PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL RUMAH BATIK SEKAR ARUM DI MOJOKERTO

Rindy Nur Fadilah(1*), Aileena Solicitor Costa Rica El Chidtian(2), Aditya Rahman Yani(3),

(1) Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
(2) Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
(3) Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/i.v7i1.45028

Abstract


Mojokerto merupakan salah satu kota penghasil kerajinan batik yang ada di Jawa Timur. Batik Mojokerto memiliki keunikan pada motifnya yang berasal dari peninggalan Kerajaan Majapahit. Namun bila dibandingkan dengan batik daerah lain, batik Mojokerto masih kalah populer dari batik daerah lain di Jawa Timur. Hal ini disebabkan oleh banyaknya rumah produksi batik yang masih kurang menyadari pentingnya membranding dan membangun citra merek mereka. Salah satunya adalah rumah produksi batik Sekar Arum. Terdapat banyak faktor kendala yang dialami oleh Sekar Arum dalam proses membangun branding merek sehingga brand awareness mereka di masyarakat sangat kurang, seperti belum memiliki identitas visual yang berciri khas dan terkonsep. Perancangan ini mengunakan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan teknik data primer melalui wawancara, observasi, dan kuesioner, sedangkan data sekunder dari sumber jurnal, buku, artikel, dan website. Perancangan branding ini bertujuan untuk meningkatkan brand awareness melalui visual branding Sekar Arum yang konsisten dan berkarakteristik agar lebih dikenal oleh masyarakat luas dari berbagai daerah.


Keywords


Identitas visual; Brand Awareness; Mojokerto; Batik

Full Text:

PDF

References


Chariris, M. (2017). Nasib Batik Mojokerto, Kaya Motif, Miskin Branding | Radar Mojokerto. Diambil September 11, 2022, dari https://radarmojokerto.jawapos.com/mojokerto/03/10/2017/nasib-batik-mojokerto-kaya-motif-miskin-branding/

Dahlan, A., Widyasari, W., & SCREC, A. (2022). Aplikasi Penjualan Produk Meubel Ukir UD. Barokah Meubel sebagai Sistem Penjualan Online. JURNAL IMAJINASI, 6(1), 64–71. Diambil April 30, 2023, dari https://ojs.unm.ac.id/imajinasi/article/view/33002

Djayanti, A., & Aryo, B. W. (2014). REBRANDING KEBUN BINATANG SURABAYA. Bidang Studi Desain Komunikasi Visual. FTSP UPN “Veteran” Jatim.

Fariyanto, F., Suaidah, S., & Ulum, F. (2021). PERANCANGAN APLIKASI PEMILIHAN KEPALA DESA DENGAN METODE UX DESIGN THINKING (STUDI KASUS: KAMPUNG KURIPAN). Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, 2(2), 52–60.

Hafil Pratama, M., El Chidtian, A. S. C. R., & Romadhona, M. (2022). PERANCANGAN RE-BRANDING OIKIO SURABAYA. Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain, 7(2), 187–200. Universitas Trisakti. Diambil April 30, 2023, dari https://e-journal.trisakti.ac.id/index.php/seni/article/view/12475

KBBI. (2022). KBBI Daring. Diambil November 26, 2022, dari https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/batik

Keller, K. L., & Swaminathan, V. (2015). Strategic Brand Management Building, Measuring, and Managing Brand Equity (5th Edition) (5th ed.). New Jersey: Prentice Hall.

Kurniawan, Y. (2022). 10 Makna Warna Berdasarkan Psikologi dalam Desain. Diambil Mei 1, 2023, dari https://machung.ac.id/artikel-prodi-dkv/makna-10-warna-berdasarkan-pskologi-dalam-desain/#

Kusumawati, Y. A. (2018). Legibility dalam Tipografi. Diambil Mei 1, 2023, dari https://binus.ac.id/malang/2018/12/legibility-dalam-tipografi/

Murtono, T. (2014). PENGUATAN CITRA MEREK BATIK DENGAN TIPOGRAFI VERNACULAR. Acintya, 6(2). Diambil April 30, 2023, dari https://jurnal.isi-ska.ac.id/index.php/acintya/article/view/215

Ningsih, M., & Ramadhani, R. S. (2021). Pengembangan Motif Batik Etno Majaphit Pada Komunitas Pembatik Desa Lakardowo Kecamatan Jetis Kabupaten Mojokerto. Prapanca : Jurnal Abdimas, 1.

Pandjaitan, D. R. H. (2019). AN ANALYSIS OF BRAND AWARENESS INFLUENCE ON PURCHASE INTENTION IN BANDAR LAMPUNG CITYS ONLINE TRANPORTATION SERVICE (Study on Y Generation Consumers). Economics and Business Solutions Journal, 3(2), 1–14. Universitas Semarang. Diambil dari https://journals.usm.ac.id/index.php/ebsj/article/view/1578

Purba, R., Mashyta, S., & Ardiansyah, G. (2021). PERANCANGAN STRATEGI VISUAL KREATIF RE-BRANDING ROTI KETAWA. PROPORSI : Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif, 6(2), 135–144. University of Potensi Utama Medan. Diambil dari https://e-journal.potensi-utama.ac.id/ojs/index.php/PROPORSI/article/view/1313

Ramadayanti, F. (2019). Peran Brand Awereness terhadap Keputusan Pembelian Produk. Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis, 6(2), 111–116. University of Trunojoyo Madura. Diambil dari https://journal.trunojoyo.ac.id/jsmb/article/view/6690

Simran. (2019, November 23). Maroon Color Psychology And Personality Meaning. Diambil Mei 1, 2023, dari https://www.newsshare.in/maroon-color-psychology-and-personality-meaning-5727.html

Trixie, A. A. (2020). FILOSOFI MOTIF BATIK SEBAGAI IDENTITAS BANGSA INDONESIA. Surabaya: Fakultas Industri Kreatif, Universitas Ciputra.

Umma, Y. M. (2020). Perancangan Branding Rumah Batik Jawa Timur sebagai Upaya Meningkatkan Brand Awareness. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur, Surabaya.


Article Metrics

Abstract view : 74 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JURNAL IMAJINASI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi:
Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung
Jl. Daeng Tata Makassar 90224
E-mail: imajinasi@unm.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Imajinasi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Imajinasi indexed by