PENINGKATAN KUALITAS PRODUK LOKAL MELALUI STRATEGI PENELITIAN

Irfan Irfan(1*), Satriadi Satriadi(2), Nurul Fadhillah S(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/i.v7i2.56168

Abstract


Produk lokal dapat memiliki nilai kompetitif  jika dikembangkan dengan strategi yang tepat, oleh sebab itu, mencari strategi pengembangan produk lokal agar  kompetitif di pasar lokal dan global perlu terus dilakukan, khususnya melalui kegiatan penelitian. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi berbagai strategi pengembangangan produk yang telah dilakukan oleh perguruan tinggi khususnya Universitas Negeri Makassar melalui program penelitian, dari hasil identifikasi  tersebut diharapkan menemukan sebuah pola yang lebih baik dalam meningkatkan kualitas produk UMKM di Sulawesi Selatan. Metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data studi Pustaka dan studi  kasus pada beberapa hasil penelitian yang telah dipublikasikan dan fokusnya adalah mengembangkan produk lokal, setelah itu  analisis data menggunakan alur Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh peneliti dalam pengembangan produk lokal kebanyakan menggunakan strategi penelitian kualitatif yang dikombinasikan dengan beragam pendekatan dan Teknik pengumpulan data. Terdapat 8 penelitian yang menggunakan metode kualitatif yang dipadukan dengan pendekatan rekayasa, konservasi, focus group diskusi, eksperimen, standarisasi, pemodelan, dan studi kasus. Dua penelitian menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D). Fleksibilitas metode kualitatif untuk dipadukan berbagai pendekatan dan strategi pengembangan, menjadi alasan utama peneliti memilih metode ini. Strategi standarisasi, inventarisasi, diversivikasi, pengolahan bahan baku menjadi barang jadi, strategi proses kreatif, sampai strategi meniru dan strategi pemanfaatan sosial media.  Luaran yang dicapai dari penelitian ini adalah; konsep pengembangan produk lokal berbasis penelitian, artikel jurnal nasional, prosiding seminar nasional/internasional.


Keywords


pengembangan; produk; lokal; penelitian

Full Text:

PDF

References


Aisyah, St, Syarifah Suryana, Nurhijrah. 2022. Aplikasi Ragam Hias Balo Cabo Pada Perancangan Baju Bodo Modern Dengan Teknik Pattern Puzzle, Seminar Nasional Hasil Penelitian 2022 “Membangun Negeri dengan Inovasi tiada henti Melalui Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat” LP2M-Universitas Negeri Makassar h.967-989.

Abu, Asiani., dan Kurniati, 2022. Eksplorasi Motif Kain Sutra Bugis pada Pembuatan Busana Pesta dengan Teknik Lekapan Kain, Seminar Nasional Hasil Penelitian 2022 “Membangun Negeri dengan Inovasi tiada henti Melalui Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat” LP2M-Universitas Negeri Makassar. h. 1298-1305.

Abidah, A. Muh. Idil Maming, Andi Yusdy Dwiasta. 2022. Pengembangan Pariwisata pada Kawasan Saoraja Pattojo. Seminar Nasional Hasil Penelitian 2022 “Membangun Negeri dengan Inovasi tiada henti Melalui Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat” LP2M-Universitas Negeri Makassar h. 576-579.

Ahmad A.A., Baso Indra Wijaya. 2022. Perancangan Aksara Lontara Untuk Transliterasi Ejaan Van Ophuisjen (Ejaan Lama Bahasa Indonesia). Seminar Nasional Hasil Penelitian 2022 “Membangun Negeri dengan Inovasi tiada henti Melalui Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat” LP2M-Universitas Negeri Makassar H.654-663.

A

hmad Muhlis Nuryadi, Hartati, La Ode Ali Musa. 2019. Potensi Pengembangan Agroindustri Rumput Laut di Provinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia, (Fak Pertanian Unismuh Kendari). Prosiding Seminar Nasional LP2M UNM tahun 2019 “ Peran Penelitian dalam menunjang Percepatan Pembangunan berkelanjutan di Indonesia” (812-816).

Alimuddin. 2019. Pengembangan Desain Ornamen Berbasis Kearifan Lokal Pada Elemen Estetis Eksterior Masjid Imaduddin Tancung Kabupaten Wajo, FSD UNM. Prosiding Seminar Nasional LP2M UNM tahun 2019 “ Peran Penelitian dalam menunjang Percepatan Pembangunan berkelanjutan di Indonesia” (881-886)

Departemen Perdagangan Ri. 2008. Pengembangan Industri Kreatif Menuju Visi Ekonomi Kreatif Indonesia 2025, Rencana Pengembangan 14 Subsektor Industri Kreatif Indonesia 2009-2015, Jakarta, Departemen Perdagangan RI.

Etzkowitz, H., and Leydesdorff, L. 2000. “The Dynamics of Innovation: From National System and ‘Mode2’ to Triple Helix of University-Industry-Government Relation”, Research Policy Vol 29 No. 2, 109-123.

Irfan. 2018. “Keramik Takalar, Kesinambungan, Perubahan, dan Model Pengembangannya”, Disertasi Doktor Bidang Pengkajian Seni Rupa Pascasarjana Institut Seni Indonesia Surakarta.

Kadiman, Kusmayanto, 2006. “Shaping ABG Innovation: Some Management Issues”. Presentasi pada Penutupan MRC Doctoral Jorney Management Pertama. Jakarta: MRC FEUI Meeting.

Karta Jayadi, Abdul Aziz Said, Dian Cahyadi. 2019. Strategi Diversifikasi Produk Turunan Tenun Sutera Wajo. (FSD-UNM) Prosiding Seminar Nasional LP2M UNM tahun 2019 “ Peran Penelitian dalam menunjang Percepatan Pembangunan berkelanjutan di Indonesia” (414-421).

Miles, M.B. dan Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif, (Penerjemah: Tjetjep Rohendi Rohidi), Jakarta: (UI-PRESS).

Misita Anwar, Yasser A jawad, Ridwansyah. 2019. Strategi TIK Pada Pengusaha Mikro, , (FT UNM). Prosiding Seminar Nasional LP2M UNM tahun 2019 “ Peran Penelitian dalam menunjang Percepatan Pembangunan berkelanjutan di Indonesia” (941-947).

Murniati, Dwi Eka. 2009 “Peran Perguruan Tinggi Dalam Triple Helix Sebagai Upaya Pengembangan Industri Kreatif, Seminar Nasional Peran Pendidikan Kejuruan dalam Pengembangan Industri Kreatif, FT UNY 21 November 2009.

Nahriana dan Sukarsih A Pangki, 2019. Invetarisasi dan Standarisasi Resep Kue Tradisional Makassar Berbahan Dasar Tepung dan Beras. (FT-UNM). Prosiding Seminar Nasional LP2M UNM tahun 2019 “ Peran Penelitian dalam menunjang Percepatan Pembangunan berkelanjutan di Indonesia” (477-481).

Nuraini dan Rifzaldi Nasri. 2017. Strategi Pengembangan Industri Kreatif Dengan Pendekatan Triple Helix, Prosiding Seminar Nasional Riset Manajemen dan Bisnis 2017 “Perkembangan Konsep dan Riset E-Business di Indonesia, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Jakarta, 2017, 867-877.

Sutopo, H.B., 2006, Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Sulastri R.E. dan Dilastri, N. 2015. “Peran Pemerintah dan Akademisi dalam Memajukan Industri Kreatif Pada UKM Kerajinan Sulaman di Kota Pariaman”, Proceeding Seminar Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntansi (SNEMA) Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang.

Wahyudi, Novita Yogi, Donny Aristoe. 2022. Pembuatan Noken Serat Daun Nanas (Ananas sp) Oleh Suku Mee di Kali Harapan Nabire Papua. Jurnal Imajinasi Volume 6 Nomor 1. Januari Juni.


Article Metrics

Abstract view : 38 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JURNAL IMAJINASI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi:
Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung
Jl. Daeng Tata Makassar 90224
E-mail: imajinasi@unm.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Imajinasi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Imajinasi indexed by