“SISTEM DARING” TRADISI BARU DALAM PEMBELAJARAN SENI RUPA POST-PANDEMI COVID-19

Sukarman B(1*), Satriadi Satriadi(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/i.v7i1.46636

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengungkapkan penggunaan sistem daring dalam pembelajaran seni rupa sebagai sebuah tradisi baru, terutama di Indonesia. Pandemi Covid-19 memaksa sistem pembelajaran luring untuk bergeser ke sistem pembelajaran daring. Berbagai aplikasi ditawarkan untuk memfasilitasi pembelajaran daring. Pembelajaran seni rupa dengan berbagai kompetensi dan bentuk kegiatannya pun harus pula dilaksanakan secara daring. Kebiasaan melaksanakan pembelajaran seni rupa secara daring yang dikondisikan oleh pandemi Covid-19 ternyata terus berlanjut meski pembelajaran secara tatap muka langsung di kelas (luring) tidak lagi dibatasi. Kegiatan pembelajaran seni rupa mulai dari yang bersifat konseptual, praktik berkarya dan berapresiasi, hingga pameran karya semuanya dikondisikan agar dapat dan tetap efektif dilaksanakan secara daring. Akhirnya, sistem daring pada Post-Pandemi Covid-19 menjadi tradisi baru dalam pembelajaran seni rupa.


Keywords


: Sistem Daring, Pembelajaran Seni Rupa; Post-Pandemi; Covid-19

Full Text:

PDF

References


Astini, N. K. S. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. JURNAL LAMPUHYANG, 11(2), 13–25.

Desindy Karunia Putri, D. (2022). Sosialisasi Kebiasaan Baru ( New Normal) Di Sdn Wudi Sambeng. ABADI: JURNAL AHMAD DAHLAN MENGABDI, 1(1 Maret 2022), 1–6.

Masyarakat, J. P., Siagian, Y., Putra, G. M., & Syah, A. Z. (2022). Pemanfaatan Zoom Meeting Sebagai Solusi Pembelajaran Interaktif Di Masa Pandemi. ZADAMA JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 1(1), 69–75.

Lisman, Fenda dkk. Kelebihan dan Kekurangan Sistem Pembelajaran Daring dari Perspektif Guru dan Siswa di SMK Negeri 2 Payakumbuh. Junal VOMEK Vol.3, No.1, Februari 2021e-ISSN: 2656-1697.

Prastanti, P., Kusuma, A. B., & Purwokerto, U. M. (2021). Aplikasi Pendukung Pembelajaran Matematika Pada Masa Covid-19. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(2), 170–188.

Pinandita, Nofrizaldi, Shabiriani. (2021). Virtual Exhibition Room in the Pandemic Era. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal) Volume 4, No 3, August 2021, Page: 5331-5338e-ISSN: 2615-3076 (Online), p-ISSN: 2615-1715 (Print)

Romando, F. S. (2022). Bela Negara Masyarakat Melalui Social Distancing Saat Pandemi Covid-19. SOCIOLOGIE: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Sosiologi, 1(1), 54–67.

Sabol, F. Robert. Art education during the COVID-19 pandemic: the journey across a changing landscape. Juournal: Arts Education Policy Review, Volume 123, 2022 - Issue 3: COVID-19, policy, and P-12 school arts programs.

Saromines & Leong. (2002). The "Art" of Online Learning: Teaching Visual Art Virtually. http://www2.hawaii.edu/~peterleo/Electronic_Portfolio/Online VisualArt.pdf. (Online, 6 Agustus 2022)

Syarifudin, Albitar Septian. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal METALINGUA Volume 5 No. 1 .

Yasa, I Kadek Anggardana, Hardiman, Luh Suartini. (2022). Penggunaan Media Daringdalam Pembelajaran Seni Rupapada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Seni Rupa UndikshaVol. 12(1), pp.62-68.

https://jogjadisabilityarts.com/berita/detail/sembilan-karya-terpilih-pesta-gambar-anak-anak-tentang-pandemi-covid-19-20022021spuk. (Online, 6 Agustus 2022)

https://regional.kompas.com/read/2020/08/27/18271401/puluhan-lukisan-tentang-covid-19-karya-30-seniman-jatim-dipamerkan-di-jember. (Online, 6 Agustus 2022)

https://disbudpar.batam.go.id/2020/12/12/60-lukisan-bertema-covid-19-ditampilkan-di-kepri-mall/. (Online, 6 Agustus 2022)

https://www.youtube.com/watch?v=_eDx98TTJuY (Part 1)

https://www.youtube.com/watch?v=DwrFJsCOy-U (Part 2)


Article Metrics

Abstract view : 99 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JURNAL IMAJINASI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi:
Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung
Jl. Daeng Tata Makassar 90224
E-mail: imajinasi@unm.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Imajinasi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Imajinasi indexed by