Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Masalah Numerasi Aljabar dengan Menggunakan Prosedur Newman pada Siswa Kelas XI SMA
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/imed51347
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dengan menggunakan metode
Newman dalam menyelesaikan permasalahan numerasi Asesmen Kompetensi Minimum materi Sistem
Persamaan Linear Tiga Variabel. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pemilihan
subjek yang dilakukan menggunakan teknik purposive sampling sehingga terpilih tiga siswa kelas XI di
SMAN 22 Makassar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas instrumen utama yakni
peneliti sedangkan instrumen pendukung meliputi tes pemahaman pemodelan matematika, tes numerasi
AKM, dan wawancara. Data dalam penelitian ini dianalisis melalui tiga tahap yakni kondensasi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa
melakukan 4 jenis kesalahan berdasarkan prosedur Newman, yaitu kesalahan memahami, kesalahan
transformasi, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan pengkodean.
Kata Kunci: Kesalahan Siswa, Prosedur Newman, Asesmen Kompetensi Minimum, Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel
This research aim to analyze students’ errors using the Newman method in solving numeration
problems Minimum Competency Assessment on the topic of Three Variable Linear Equation System. This
type of research is descriptive qualitative research. The subject selection was carried out using a
purposive sampling technique so that three students of grade XI at SMAN 22 Makassar were selected.
The instruments used in this research consisted of the main instruments, namely the researcher, while the
supporting instruments included mathematical modeling comprehension tests, AKM numeration tests, and
interviews. The data in this research were analyzed through three stages, namely data condensation, data
presentation, and conclusion and verification. The results showed that students made 4 types of errors
based on Newman's procedure, namely understanding errors, transformation errors, processing skill
errors, and coding errors.
Key Words: Students’ Errors, Newman Procedure, Minimum Competency Assessment, Three-Variabel Linear Equations System
Full Text:
PDFReferences
Amalia, R., Aufin, M., & Khusniah, R. (2018). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal
cerita pada pokok bahasan persamaan linier berdasarkan Newman kelas X-MIA di
SMA Bayt Al-Hikmah Kota Pasuruan. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan
Matematika, II, 346–359
Bernando, S., Novaliyosi, N., & Rafianti, I. (2022). Analisis kesalahan siswa berdasarkan
prosedur newman pada soal kemampuan berpikir kritis materi Sistem Persamaan Linear
Tiga Variabel Kelas X. Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan
Matematika, 3(2), 84-92.
Humaerah, S. R. (2017). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal pada materi
geometri dengan prosedur newman kelas VIII MTs. Muhammadiyah Tenetea
Kabupaten Jeneponto. Skripsi. Universitas Islam Negeri Makassar.
Istiawan, A. A. (2015). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita pertidaksamaan
kuadrat berdasarkan prosedur Newman. Skripsi. Universitas Negeri Malang.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Mendikbud siapkan lima strategi
pembelajaran holistik. Diakses pada 28 Januari 2022, dari
https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/04/mendikbud-siapkan-lima-strategi-
pembelajaran-holistik
Masjaya, M., & Wardono, W. (2018). Pentingnya kemampuan literasi matematika untuk
menumbuhkan kemampuan koneksi matematika dalam meningkatkan SDM. PRISMA,
Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 568-574.
Nurhalizah, S. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal materi sistem
persamaan linear dua variabel ditinjau dari kemampuan awal matematika (KAM).
Skripsi. Universitas Negeri Makassar.
Nurfalah, I.A., Novtiar, C., & Rohaeti, E.E. (2021). Analisis kesalahan siswa berdasarkan
kategori newman dalam menyelesaikan soal materi fungsi. Jurnal Pembelajaran
Matematika Inovatif. 4(1), 205-214. http://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v4i1.p%25p
Sari, R. F. (2018). Analisis kemampuan literasi aljabar siswa SMP. Skripsi. Universitas
Pendidikan Indonesia.
Syahruddin. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita operasi hitung
bilangan bulat pada siswa kelas VII SMP 21 Negeri Makassar. Skripsi. Universitas
Negeri Malang.
Zakaria, E. (2010). Analysis of students’ error in learning of quadratic equations. International
Education Studies, 3(3), 105-110
Article Metrics
Abstract view : 115 times | PDF view : 41 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Nur Rahmah Sari, Syahrullah Asyari, Muhammad Darwis M
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Index by: