ILUSTRASI KREATIF PAPER QUILLING TENTANG CERITA RAKYAT GOA MAMPU

Nurul Hidayah(1*), Sukarman Bachtiar(2), Agussalim Djirong(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/i.v1i2.9917

Abstract


Perancangan ini bertujuan untuk membuat buku cerita bergambar rakyat goa mampu yang komunikatif agar dapat di senangi oleh anak-anak dengan paper quilling. Metode penelitian dilakukan dengan mengumpulkan data melalui riset lapangan, mendatangi goa mampu tempat asal cerita rakyat tersebut, riset tentang cara busana keluarga kerajaan pada zaman dahulu yang kemudian data dianalisa sesuai kaidah desain komunikasi visual. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu menghasilkan buku cerita dengan teknik paper quilling dengan ukuran buku 23 x 20 cm. Ilustrasi karakter dalam buku cerita menggunakan gaya kartun anak dalam bentuk manual menggunakan teknik paper quilling, untuk latar belakang objek, suasana dalam cerita menggunakan teknik digitalisasi. Ilustrasi gambar dengan teknik paper quilling menghasilkan gambar timbul, berdimensi denban kesan lebih nyata sehingga diharapkan anak-anak lebih tertarik dengan buku bacaan terutama cerita rakyat negeri sendiri. kendala dalam proses perancangan yaitu ukuran bidang yang kecil sehingga dibutuhkan waktu yang lama untuk menyelesaikan tiap-tiap karakter.


Keywords


buku cerita; Goa Mampu; ilustrasi; paper quilling

Full Text:

PDF

References


Damayanti, N. (2015). Peningkatan Stabilitas Gerak Motorik Halus Anak Melalui Paper Quilling Pada Anak Kelompok B TK Aba Balong Cangkringan Sleman. Pendidikan Guru PAUD S-1.

Depdiknas.2003.Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka

Akbar. 2015. Menumbuhkan Minat Baca Masyarakat (Online)

http://www.republika.co.id/berita/jurnalisme-warga/wacana/15/05/26/noyj6v-menumbuhkan-minat-baca-masyarakat (diakses 6 Februari 2016).

FIQRI, R., San Ahdi, S. S., Ds, M., & Pebriyeni, E. (2018). Perancangan Buku Cerita Bergambar Anggun Nan Tongga (Cerita rakyat Pariaman). DEKAVE: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 8(1).

Irwansyah, S.Sos dan Muhammad Idris. Wawancara Cerita Goa Mampu.

Said, A. A. (2006). Dasar Desain Dwimatra. Makasar: Universitas Negeri Makasar.

Salam, Sofyan. Dkk. 1993. Penelitian dan Pengembangan Paket Pembelajaran Apresiasi Seni Ilustrasi Bagi Mahasiswa Program Studi Seni Rupa di Perguruan Tinggi. Laporan Penelitian. Makassar : Fakultas Bahasa dan Seni Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Ujung Pandang.

Waruhu, E., & Putra, R. PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA


Article Metrics

Abstract view : 308 times | PDF view : 48 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL IMAJINASI



Alamat Redaksi:
Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung
Jl. Daeng Tata Makassar 90224
E-mail: imajinasi@unm.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Imajinasi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Imajinasi indexed by