Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Masalah Numerasi Aljabar dengan Menggunakan Prosedur Newman pada Siswa Kelas XI SMA

Nur Rahmah Sari(1*), Syahrullah Asyari(2), Muhammad Darwis M(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/imed51347

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dengan menggunakan metode
Newman dalam menyelesaikan permasalahan numerasi Asesmen Kompetensi Minimum materi Sistem
Persamaan Linear Tiga Variabel. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pemilihan
subjek yang dilakukan menggunakan teknik purposive sampling sehingga terpilih tiga siswa kelas XI di
SMAN 22 Makassar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas instrumen utama yakni
peneliti sedangkan instrumen pendukung meliputi tes pemahaman pemodelan matematika, tes numerasi
AKM, dan wawancara. Data dalam penelitian ini dianalisis melalui tiga tahap yakni kondensasi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa
melakukan 4 jenis kesalahan berdasarkan prosedur Newman, yaitu kesalahan memahami, kesalahan
transformasi, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan pengkodean.
Kata Kunci: Kesalahan Siswa, Prosedur Newman, Asesmen Kompetensi Minimum, Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel

This research aim to analyze students’ errors using the Newman method in solving numeration
problems Minimum Competency Assessment on the topic of Three Variable Linear Equation System. This
type of research is descriptive qualitative research. The subject selection was carried out using a
purposive sampling technique so that three students of grade XI at SMAN 22 Makassar were selected.
The instruments used in this research consisted of the main instruments, namely the researcher, while the
supporting instruments included mathematical modeling comprehension tests, AKM numeration tests, and
interviews. The data in this research were analyzed through three stages, namely data condensation, data
presentation, and conclusion and verification. The results showed that students made 4 types of errors
based on Newman's procedure, namely understanding errors, transformation errors, processing skill
errors, and coding errors.
Key Words: Students’ Errors, Newman Procedure, Minimum Competency Assessment, Three-Variabel Linear Equations System


Full Text:

PDF

References


Amalia, R., Aufin, M., & Khusniah, R. (2018). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal

cerita pada pokok bahasan persamaan linier berdasarkan Newman kelas X-MIA di

SMA Bayt Al-Hikmah Kota Pasuruan. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan

Matematika, II, 346–359

Bernando, S., Novaliyosi, N., & Rafianti, I. (2022). Analisis kesalahan siswa berdasarkan

prosedur newman pada soal kemampuan berpikir kritis materi Sistem Persamaan Linear

Tiga Variabel Kelas X. Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan

Matematika, 3(2), 84-92.

Humaerah, S. R. (2017). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal pada materi

geometri dengan prosedur newman kelas VIII MTs. Muhammadiyah Tenetea

Kabupaten Jeneponto. Skripsi. Universitas Islam Negeri Makassar.

Istiawan, A. A. (2015). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita pertidaksamaan

kuadrat berdasarkan prosedur Newman. Skripsi. Universitas Negeri Malang.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Mendikbud siapkan lima strategi

pembelajaran holistik. Diakses pada 28 Januari 2022, dari

https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/04/mendikbud-siapkan-lima-strategi-

pembelajaran-holistik

Masjaya, M., & Wardono, W. (2018). Pentingnya kemampuan literasi matematika untuk

menumbuhkan kemampuan koneksi matematika dalam meningkatkan SDM. PRISMA,

Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 568-574.

Nurhalizah, S. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal materi sistem

persamaan linear dua variabel ditinjau dari kemampuan awal matematika (KAM).

Skripsi. Universitas Negeri Makassar.

Nurfalah, I.A., Novtiar, C., & Rohaeti, E.E. (2021). Analisis kesalahan siswa berdasarkan

kategori newman dalam menyelesaikan soal materi fungsi. Jurnal Pembelajaran

Matematika Inovatif. 4(1), 205-214. http://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v4i1.p%25p

Sari, R. F. (2018). Analisis kemampuan literasi aljabar siswa SMP. Skripsi. Universitas

Pendidikan Indonesia.

Syahruddin. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita operasi hitung

bilangan bulat pada siswa kelas VII SMP 21 Negeri Makassar. Skripsi. Universitas

Negeri Malang.

Zakaria, E. (2010). Analysis of students’ error in learning of quadratic equations. International

Education Studies, 3(3), 105-110


Article Metrics

Abstract view : 115 times | PDF view : 41 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nur Rahmah Sari, Syahrullah Asyari, Muhammad Darwis M

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Index by: