Sengkang (Semester II) as many as 5 classes. Sampling using cluster random sampling techniques namely Class VIII - A and Class VIII-C involved as many as 48 people as experimental class and control class. The instruments used in this study are test instruments and non-test instruments that have been validated by mathematics education lecturers with valid and useful results. The results showed that: (1) Learning by applying problem-based learning model assisted by audio-visual media is effective in terms of understanding mathematical concepts of students with an average of student
understanding of the concept of problem-based learning model assisted by audio-visual media of 82.17 with a very high category and achieve classical completion of 83%, (2) Learning with direct learning model is less effective in terms of understanding mathematical concepts of students with an average understanding of the concept of students with direct learning model of 62.00 with the medium category and did not achieve a classical completion of 24%, (3) problem-based learning model assisted by audio- visual media is more effectively applied than direct learning model in terms of understanding mathematical concepts.
Keywords: effectiveness, concept understanding, problem-based learning model, audio visual media.


Full Text:

PDF

References


Achmad Mubaid, Sutrisno, D. E. (2019). Efektifitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas. Imajiner: Jurnal

MatematikaDan Pendidikan Matematika, 1(6), 323–331.

Aledya, V. (2019). Pada Siswa. Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa, 2(May), 0–7.

Anita Chaudhari, Brinzel Rodrigues, S. M. (2016). Wulan Dari, D. A. (2016). Peningkatan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Artikel Publikasi Universitas Muhammadiyah Surakarta, 4(4). Ucv, I(02), 390392.http://dspace.unitru.edu.pe/bitstream/handle/UNITRU/10947/MiñanoGuevara%2C KarenAnali.pdf sequence=1&isAllowed=y%0Ahttps://repository.upb.edu.co/bitstream/handle/20.500.11912/3346

Attalina, S. N. C., & Irfana, S. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Dasar Perkalian dengan Menerapkan Model PBL (Problem Based Learning) Berbantuan Media Pembelajaran Tolkama (Botol Perkalian Matematika) pada Peserta Didik Kelas II Sekolah Dasar. Tunas Nusantara, 2(2), 210–219. https://doi.org/10.34001/jtn.v2i2.1501

Awwalin, A., & Barat, J. (2021). Analisis Kesulitan Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(3), 579–586. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i1.225-230

Christy Genoveva Matialo, Philoteus E. A. Tuerah, & James U. L. Mangobi. (2023). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Pada Materi SPLDV Ditinjau Dari Penggunaan Model PBL dan DI. Simpati, 1(1), 165–174. https://doi.org/10.59024/simpati.v1i1.76

Fatonah, D. S. R., Ashadi, A., & Haryono, H. (2016). Studi Komparasi Pembelajaran Kimia Menggunakan Model Inquiry Based Learning (IBL) dan Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Termokimia Kelas XI SMA N 1 Sukoharjo Dengan Memperhatikan

Kemampuan Matematik Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Kimia, 5(2), 36–43. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/8338

Hanipah, H., & Sumartini, T. S. (2021). Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa antara Problem Based Learning Dan Direct Instruction. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 83–96. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i1.1028

Junaid, M., Salahudin, S., & Anggraini, R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep Ipa Siswa Di Smpn 17 Tebo. Physics and Science Education Journal (PSEJ), 16. https://doi.org/10.30631/psej.v1i1.709

Kurniawan, I. K., Parmiti, D., & Kusmariyatni, N. (2020). Pembelajaran IPA dengan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 80.

https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28959

Lestari, D. E., Murtianto, Y. H., Kokami, M., Belajar, G., Belajar, P., & Pendahuluan, A. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran PBL Berbantuan Media Kokami Ditinjau Dari Gaya. 8(2), 68–76.

Nurfadhillah, S., Fadhilatul Barokah, S., Nur’alfiah, S., Umayyah, N., Yanti, A. A., & Tangerang, U. M. (2021). Pengembangan Media Audio Visual pada Pembelajaran Matematika di Kelas 1MIAlHikmah1Sepatan.Pensa,3(1),149 165.https://ejournal.stitpn.ac.id/ /article1274

Nurwahid, M., & Shodikin, A. (2021). Komparasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Inquiry Based Learning Ditinjau dari Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa dalam Pembelajaran Segiempat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2218–2228.

https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.346

Ramadhanty, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantu Media Barang Bekas Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Di Kelas V Mi Nurul Islam 2 Karang Sari, Jati Agung, Lampung Selatan. 5(3), 1–60.

Septialamsyah, M. A. L. (2014). Pengaruh Kecemasan Dan Keaktifan Belajar Siswa Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Melalui Model Pembelajaran Resource Based Learning Materi Prisma Dan Limas Kelas Viii Smp Negeri 2 Wiradesa. Jurnal Ilmiah Pendidikan

Matematika, 2(2), 57–67.

Setiawan, A., & Santosa, R. H. (2017). Efektivitas Model Problem Based Learning Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kreativitas Matematis the Effectiveness of Problem Based Learning Model in Terms of Problem Solving Skill and Mathematical Creativity. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 41–47.

Sutriyani, W., & Widyatmoko, H. (2020). Efektivitas Model Pbl Menggunakan Media Lagu Rumus Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Tunas

Nusantara, 2(2), 220–230. https://doi.org/10.34001/jtn.v2i2.1502

Wahyuni, T., Makmur, A., & Rhamayanti, Y. (2020). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kubus dan Balok Kelas VIII-1 SMP Muhammadiyah 29

Padangsidimpuan.PeTeKa,3(2),170/179.http://jurnal.umtapsel.ac.id/index.php/ptk/article/view/3060


Article Metrics

Abstract view : 110 times | PDF view : 29 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nasrullah Nasrullah, Sukarna Sukarna, Sitti Hasna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Index by: