Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Butterfly Trigon Dalam Model Kooperatif Tipe TSTS
(1) Jrusan Matemtika, Fakultas Matemtika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(2) Jrusan Matemtika, Fakultas Matemtika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(3) Jrusan Matemtika, Fakultas Matemtika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/imed32589
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan media pembelajaran Butterfly Trigon dalam model kooperatif tipe TSTS pada pembelajaran matematika siswa kelas X SMA dengan indikator efektivitas pembelajaran yaitu hasil belajar siswa, aktivitas siswa, dan respons siswa. Penelitian kuasi eksperimental desain tipe kontrol grup pretest dan posttest menggunakan teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Populasi penelitian siswa kelas X SMA dan Sampel penelitian terdiri dua kelompok yaitu kelas eksperimen (Treatment) sebanyak 25 siswa dan kelas kontrol sebanyak 24 siswa. Data hasil belajar siswa diperoleh dengan pemberian pretest dan posttest, data aktivitas siswa diperoleh dengan lembar observasi aktivitas siswa, serta data respons siswa diperoleh dengan angket respons siswa. Adapun data tersebut dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial sehingga secara umum dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran Butterfly Trigon dalam model kooperatif TSTS efektif diterapkan pada pembelajaran matematika siswa kelas X SMA.
Kata Kunci: Efektivitas, Hasil Belajar, Media Pembelajaran, Model Kooperatif Tipe TSTS, Butterfly Trigon
This research aims to determine the effectiveness of the application Butterfly Trigon learning media in the cooperative model type TSTS on mathematics learning for X grade high school students with the indicators of learning effectiveness is student learning outcomes, student activities, and student responses. This research is a quasi-experimental research with pretest and posttest control group design using cluster random sampling technique. The population of this study were X grade high school students and the research sample consisted of two groups, namely the experimental class (Treatment) with 25 students and the control class with 24 students. Student learning outcomes data obtained by giving pretest and posttest, student activity data obtained through student activity observation sheets, and student response data obtained by student response questionnaires. Data analysis used descriptive statistics and inferential statistics so in general it can be concluded that the application Butterfly Trigon learning media in the cooperative model type TSTS is effectively applied on the mathematics learning for X grade high school students.
Key Words: Effectiveness, Learning Outcomes, Learning Media, Cooperative model type TSTS, Butterfly Trigon
Full Text:
PDFReferences
Arriah, F. 2019. Efektivitas Pembelajan Matematika Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS). Sigma: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 12-17.
Barumbung, M. (2015). Efektivitas pembelajaran kooperatif tipe teams game tournament (tgt) dengan menggunakan media ular tangga bangun datar terhaadap pemahaman konsep geometri bangun datar siswa SMP. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar: FMIPA UNM
Bhinnety, M. (2008). Struktur dan proses memori. Buletin Psikologi, 16(2).
Gunadi, F. 2018. Efektivitas Penggunaan Media Kartu Domino Untuk Mencapai Target Hasil Belajar Trigonometri. Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(1), 89-100.
Kagan, Spencer. (1992). Cooperative Learning. San Juan Capistrano: Kagan Cooperatif Learning
Mensah, F. S. 2017. Ghanaian senior high school students’error in learning of trigonometry (p. 1709). International Journal of Environmental and Science Education : Volume N0.8.
Nasrullah, N., Rusli, R., & Abdul, A. (2019). Penggunaan alat peraga manipulatif untuk pembelajaran konsep pecahan bagi guru matematika tingkat SMP (h. 635). Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 2018, No. 9)
Setiawan, I. A. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran pada Pendekatan Scientific Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Memperhatikan Kemampuan Awal (Skripsi). Universitas Negeri Makassar, Makassar
Setyowati, T.(2018). Analisis kesalahan prinsip dan operasi dalam menentukan koordinat kutub siswa kelas X TKJ SMK muhammadiyah 5 karanganyar tahun pelajaran 2015/2016 (h. 5). Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika
Subroto, T., & Sholihah, W. 2018. Analisis Hambatan Belajar pada Materi Trigonometri dalam Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa (h. 111, 115). Indonesian Mathematics Education : Volume 1
Suprijono, A. (2009). Cooperative learning: teori & aplikasi PAIKEM. Pustaka Pelajar.
Sutikno, S. (2007). Strategi Belajar Mengajar. Bandung:Refika Aditama
Article Metrics
Abstract view : 147 times | PDF view : 56 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Asdar Asdar, Narullah Nasrullah, A.Nur Rutri Ramdhani Yusuf

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Index by: