Deskripsi Kreativitas dalam Menyelesaikan Soal Berbasis Timss Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika Siswa SMPN 2 Barombong

Ruslan Ruslan(1), Hamda Hamda(2), Nur Rahayu(3*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/imed44856

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskripsi yang bertujuan untuk mengetahui kreativitas siswa dalam menyelesaikan soal berbasis TIMSS domain kognitif. Subjek penelitian sebanyak enam siswa dari kelas VIII C SMPN 2 Barombong. Pengambilan subjek dilakukan berdasarkan kemampuan awal matematika kelas VIII C yang kemudian dari hasil tersebut dikelompokkan siswa yang berkemampuan tinggi dan rendah. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes kreativitas matematika dan pedoman wawancara. Penelitian ini mengacu pada tiga aspek kemampuan berpikir kreatif yaitu kefasihan, keluwesan, dan kebaruan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) subjek pada domain kognitif penerapan konten aljabar yang berkemampuan awal tinggi memenuhi aspek kefasihan dan keluwesan. Artinya memperoleh tingkat kemampuan berfikir kreatif 3 (kreatif); (2) subjek pada domain kognitif penerapan konten aljabar tidak memenuhi aspek kefasihan, keluwesan, dan kebaruan. Artinya kemampuan awal rendah memperoleh tingkat kemampuan berfikir kreatif 0 (tidak kreatif); (3) subjek pada domain kognitif penalaran konten aljabar bahwa kemampuan awal tinggi memenuhi aspek keluwesan. Artinya memperoleh tingkat kemampuan berfikir kreatif 2 (cukup kreatif); (4) subjek pada domain kognitif penalaran konten aljabar bahwa kemampuan awal rendah tidak memenuhi aspek kefasihan, keluwesan, dan kebaruan. Artinya memperoleh tingkat kemampuan berfikir kreatif 0 (tidak kreatif).

Kata kunci: kreativitas, aljabar, TIMSS, kemampuan awal matematika

The research is a qualitative study using a descriptive method that aims to determaine students’ creativity in solving TIMSS-based questions the cognitive domain. The subjects in this study were six students from the VIII C class of SMPN 2 Barombong. The research’s subject is based on the mathematical ability result of the VIII C class. Then, the result is divides students into two categories of mathematical ability: students with high and low abilities. The researcher used the creativity test and interview guidelines to collect the data. The result of this study indicates that (1) the subject in the cognitive domain of applying algebraic content, high initial abilities meet the aspects of fluency and flexibility. Which meant that obtained creative thinking ability level 3 (creative); (2) the subject in the cognitive domain of applying algebraic content, low initial abilities do not meet the aspects of fluency, flexibility, and novelty. Which meant that obtained creative thinking ability level 0 (not creative); (3) the subject n the cognitive domain of reasoning algebraic content that high initial abilities meet the aspect of flexibility. Which meant that obtain creative thinking ability level 2 (creative enough); (4) the subjects in the cognitive domain of reasoning algebraic content that low initial abilities do not meet the aspects of fluency, flexibility, and novelty. Which meant that obtained creative thinking ability level 0 (not creative).

Keywords: creativity, constructing, area of flat shape, learning style


Full Text:

PDF

References


Gunawan, H., Salim, A. (2010). Analisis konten dan capaian siswa Indonesia dalam TIMSS (Trend in International Mathematics and Science Study) 1999, 2003, dan 2007. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan.

Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). TIMSS Indonesia. Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi. ISBN: 978-602-9250-39-8.

Hanurrani, C. A., & Susanah. (2019). Kemampuan berpikir berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah matematika open-ended ditinjau dari kemampuan matematika. MATHEdunesa:Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 7-14

Isnah, N.N., & Kurniasari, I. (2018). Identifikasi tingkat berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan open-ended problem materi aritmatika sosial SMP ditinjau dari kemampuan matematika. MATHEdunesa, 7(3), 607-613

Krisnawati, E. (2012). Kreativitas siswa dalam memecahkan masalah matematika divergen berdasarkan kemampuan matematika siswa. Jurnal Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya. 1(1), 1-8

Mufidah, I. (2014). Identifikasi kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pemecahan masalah matematika materi segiempat dan segitiga ditinjau dari kemampuan matematika siswa di SMPN 1 Driyorejo. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 3(2), 113-119. Diakses Januari 7, 2022, dari https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/3/article/view/8689/8755

Mullis, I.V.S., Martin, M.O., Foy, P., & Arora, A. 2012. TIMSS 2011 Internastional Result inMathematics. Chestnut Hill, MA: TIMSS & PIRLS International Study Center, BostonCollege.

Mullis, I.V.S., Martin, M.O., Foy, P., & Hooper, M. 2013. TIMSS 2013 Assessment Frameworks. Boston: TIMSS & PIRLS International Study Center.

Mullis, I.V.S., Martin, M.O., Foy, P., & Hooper, M. 2015. TIMSS 2015 Assessment Frameworks. Boston: TIMSS & PIRLS International Study Center.

NCTM. (2000). Principles and standards for school mathematics. The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

Nugraheni, H., & Ratu, N. (2018). Analisis tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal open-ended pada materi bangun datar segi empat. Jurnal Numeracy, 2(2), 119-132

Patmalasari, Dewi., Afifah, Dian Septi Nur., Resbiantoro, Gaguks. (2017). Karakteristik tingkat kreativitas siswa yang memiliki disposisi matematis tinggi dalam menyelesaikan soal matematika. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika). 6(1). Diakses November 18, 2021, dari https://e-journal.unipma.ac.idindex.phpjipmarticleview15091258

Syahara, M. U., & Astutik, E. P. (2021). Analisis berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah SPLDV ditinjau dari kemampuan matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika. 10(2), 201-212.

Tohir, M., & Abidin, Z. (2018). Students creative thinking skills in solving two-dimensiaonal arithmetic series through research based learning. Journal of Physics: Conference SeriesI. 1008(1). Diakses Januari 7, 2021 https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1008/1/012072


Article Metrics

Abstract view : 82 times | PDF view : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ruslan Ruslan, Hamda Hamda, Nur Rahayu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Index by: