Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Bilangan Pecahan pada Siswa Kelas VIII SMP

Hamda Hamda(1*), Ilham Minggi(2), Rismayanti Rismayanti(3),

(1) Jurusan Matematika FMIPA UNM
(2) Jurusan Matematika FMIPA UNM
(3) Jurusan Matematika FMIPA UNM
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/imed37184

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal operasi hitung bilangan pecahan berdasarkan teori Kastolan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan pedoman wawancara. Tes berbentuk soal uraian. Tes diberikan kepada siswa kelas VIII pada salah satu SMP Negeri di Kabupaten Kepulauan Selayar yang berjumlah 23 siswa, kemudian diambil 3 siswa sebagai subjek penelitian. Kriteria pemilihan subjek penelitian adalah memiliki kesalahan paling banyak dan bervariasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kesalahan yang dianalisis dikategorikan dengan menggunakan kriteria kesalahan Kastolan yang terdiri dari tiga jenis kesalahan. Berdasarkan data hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa siswa melakukan kesalahan konseptual, kesalahan prosedural dan kesalahan teknikal. Jenis kesalahan yang paling dominan dilakukan siswa adalah kesalahan konseptual. 

Kata Kunci: Kesalahan Konseptual, Kesalahan Prosedural. Kesalahan Teknikal, Pecahan, Teori Kastolan


This study aims to describe the errors made by students in solving fractional arithmetic operations based on Kastolan theory. This type of research is a qualitative research with a descriptive approach. Data collection techniques used are tests and interview guidelines. The test is in the form of a description. The test is given to class VIII students at one of the SMP Negeri in the Selayar Island Regency totaling 23 students, then 3 students were taken as research subjects. The criteria for selecting research subjects were to have the most and varied errors. The data analysis technique used is data reduction, data presentation and conclusion drawing. The errors analyzed were categorized using the Kastolan error criteria which consisted of three types of errors. Based on the data from the research and discussion, it can be concluded that students made conceptual errors, procedural errors and technical errors. The most dominant type of error made by students is conceptual error.

Keywords: Conceptual Error, Procedural Error, Tecnical Error,  Fraction, Kastolan’s Theory



Full Text:

PDF

References


Arisma, D. (2020). Analisis kesalahan dalam penjumlahan menggunakan garis bilangan menurut teori kastolan pada siswa kelas iii sdn 1 wagir kidul pulung ponorogo tahun ajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo. doi:http://etheses.iainponorogo.ac.id/10259/1/SKRIPSI_210616146_%20DWI%20ARISMA.pdf

Astuty, K. Y. (2013). Analisis kesalahan siswa kelas V dalam menyelesaikan soal matematika pada materi bilangan pecahan di SDN Medokan Semampir I/259 Surabaya. MATHEdunesa, 2(3). doi:https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/viewFile/3886/6430

Haryadi, R., & Andriati, N. (2019). Kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal operasi hitung bilangan bulat. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Mipa dan Teknologi, 1(1), 253-264. doi:http://www.journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/snpmt2/article/download/1387/1072

Kurniawan, E., Jamiah, Y., & Sayu, S. (2016). Analisis kesalahan siswa menyelesaikan soal pada materi bilangan pecahan di kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(3). doi:https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/14167/12677

Lutfia, Lusi dan Luvy Sylviana Zanthy. 2019. “Analisis Kesalahan Menurut Tahapan Kastolan dan Pemberian Scaffolding dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel”. Journal On Education. 1(3): 396-404.

M. Suntrah, M. S. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Perbandingan Kelas V SDN 31 Woja. Doctoral dissertation, Universitas_Muhammadiyah_Mataram. doi:http://repository.ummat.ac.id/1362/

Marpaung, N. Q. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika di mts swasta aisyiyah sumatera utara. Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Meddan. doi:http://repository.uinsu.ac.id/5672/1/SKRIPSI.pdf

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative data analysis. Washington DSage Publication. https://books.google.co.id/books?id=p0wXBAAAQBAJ&printsec= frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false

Munandar, U. (2002). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta

Nasrudin, R. T., & Sri Sutarni, M. P. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Kubus dan Balok Kelas VIII MTs Negeri Sukoharjo Tahun 2016/2017 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Pratiwi, D. S. E., Effie, E. M., & Agus, S. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Bilangan Pecahan DI SD negeri 69 Kota Bengkulu (Doctoral dissertation, Universitas Bengkulu).

Prayitno, A., & Wulandari, D.T. (2015). Meminimalkan Kesalahan Konsep Pecahan Melalui Pembelajaran Penemuan Terbimbing Dengan Gesture Produktif Pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 106-117.

Sabrina, A. (2021). Analisis kesalahan siswa menurut kastolan dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear dua variabel (spldv) kelas x smk muhammadiyah Suruh. doi:http://perpus.iainsalatiga.ac.id/lemari/fg/free/pdf/?file=http://perpus.iainsalatiga.ac.id/g/pdf/public/index.php/?pdf=10546/1/ANISA%20SABRINA%2023070160092

Sahriah, S., Muksar, M., & Lestari, T.E. (2012). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Operasi Pecahan Bentuk Aljabar Kelas VIII SMP Negeri 2 Malang. Jurnal: Universitas Negeri Malang, 1(1), 1-10.

Samata, G., & Indah, N. (2021). Deskripsi Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita KPK dan FPB menurut Kastolan di Kelas VII SMP.

Siswono, T. Y., & Lastiningsih, N. (2007). Matematika SMP dan MTs untuk Kelas VII. Jakarta: Erlangga.

Tuzahra, F., Rasiman, Z., & Ijuddin, R. (2016). Analisis kesulitan belajar siswa dalam menyelesaikan soal bilangan berpangkat di kelas X SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(10). doi:https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/17113

Wahyuni, T. (2018). Indonesia gawat darurat matematika. (P. RISE, Interviewer) Retrieved from https://suarakarya.co.id/peneliti-rise-indonesia-gawat-darurat-matematika/8128/

Widyantari, & Fajar, P. (2016). Analisis kesalahan siswa berdasarkan tahapan kastolan dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi lingkaran kelas VIII SMP negeri 1 salatiga. Jurnal Universitas Kristen Satya Wacana, 3(5). doi:https://jurnal.uns.ac.id/JMMS/article/view/38031

Yulanda, Restu dan Yarman. 2018. “Analisis Kesalahan Peserta Didik Berdasarkan Tahapan Kastolan Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Trigonometri Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Pariaman”. Jurnal Edukasi dan Penelitian Matematika. 7(4): 121-126.

Zabeta, M., Hartono, Y., & Putri, R. I. (2015). Desain pembelajaran materi bilangan pecahan menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Beta: Jurnal Tadris Matematika, 8(1), 86-99. doi:http://jurnalbeta.ac.id/index.php/betaJTM/article/view/27


Article Metrics

Abstract view : 79 times | PDF view : 28 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Hamda Hamda, Ilham Minggi, Rismayanti Rismayanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Index by: