IDENTITAS LOKAL PADA DESAIN GRAFIS SUVENIR T-SHIRT DI KOTA MAKASSAR

Sukarman B(1*), Andi Baetal Mukaddas(2), Harmin Hatta(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/i.v7i2.56166

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi jenis identitas lokal yang terpresentasi pada desain grafis suvenir t-shirt di Kota Makassar. Penelitian dilaksanakan dengan metode survei dan dokumentasi. Data yang diperoleh berupa data visual grafis suvenir t-shirt di Kota Makassar yang diambil dari spot-spot penjualan suvenir serta clothing store yang menjual t-shirt berdesain grafis khas regional Makassar. Data diolah, dianilisis, dan dideskripsikan secara kualitatif. Penelitian ini bermanfaat sebagai informasi ilmiah tentang jenis identitas lokal yang terpresentasikan pada desain grafis suvenir t-shirt di Kota Makassar yang  referensi bagi kajian-kajian yang relevan sekaligus dapat menstimulasi dilakukannya kajian-kajian atau pengembangan desain grafis yang merepresentasikan identitas lokal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara garis besar teridentifikasi atas identitas lokal yang terpresentasi pada desain grafis suvenir t-shirt di Kota Makassar terdiri atas kategori aspek fisik seperti tempat dan bangunan, aspek sosial-budaya, dan aspek sejarah, dengan berbagai jenis objek yang tercakup di dalamnya.


Keywords


Identitas Lokal; Desain Grafis; Suvenir T-Shirt

Full Text:

PDF

References


Ajeng, Kenida. Setiyaning. and Prihadi Nugroho. (2017). The Role of Batik and Lurik in Forming Local Identity in Klaten Regency Based on Public Perception. Journal of Regional and City Planning vol. 28, no. 1, pp. 32-51, April 2017 DOI: 10.5614/jrcp.2017.28.1.3

Aleshawie, Wasmeh M. (2019). Cultural Identity in Graphic Design. American International Journal of Contemporary Research Vol. 9, No. 4, December 2019.

Amundsen, A.B. (2001). Articulations of Identity: A Methodological Essay and a Report on Askim and Tidaholm. NoordXXI Report no. 19. http://www.noordxxi.nl/. Online, 22 Februari 2023

Castells, M. (2004). The Power of Identity. United Kingdom: Blackwell Publishing Ltd.

Chufan, Zhang. (2016). The Importance of Visual Identity Graphic Design in Cities. 2nd International Conference on Social Science and Technology Education (ICSSTE 2016).

Danesi, Marcel. (2010). Pengantar Memahami Semiotika Media. Yogyakarta: Jalasutra.

Hall, Stuart. (1997). Representation: Cultural Representation and Signifying Practises. London: Sage.

Hartley, John. (2010). Communication, Curtural& Media Studies: Konsep Kunci. Yogyakarta: Jalasutra

Ilmi, A. F. (2021). Memory Making: H. M. Soeharto dalam Monumen Mandala Pembebasan Irian Barat Di Makassar. Makassar: WALASUJI Volume 12, No. 1, Juni 2021.

Lestari, Forina. Melasutra MD Dali. Norbani Che-Ha. (2020). Local Identity Consideration In Maintainingplace Branding Sustainability (The Case Of Indonesia). ournal of Tourism, Hospitality and Environment Management (JTHEM)Volume 5 Issue 19 (June 2020).

Murniah, D. (2016). Ayam Jantan dari Timur. Rawamangun Jakarta Timur: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Oktay, D. (2005). How can urban context maintain urban identity and sustainability?: Evaluations of Taormina (Sicily) and Kyrenia (North Cyprus). the Intenational Conference for Integrating Urban Knowledge and Pactice. Gothenburg, Sweden.

Pratiwi, Wiwik Dwi. Bramanti. Samsirina. (2020). Creative Planning in Place Identity, Local Distinctiveness, and Social Media Users:Cultural Tourism Destination of Setu Babakan, Jakarta. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 602. Published by Atlantis Press SARL.

Proje, Jana Vilman & Matejka Bizjak. (2018). Model for Designing Affiliated Clothes with Local Identity. https://www.researchgate.net/ publication/ 326018508. Online, 20 Februari 2023.

Rahardjo, S. T., & Hayuningsih, L. W. (2018). Tinjauan Tiga Desain Kaus Khas Tegal. Semarang: ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia.

Sattayanuchit, W. (2020). The Concept of Using the Local Identity for Tourism Promotion in Nakhon Ratchasima Province (Khorat), Thailand. Thailand: The 2 nd China-ASEAN International Conference 2020 The 2 nd International Conference on Tourism, Business, & Social Sciences 2020 Insight to China and ASEAN’s Wellness, Tourism, & Innovation https://www.dpu.ac.th/caiconf2020/ .

Shao, Y., Lange, E., Thwaites, K. (2017). Defining Local Identity. Landscape Architecture Frontiers, 5 (2). pp. 24-41. ISSN 2096-336X

Shao, Yuhan. (2014). Local Identity Identification & Assessment (TheTheory, Methodology and Practice of Discovering Local Identity in Yantai, China). A Thesis for the Degree of Doctor of Philosophy August 2014. Department of Landscape University of Sheffield United Kingdom.

Surjana, O. (2017). Implementasi Kebijakan Publik dalam Pembangunan Ruang Publik Pantai Losari Kota Makassar. Bandung: Jurnal Rekayasa Hijau, No.1, Volume 1.

Tamrin. (2015). Perluasan Makna Kata Sapaan Daeng dalam Bahasa Makassar. Bangka Blitung: Jurnal Sirok Bastra, Volume 3 Nomor 1 Edisi Juni 2015.


Article Metrics

Abstract view : 61 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JURNAL IMAJINASI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi:
Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung
Jl. Daeng Tata Makassar 90224
E-mail: imajinasi@unm.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Imajinasi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Imajinasi indexed by