Analisis Perilaku Belajar Siswa Hiperaktif dalam Pembelajaran Matematika

A. Asdar(1*), N. Nasrullah(2), Alya Dian Sari(3),

(1) Jurusan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/imed23843

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik perilaku belajar siswa hiperaktif pada pembelajaran matematika.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif.Metode pengumpulan data yang diterapkan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.Instrumen penelitian adalah lembar observasi, pedoman wawancara, serta peneliti itu sendiri.Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) perilaku belajar kognitif siswa hiperaktif, khususnya dalam materi perpangkatan. Ada beberapa perilaku yang ditunjukkaan, yaitu: a. pada saat diberikan kuis, siswa mampu menggunakan nalarnya dan siswa mampu mengembangkan pengetahuannya sendiri mengenai jawaban dari permasalahan yang diberikan, meskipun hasil dari jawaban siswa tersebut salah, b. siswa tidak dapat menyelesaikan permasalahan matematika yang bersifat perhitungan perkalian perpangkatan, pembagian perpangkatan, serta sifat perpangkatan yang lainnya, c. siswa lamban dalam menerima materi pembelajaran, d. siswa tidak dapat berkonsentrasi pada saat proses pembelajaran matematika, ia cenderung menggambar-gambar atau mencoret-coret bukunya. 2) perilaku belajar afektif siswa hiperaktif yang ditunjukkan, yaitu: a. pada saat proses belajar mengajar siswa sering meninggalkan tempat duduk dan sering memukul temannya tiba-tiba, serta berbicara tanpa kendali, b. siswa tidak dapat bertanggungjawab ketika memimpin suatu diskusi kelompok, c. siswa sering melanggar tata tertib sekolah.

Kata Kunci:Perilaku Belajar, Pembelajaran Matematika

This study aims to determine the characteristics of hyperactive student learning behavior in mathematics. This is a descriptive qualitative research. The data collection methods werethe observation, interview, and documentation. The research instrument was the observation sheet, interview guidelines, and the researcher himself. The data analysis techniques are data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of the study showed that 1) the cognitive learning behavior of hyperactive students, especially in the topic about exponent. There are several behaviors that are indicated, namely: a. given a quiz, students are able to use their reasoning and to develop their own knowledge about the answers to the problems given, even though the results of students' answers are wrong, b. students cannot solve mathematical problems that are the calculation of rank multiplication, division of rank, and the nature of the other ranks, c. students are slow in accepting learning material, d. students cannot concentrate on the process of learning mathematics, he tends to draw pictures or doodle on his book. 2) the affective learning behavior of hyperactive students shown, namely: a. when the learning process students often leave their seats and often hit their friends suddenly, and speak without control, b. students cannot be held responsible when leading a group discussion, c. students often violate school rules.

Keywords: Learning Behavior, Mathematics Learning


Full Text:

PDF

References


Aprilia, E., & Oktaria, D. (2017).Kemampuan Akademik Penderita Attention Deficit-Hyperactivity Disorder (ADHD) pada Tingkat Perguruan Tinggi.Majority., 7(1). 165.

Aulia, I. A. (2016).Problematika Siswa Hiperaktif dalam Proses Penerimaan Pembelajaran Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Plus Sabilul Muhtadin Pakisrejo. (Skripsi, Diterbitkan). Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang.

Ernawati.(2005). Penggunaan Media Visual Dalam Pembelajaran Anak Hiperaktif. (Tesis, Diterbitkan).Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Fatwa, T. (2009). Peran Orang Tua dan Guru dalam Menangani Perilaku Hiperaktiifitas pada Anak ADHD di SLB Negeri 3 Yogyakarta. Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah Kesehatan Masyarakat, 3 (1). 51.

Melinda. (2013). Anak Hiperaktif Penyebab dan Cara Mengatasinya.http://www.melindahospital.com/modul/user/detail_artikel.php?id=1001_Anak-Hiperaktif:-Penyebab-dan-Cara-Mengatasinya. Diakses tanggal 16 Oktober 2019.

Koasih, E. (2012). Cara Bijak Memahami anak Berkebutuhan Khusus .Bandung : Yrama Widya.

Kusumawati, E. (2010). Studi Kasus Perilaku Hiperaktif dan Faktor Penyebabnya Pada Siswa Kelas III SD Negeri Mraggen 05 Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2009/2010. (Skripsi, Diterbitkan). Universitas Negeri Sebelas Maret, Surakarta.

Novriana, D.E, Yanis,A., &Masri, M. (2014). Prevalensi Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas pada Siswa dan Siswi Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Padang Timur Kota Padang.Jurnal Kesehatan Andalas, 3(2). 141.

Prasetyono.(2008). Serba-serbi Anak Autis. Yogyakarta: Diva Press.

Rofiah, N.H. (2018). Perilaku Attention Deficit Hyperactivyty Disorder (ADHD) dalam Proses Pembelajaran (Studi Kasus Peserta Didik) di Kelas IV SD Negeri Gejayan).Fundadikdas. ,1(1). 65.

Sultan.(2011). Perilaku Hiperaktif Siswa di SMP Negeri 2 Pinrang.http://ejurnal.stainparepare.ac.id.Diakses pada 16 Oktober 2019.

Widodo, J. (2009). Penatalaksanaan Attention Deficit Hyperactive Disorders Pada Anak.http://puterakembara.org/rm/adhd.shtml. Diakses tanggal 16 Oktober 2019.

Wiyani, A.N. (2014). Penanganan Anak Usia Dini Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta:Ar-Ruzz Media.

Zaviera, F. (2008).Anak Hiperaktif. Yogyakarta: Kata Hati.

Zumaroh, Nova Triana. 2017. Peningkatan Kemampuan Membaca, Menulis Dan Menghitung Pada Siswa Hiperaktif Kelas II MI Mambaul Ulum Sepanjang Gondanglegi Malang. (Skripsi, Diterbitkan). Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang.


Article Metrics

Abstract view : 1003 times | PDF view : 263 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 A. Asdar, N. Nasrullah, Alya Dian Sari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Index by: