PERTUNJUKAN TARI PATTUDU TOMMUANE PADA SUKU MANDAR SEBAGAI PRESERVASI BUDAYA SULAWESI BARAT

Heriyati Yatim(1), Syakhruni Syakhruni(2), Nurachmy Sahnir(3*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/i.v7i2.53707

Abstract


Pertunjukan Tari Pattudu Tommuane di Kabupaten Majene Sulawesi Barat, bertujuan sebagai upaya untuk pendokumentasian, dan usaha untuk menemukan adanya bentuk pertunjukan tari Pattudu Tommuane merupakan  tari tradisi daerah Mandar Kabupaten Majene yang ditampilkan pada upacara penyambutan tamu dan upacara adat lainnya. Tari Pattudu Tommuane tumbuh dan berkembang menjadi satu tarian tontonan yang dipertunjukan kepada masyarakat disetiap acara, baik acara penyambutan maupun acara lainnya. Masalah penelitian dirumuskan: Bagaimana latar belakang keberadaan Tari Pattudu Tommuane dan bagaimana bentuk penyajiannya di Majene Sulawesi Barat. Pendekatan penelitian adalah kualitatif deskriptif dengan tehnik pengumpulan data, studi Pustaka, observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dari pakar tari, budayawan dan sanggar tari. Hasil penelitian dapat disimpulkan bawa, tari Pattudu Tommuane  lahir pada waktu terjadi peperangan antara kerajaan Passokoran dan kerajaan Balanipa dan dinyatakan menang dalam peperangan, maka diadakanlah pertunjukan  tari ini untuk menyambut kemenangan dalam perang. Pada tahun 1980 an oleh almarhum Bapak Muh Asin telah mengembangkan tarian ini, baik dari segi gerak, pola lantai, kostum, jumlah penari maupun musik. Karakter yang dimiliki dalam tarian tersebut menggambarkan gerak gerak keperkasaan seperti perkelahian, menyerang dan saling beradu antara satu dan lainnya. Bentuk penyajian tari Pattudu Tommuane di Majene Sulawesi Barat mempunyai empat bentuk ragam gerak, yang dilakukan secara berulang-ulang dengan formasi berbaris sejajar, melingkar, berpasangan, diiringi oleh beberapa jenis alat musik yaitu gendang dan gong, busana yang digunakan celana tiga perempat, memakai baju rompi, menggunakan penutup kepala dan beberapa perhiasan kalung.


Keywords


Tari Pattudu Tommuane, Bentuk Penyajian, Tari Tradisional

Full Text:

PDF

References


Ahmad Asdy. 2019. Mengenal Pattudu Tradisional Mandar. Yayasan Maha Putra Mandar

Asin, M. 2005. "Menari untuk Mewariskan: Peran Tari Pattudu Tommuane dalam Pemeliharaan Budaya Sulawesi Barat." Jurnal Budaya Lokal, 10(2), 123-145.

Harli, Sundari. 2013. Makna Simbolis Tari Pattuduq Tommuane di Kecamatan Pamboang, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat (Skripsi). Universitas Negeri Makassar: Makassar.

Hidayat, Robby. 2011. Koreografi & Kreativitas Pengetahuan dan Petunjuk Praktikum Koreografi. Yogyakarta.

Jazuli, 2016. Paradigma Pendidikan Seni edisi 2. Sukoharjo, CV Farishma Indonesia

Jazuli. 2022. Dialektika Seni, Kekuasaan, dan Pendidikan. Semarang. Cipta Prima Nusantara.

Jazuli. 2016. Peta Dunia Seni Tari. UNNES, Sendratasik Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang, Sukoharjo, CV Farishma Indonesia

Murgiyanto, 1996. Seni Pertunjukan Indonesia. Yogyakarta: Masyrakat Seni Pertunjukan Indonesia Bekerja sama dengan Yayasan Bentang Budaya.

Non Dwishiera cahya Anasta. Dyah Kusumawardani Wijaya. 2021.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Tehnologi Republik Indonesia. Buku Panduan Guru Seni Tari Untuk SMP kelas VII. Jakarta. Pusat Kurikulum dan perbukuan badan penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Tehnologi

Suharsini Arikunto. 1996. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta. Rineka Cipta.

Soedarsono, 1978. Pengantar dan pengetahuan Komposisi tari. Yogyakarta, Akademi Seni Tari Indonesia Tari, A., et al. (2018). Tradisi Tari Sulawesi Barat. Penerbit Budaya Makassar.

Purnama, S. 2016. Seni Pertunjukan dan Pelestarian Budaya di Sulawesi Barat. Pustaka Budaya Sulawesi.

Undang-Undang Dasar Republik Indonesia. 2017. Nomor 5 tentang Pemajuan Kebudayaan.


Article Metrics

Abstract view : 88 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JURNAL IMAJINASI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi:
Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung
Jl. Daeng Tata Makassar 90224
E-mail: imajinasi@unm.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Imajinasi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Imajinasi indexed by