PERANCANGAN MEDIA PENGENALAN WARNA UNTUK ANAK USIA DINI

Yariska Hardiyanti(1*), Muhammad Saleh Husain(2), Nurabdiansyah Nurabdiansyah(3),

(1) Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni dan Desain UNM
(2) Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar
(3) Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni dan Desain UNM
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/i.v2i2.9553

Abstract


Perancangan ini bertujuan membuat media pembelajaran untuk anak usia dini dengan memperkenalkan beberapa warna untuk anak dengan menggunakan permainan rubik sebagai media utama. Data didapat dari wawancara pada salah satu guru PAUD dan observasi langsung di sekolah PAUD SPAS desa Parigi. Perancangan yakni, memilih ide, konsep, tema, pemetaan gagasan, membuat sketsa, merancang digitalisasi dengan vector, coloring, tipografi, hingga final desain. Hasil perancangan secara keseluruhan menghasilkan sebuah permainan yang bisa digunakan untuk media pembelajaran. Media ini terdiri dari media utama yaitu rubik balok pocket (mini), dengan media pendukung berupa buku Quiz, stiker, kemasan, notebook, x-banner, dan gantungan kunci.


Keywords


Permainan; Rubik; Anak; Usia dini

Full Text:

PDF PDF

References


Azhar, Arsyad. 2011. Media Pembelajaran. PT Raja grafindo Persada, Jakarta.

Bandru, Zaman, dkk. 2009. Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Universitas terbuka.

Budiningsih, Asri. 2004. Belajar dan Pembelajar. Yogyakarta: Rineka Cipta.

C, Asri Budiningsih. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Darmaprawira, Sulasmi. 1989. Warna Sebagai Salah Satu Unsur Seni & Desain. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

-. 2002. Warna Teori dan Kreatifitas Penggunaannya. Bandung: Institut Teknologi Bandung.

D, Cambell. 1997. Mengembangkan Kreativitas. Yogyakarta: Kanisius.

David, Fred R. 2005. Menejemen Strategis Konsep. Jakarta: Salemba Empat.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tentang Sistem Pendidikan

Nasional. Bandung: Citra umbara. Depdiknas. 2005. Pedoman Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: depdiknas.

Depdiknas. 2007. Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Berbahasa di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Balai Pustaka.

Fudyartanta, Ki. 2011. Psikologi Umum I & II.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Hakim, Rustam & Hardi Utomo. 2003.

Arsitektur Landsehap. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasan, Maimunah. 2009. Pendidikan Anak Usia

Dini. Yogyakarta: Diva Press. Izzaty, Rita Eka, dkk. 2008. Pengembangan Peserta Didik. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

John, W Santrock. 2007. Perkembangan Anak. (ahli bahasa Mila Rachmawati& Anna

Kuswanti). Jakarta: Erlangga. Latif, Dkk. 2003. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Mansur. 2005. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Montolalu. 2005. Bermaindan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.

Mustofa, Yasin. 2007. EQ untuk Anak Usia Dini dalam Pendidikan Islam. Jakarta: Seketsa.

Pujiriyanto. 2005. Desain Grafis Komputer (Teori Desain Grafis Komputer). Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Rasyid, Harun, Mansyur, &Suratno. 2009. Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Said, Asis. 2014. Logo. Makassar: Badan Penerbit UNM Makassar.

Sanyoto, Sadjiman Ebdi. 2005. Dasar–Dasar Tata Rupa dan Desain. Yogyakarta: CV Arti Bumi Intaran.

Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta Press.

Sujiono, Yuliani Nurani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini.Jakarta: PT Indeks.

Suparno, Paul. 2001. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisius.

Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

-. 2012. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Suyanto, Slamet. 2005 (a). Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat.

Suryadi. 2010. Psikologi Belajar PAUD, Pedagogia. Jakarta.

Tedja saputra, Mayke S. 2005. Bermain, Mainan, dan Permainan. Jakarta: Grasindo.

Yudha, Saputra M & Rudyanto. 2005. Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Keterampilan Anak TK. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Nento, Serfi. 2013. Mengembangkan Kemandirian Anak melalui Bermain Balok di Kelompok Bermain Melati Desa Bulalo Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Tesis tidak diterbitkan. Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo.


Article Metrics

Abstract view : 2889 times | PDF view : 66 times PDF view : 157 times

Refbacks



Copyright (c) 2019 JURNAL IMAJINASI



Alamat Redaksi:
Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung
Jl. Daeng Tata Makassar 90224
E-mail: imajinasi@unm.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Imajinasi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Imajinasi indexed by