Efektivitas Pembelajaran Matematika melalui Penerapan Metode Field Trip pada Kelas VII

Hamzah Upu(1*), D. Darwis(2), A. Athira(3),

(1) Jurusan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/imed19915

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika melalui penerapan metode Field Trip pada kelas VII ditinjau dari hasil belajar, aktivitas, dan respon siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan pra-eksperimen dengan teknik pengambilan sampel yaitu cluster random sampling. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan  lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, tes hasil belajar (pretest dan posttest), lembar observasi aktivitas siswa, dan angket respons siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan: (1) rata-rata hasil pretest siswa yaitu 20,5(kategori sangat rendah), rata-rata hasil posttest siswa yaitu 77,7(kategori tinggi) (2) rata-rata hasil posttest menunjukkan ketuntasan klasikal tercapai yakni sebesar 90% (18 siswa), (3) rata-rata gain ternormalisasi sebesar 0,7(kategori tinggi), (4) rata-rata aktivitas siswa sebesar 92% (kategori sangat aktif), (5) rata-rata presentase siswa yang memberi respon positif sebanyak 94%. Hasil analisis inferensial menunjukkan: (1) nilai rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan metode Field Trip lebih besar dari 70 (KKM), (2) nilai rata-rata gain ternormalisasi lebih besar dari 0,3, (3) persentase respon siswa lebih besar dari 70%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan metode Field Trip efektif diterapkan pada siswa kelas VII SMP.

Kata Kunci: Efektivitas, Hasil Belajar, Aktivitas, Respons, Metode Field Trip.

This research aims to determine the effectiveness of learning mathematics through the application of the Field Trip method in class VII based on student learning outcomes, activity, and student responses. This research is quantitative approachwithpre-experimental study and sampling technique used is cluster random sampling.  Data analysis technique used is descriptive and inferential analysis techniques. The results of descriptive analysis showed: (1) average results of students' pretest was 20,5(very lo category), average student posttest result was 77,7(high category) (2) the posttest results showed that classical completeness was reached student activity at 90% (18 students), (3) average normalized gain was 0.7(high category), (4) average student activity was 92% (very good category),     (5) average percentage of students who gave positive response of 94%. Inferential analysis results show: (1) the average value of students after being taught with the fieldtrip learning method is greater than 70, (2) the normalized average gain value is greater than 0.3 (medium category), (3) the percentage of positive student responses greater than 70%. From the results of this study it can be concluded that learning by applying the  Field Trip methods is effectively applied to students of grade VII.

Keywords: Effectiveness, Learning Achievement, Student Activity, Field Trip Methods, Mathematics Learning


Full Text:

PDF

References


Abimanyu, S. (2008). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Anitah, S. (2009). Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Asmani, J. (2010). Tips Menjadi Guru Inspiratif, Kreatif, dan Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Djamarah, Bahri, S., & Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fadillah, A. (2016). Penerapan Metode Field Trip Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Deskripsi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Longat Panyabungan Barat. Jurnal Edukasi Kultura, 1-7.

Fathurrohman, P., & Sutikno, M. (2015). Strategi Belajar Mengajar melalui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islami. Bandung: Refika Aditama.

Haling, A. (2007). Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Hamzah, A. (2014). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Cetakan ke-1. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Prasetyo, A. (2015). Keefektifan Metode Field Trip Terhadap Hasil Belajar Sumber Daya Alam Siswa Kelas III SDN Bogangin 1 Kabupaten Banyumas . Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Ruhimat, A. Y. (2017). Teori dan Implementasi Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhiya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sutikno, M. S. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Prospect.

Wang, H. H., & Carlson, S. P. (2011). Factors that Influence Student’s Satisfaction in an Environmental Field Day Experience. International Electronic Journal of Environmental Education, 1(2), 129-139.

Yuliati, T., & Martuti, N. K. (2014). Efektivitas Penerapan Metode Field Trip Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kepedulian Siswa terhadap Lingkungan. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, II(2), 178-187.


Article Metrics

Abstract view : 337 times | PDF view : 107 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Hamzah Upu, D. Darwis, A. Athira



 Index by: