Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Hologram Video pada Materi Geometri Bangun Ruang Sisi Datar di SMP Negeri 2 Alla

Awi Awi(1), Ilham Minggi(2), Ermayanti Ermayanti(3*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/imed51342

Abstract


Penelitian pre-experiment ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan media pembelajaran Hologram Video materi geometri bangun ruang sisi datar. Unit eksperimen dalam penelitian ini terdiri dari satu kelas siswa IX SMP Negeri 2 Alla. Sampel dari penelitian ini adalah kelas IX D. Penelitian ini dilaksanakan selama 5 pertemuan, yakni 1 pertemuan pretest, 1 pertemuan posttest dan 3 pertemuan pembelajaran menggunakan media pembelajaran Hologram Video. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, tes hasil belajar, dan angket respon siswa. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil yang dicapai adalah: (1) hasil belajar matematika siswa adalah 79,896 (melebihi KKM) dari skor ideal 100; (2) rata-rata nilai gain ternormalisasi secara inferensial lebih dari 0,3 yaitu 0,737 yang berada pada kategori tinggi; (3) tingkat ketuntasan klasikal siswa sebesar secara inferensial kurang dari 85%, yaitu 70,83%; (4) rata-rata persentase aktivitas siswa dalam pembelajaran adalah  85,78% atau berada pada kategori aktif; (5) rata-rata persentase respon siswa adalah 89,58% atau berada pada kategori sangat positif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran Hologram Video efektif digunakan pada pembelajaran matematika materi geometri bangun ruang sisi datar ditinjau dari hasil belajar, aktivitas siswa, dan respon siswa karena semua indikator memenuhi kriteria keefektifan.

Kata Kunci: Efektivitas, Pembelajaran Matematika, Media Pembelajaran, Hologram Video

This pre-experimental research aimed to determine the effectiveness of using Hologram Video learning media for geometry materials. The experimental unit in this study consisted of one class of grade IX students of SMP Negeri 2 Alla. The sample of this study was grade IX D students. This research was carried out for five meetings where one meeting for pretest, one meeting was for posttest, and three meetings for learning session using Hologram Video learning media. Data were collected using observation sheets, learning achievement tests, and students’ response questionnaire. The data were analyzed using descriptive and inferential statistical analysis. The results indicated that: (1) students' mathematics learning achievements is 79.896 (exceeding the KKM) of the ideal score of 100; (2) the average value of normalized gain inferentially is more than 0.3, namely 0.737 which is in the high category; (3) the classical mastery level of students is inferentially less than 85%, which is 70.83%; (4) the average percentage of students’ activities in learning is 85.78% or it is in the active category; (5) the average percentage of students’ responses is 89.58% or it is in the very positive category. Thus, it can be concluded that the use of Hologram Video learning media is effective for geometry materials if it is viewed from learning achievement, students’ activities, and students’ responses. It is because all indicators meet the effectiveness criteria.

Keywords: Effectiveness, Mathematics Learning, Learning Media, Hologram Video


Keywords


Efektivitas, Pembelajaran Matematika, Media Pembelajaran, Hologram Video

Full Text:

PDF

References


Akhmad, G. P., & Masriyah. (2014). Efektivitas pembelajaran matematika dengan pendekatan Model Eliciting Activities (MEAs) pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel di kelas VII-A SMP Negeri 1 Lamongan. MATHEdunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 97–102.

Bao, L. (2006). Theoretical comparison of average normalized gain calculations. American Journal of Physics, 74(10), 917–922. doi:https://doi.org/10.1119/1.2213632

Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). TIMSS INDONESIA (Trends In International Mathematics and Science Study). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers (hal. 562–569). Tasikmalaya: Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi.

Indriani, R. (2017). Aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan Contextual Teaching and Learning (CTL) di sekolah dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(2), 261–267. doi:http://dx.doi.org/10.23969/jp.v2i2.841

Jennah, R. (2009). Media pembelajaran. Banjarmasin: Antasari Press. Retrieved from http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2204

Kamarullah. (2017). Pendidikan matematika di sekolah kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21–31. doi:http://dx.doi.org/10.22373/jppm.v1i1.1729

Kristin, F. (2016). Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe STAD ditinjau dari hasil belajar IPS siswa kelas 4 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(2), 74–79. doi:https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2.p74-79

Kusuma, F. W., & Aisyah, M. N. (2012). Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe think pair share untuk meningkatkan aktivitas belajar akuntansi siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Wonosari tahun ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 10(2), 43–63. doi:https://doi.org/10.21831/jpai.v10i2.912

Lubis, A. (2012). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar fisika pada materi pokok gerak lurus di kelas X SMA Swasta UISU Medan. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), 27–32. doi:https://doi.org/10.22611/jpf.v1i1.3378

Masykur, R., Nofrizal, & Syazali, M. (2017). Pengembangan media pembelajaran matematika dengan macromedia flash. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177–186. doi:https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.2014

Novitasari, D. (2016). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 2(2), 8–18.

Rahmawati, D. A., Sugiyono, & Kartono. (2020). Pengembangan media berbasis hologram dalam pembelajaran tematik tema 8 subtema 1 di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 18 Sungai Kakap. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(7), 1–9.

Ridsa, A., Sideng, U., & Suprapta. (2020). Efektifitas penggunaan media pembelajaran 3D hologram dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMA Negeri 2 Majene. La Geografia, 18(3), 191–208. doi:https://doi.org/10.35580/lageografia.v18i3.13607

Rohmawati, A. (2015). Efektivitas pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 15–32. doi:https://doi.org/10.21009/JPUD.091.02

Rusman. (2017). Belajar dan pembelajaran: Berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Raharjito. (2011). Media pendidikan: Pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya (Edisi 15 ed.). Jakarta: Rajawali Pers.

Sanjaya, W. (2008). Kurikulum dan pembelajaran: Teori dan praktik pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Saragih, S., & Rahmiyana. (2013). Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa SMA/MA di Kecamatan Simpang Uim melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 19(2), 174–188.

Setyosari, P. (2014). Menciptakan pembelajaran yang efektif dan berkualitas. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(1), 20–30. doi:http://dx.doi.org/10.17977/um031v1i12014p020

Soepriyanto, Y., Sihkabuden, & Surahman, E. (2018). Pengembangan objek 3D digital pada meja piramida hologram untuk pembelajaran kelas. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(4), 333–339.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan (Edisi ke-3 ed.). (A. Nuryanto, Ed.) Bandung: Alfabeta CV.

Susanto, A. (2013). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar (Edisi Pertama ed.). Jakarta: Prenada Media Group.

Suwaji, U. T. (2008). Permasalahan pembelajaran geometri ruang SMP dan alternatif pemecahannya. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Wahyuddin, & Nurcahaya. (2018). Efektivitas pembelajaran matematika melalui pembelajaran aktif tipe Everyone is a Teacher Here (ETH) pada siswa kelas X SMA Negeri 8 Takalar. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 2(1), 72–105.


Article Metrics

Abstract view : 106 times | PDF view : 32 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Awi Awi, Ilham Minggi, Ermayanti Emayanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Index by: