REDESIGN RANCANGAN IDENTITAS VISUAL OLAHAN BANDENG LA PRIMARASA

Wafiyana Rosyidah(1*), Aileena Solicitor Costa Rica El Chidtian(2), Aditya Rahman Yani(3),

(1) Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
(2) Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
(3) Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/i.v8i1.45051

Abstract


La Primarasa merupakan salah satu UMKM yang memanfaatkan potensi perikanan untuk diolah menjadi produk olahan ikan bandeng. Namun karena lemahnya identitas visual dan branding visual yang digunakan oleh La Primarasa, masyarakat Lamongan kurang mengetahui keberadaan brand La Primarasa dari segi identitas visual. Identitas visual La Primarasa dirancang untuk meningkatkan brand awareness dan meningkatkan brand image melalui perancangan berbagai aspek visual branding yang lebih dikenal masyarakat Lamongan. Dalam perancangan ini menggunakan metode design thinking yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif yang menghasilkan suatu konsep desain dengan kata kunci “Oleh-Oleh Lamongan yang Praktis” sebagai acuan perancangan identitas visual. Perancangan ini menghasilkan logo yang cocok untuk brand La Primarasa dan diimplementasikan pada berbagai media branding yang dibutuhkan seperti media promosi, stasionary, dan merchandise. Hasil visual branding secara keseluruhan menunjukkan keaslian Lamongan dan La Primarasa diharapkan lebih mudah dikenal oleh masyarakat Lamongan secara luas.

 

La Primarasa is one of the MSMEs that utilizes fisheries potential to be processed into processed milkfish products. However, due to the weak visual identity and visual branding used by La Primarasa, Lamongan people are not aware of the existence of the La Primarasa brand in terms of visual identity. La Primarasa’s visual identity is designed to increase brand awareness and improve brand image throught designing various visual branding aspects that are better known by the people of Lamongan. In this design using the design thinking method obtained throught interviews, observation, and questionnaries. The analysis technique used is descriptive analysis technique which produces a design concept with the keyword “Practical Lamongan Souvenirs” as a reference for designing visual identities. This design produces a logo that is suitable for the La Primarasa brand and is implemented in various required branding media such as promotional media, stationary and merchandise. The results of the visual branding as a whole show the authenticity of Lamongan and it is hoped that La Primarasa will be more easily recognized by the people of Lamongan at large.


Keywords


Branding; Brand Awareness; Olahan Ikan Bandeng; Lamongan

Full Text:

PDF

References


Aaker, D. (1991). Managing Brand Equity.

Agustina, R., Dwanoko, Y. S., & Suprianto, D. (2021). Pelatihan Desain Logo Dan Kemasan Produk UMKM di Wilayah Sekarpuro Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Jurnal Aplikasi Dan Inovasi Ipteks “Soliditas” (J-Solid), 4(1), 69.

Arianty, N., & Andira, A. (2021). Pengaruh Brand Image Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Helm LTD (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara). Pendekatan. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 897.

Aulia, F., Afriwan, H., & Faisal, D. (2021). Konsistensi Logo Dalam Membangun Sistem Identitas. Gorga : Jurnal Seni Rupa, 10(2), 439.

El Chidtian, A. S. C. R., Saputro, K., Nabilah, B. E., Sakti, F. R., Bukamo, M., & Muhammad, S. E. (2021). Perancangan Branding Kabupaten Lamongan Sebagai Strategi Promosi Untuk Khalayak Umum. JADECS (Jurnal of Art, Design, Art Education & Cultural Studies), 5(2), 96–105.

Choirunnisa, A. (2020). Perancangan Corporate Identity Sebagai Media Promosi Koperasi Nusa Sejahtera. IKONIK : Jurnal Seni dan Desain, 2(1), 27.

Dahlan, A., Widyasari, W., & SCREC, A. (2022). Aplikasi Penjualan Produk Meubel Ukir UD. Barokah Meubel sebagai Sistem Penjualan Online. Jurnal Imajinasi, 6(1), 64.

Dinas Perikanan Lamongan. (2020). Profil perikanan pemerintah kabupaten lamongan, (02).

Hasugian, P. S. (2018). Perancangan Website Sebagai Media Promosi Dan Informasi. Journal Of Informatic Pelita Nusantara, 3(1), 82–86.

Keller, K. L., Prameswaran, A. M. ., & Jacob, I. (2015). Building, Measuring, and Managing Brand Equity Fourth Edition. Pearson India Education Services (Vol. 5).

Laksono, Y. T. A., & Islam, M. A. (2020). Penerapan Design Thinking Dengan Menggunakan Gaya Desain Monoline Pada Perancangan Logo D’Papo Surabaya. Jurnal Barik, 1(2), 261–274. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/

Luzar, M. L. C. (2011). View of Efek Warna dalam Dunia Desain dan Periklanan.pdf.

Matar, A. T., Anggraini, A., & Gunawan, C. (2022). Perancangan Logo Mataka, 1(2), 359–367.

Nisa, D. A., & Rohmatullah, M. A. (2022). Identitas Visual Melalui Desain Typeface Dalam Konteks Tanaman Herbal (Studi Kasus Di Kampung Herbal Nginden Surabaya). Prosding SNADES 2022, 148–154.

Oktaviani, F., Sariwaty, Y., Rahmawati, D., Nf, A. G., & N, D. R. (2018). Penguatan produk UMKM “ Calief ” melalui strategi branding komunikasi. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 348–354.

P, B. P. P., Nirwana, A., Ma, A., Visual, D. K., & Sains, F. (2022). Edukasi Kemasan Dan Perancangan Logo Serta Kemasan Kopi Produk Rtm Di Desa Kucur Dengan Metode Tempel Untuk Meningkatkan Brand Diversification Product, 7, 207–216.

Puspa Dewi, N. N., Bagus Udayana, A. . G., & Raka Swendra, C. G. (2022). Perancangan Font dan Desain Preview Font Two Hand di Alit Desain Studio. Working Paper. Retrieved from http://repo.isi-dps.ac.id/id/eprint/4796

Razi, A. A., Mutiaz, I. R., & Setiawan, P. (2018). Penerapan Metode Design Thinking Pada Model Perancangan Ui/Ux Aplikasi Penanganan Laporan Kehilangan Dan Temuan Barang Tercecer. Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain dan Periklanan (Demandia), 3(02), 219.

Suryanto, T. L. M., Wibowo, N. C., & Masnuna, M. (2021). Desain Logo sebagai Identitas Visual Aplikasi Jelajah Kampus Virtual (Jejakatua) UPN Veteran Jawa Timur. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 7(2), 240–255.

Wheeler, A. (2018). Designing Brand Identity. News.Ge.


Article Metrics

Abstract view : 13 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JURNAL IMAJINASI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Editorial Address:
Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung
Jl. Daeng Tata Makassar 90224
E-mail: [email protected]

Creative Commons License
Jurnal Imajinasi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Imajinasi indexed by