KARAKTER ANTROPOMORFIK SENYAWA SEBAGAI MEDIA EDUKASI TEORI DASAR ASAM BASA
(1) Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
(2) Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
(3) Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/i.v6i2.38401
Abstract
Pendidikan adalah hal yang penting dalam kehidupan manusia. Teori dasar asam basa adalah salah satu materi yang penting dalam Pendidikan jenjang SMA jurusan IPA, untuk itu, diperlukan inovasi pembelajaran efektif tentang teori dasar asam basa berupa animasi 2D. Perancangan ini bertujuan untuk memperlihatkan proses kreatif dalam pembuatan karakter antropomorfik dari senyawa pada animasi teori dasar asam basa. Perancangan karakter antropomorfik ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk menganalisa data kualitatif dan kuantitatif berupa wawancara, kuesioner dan observasi yang dilanjutkan dengan metode produksi tekstual sebagai dasar konsep desain karakter berdasarkan data tersebut. Melalui metode tersebut dihasilkan konsep cerita fiktif berdasarkan teori dasar asam basa yang mendasari konsep karakter. Perancangan karakter antropomorfik pada animasi ini dibuat sebagai inovasi baru dalam menyampaikan materi teori dasar asam basa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anikina, O. V., & Yakimenko, E. V. (2015). Edutainment as a Modern Technology of Education.
Procedia and Behavioral Sciences 166: 475-479.
Arikunto, S. (1997). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Chandrasegaran, A. L., Treagust, D. F., & Mocerino, M. (2007). The development of a two-tier multiple-choice diagnostic instrument for evaluating secondary school students’ ability to describe and explain chemical reactions using multiple levels of representation. Chemistry Education Research and Practice, 8(3), 293-307.
Chang R., (2010). Chemistry, 10th Edition,
McGraw-Hill Companies inc 1221
Avenue of The Americas, NY.
Christ, T., Arya, P., & Chiu, M. M. (2017).
Video use in teacher education: An
international survey of practices.
Teaching and Teacher Education, 63,
–35.
https://doi.org/10.1016/j.tate.2016.12.005
Color Psychology. (2021). Color Psychology: The Psychology of Colors and Their Meanings. https://www.colorpsychology.org/
Daymon, C., & Holloway, I. (2011). Qualitative Research Methods in Public Relations and Marketing Communications(2nd ed.). Taylor & Francis. https://books.google.co.id/books?id=GDuCAgAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=inauthor:%22Christine+Daymon%22&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwiy1IzKwfPtAhXd6nMBHcZoClAQ6AEwAHoECAIQAg#v=onepage&q&f=false
Editor Ensiklopedia Britannica. (2022). pH | Definition, Uses, & Facts – Britannica. https://www.britannica.com/science/pH
Ghani, Maulia Indriana. 2021. Ikatan Kovalen, Mengenal Jenis-jenis dan Contohnya. https://www.zenius.net/blog/mengenal-jenis-ikatan-kovalen
Haerullah, H., & Elihami, E. (2020). Dimensi Perkembangan Pendidikan Formal dan Non Formal. Jurnal edukasi nonformal, 1(1), 199-207.
Ida, Rachma. 2014. Studi Media dan Kajian Budaya. Jakarta: Prenada Media Group
Jamian, A. R., Othman, S., & Hashim, H. (2012). Persepsi Guru terhadap Penggunaan Kartun dalam Transformasi Pengajaran Penulisan Karangan Bahasa Melayu. Jurnal Pendidikan Bahasa Melayu, 2(1), 129-140.
Kassymova, G. K., Yurkova, M. G., Zhdanko, T. A., Gerasimova, J. R., Kravtsov, A. Y., Egorova, J. V., ... & Larionova, L. A. (2019). Personal self-development in the context of global education: the transformation of values and identity. Научный журнал «Вестник НАН РК», (6), 195-207.
Lestari, Yuni Hana (2021). PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LINGUSTIK VERBAL ANAK USIA 4-5 TAHUN. Masters thesis, UIN FAS Bengkulu.
Ningsih, T., Ma’rufah, D. W., Hermawan, R., Sholehuddin, M. S., & Fatimah, S. (2021). Shaping Students’ Character through Edutainment Strategies. Journal of Educational and Social Research, 11(6), 173-173.
Nurkancana, W., & Sumartana, P. P. N. (1986). Evaluasi pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Putra. G. L. A. K., & Yasa, G. P. P. A. (2020). Estetika Karakter Animasi Pada Media Komunikasi Sosial Dengan Kategori Audience Remaja. Jurnal Bahasa Rupa, 4(1), 10-16.
Sandberg, K. W., & Ohman, G. (2011).
Learning in innovation development.
Procedia - Social and Behavioral
Sciences, 28, 379–383
Saripudin, A., & Isnaeni, Y. F. (2018). Strategi edutainment dalam pembelajaran di PAUD (Studi Kasus pada TK di Kota Cirebon). AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 4(1). www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/awlady.
Sugiyono, P. D. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif,dan R&D. In Alfabeta, cv.(2nd ed.). CV. Alfabeta.
UNKRIS (2020). Antropomorfisme. Pusat Ilmu Pengetahuan Universitas Krisnadwipayana. Retrieved October 13, 2022, from http://p2k.unkris.ac.id/id3/2-3065-2962/Perumpamaan_21876_p2k-unkris.html
Wiyati, Arni. (2020). Modul Pembelajaran Kimia SMA Kelas XI: Larutan Asam Basa. Surabaya: Direktorat SMA, Direktorat Jender
Yustiadi, Febryan. (2016). Identifikasi Pemahaman Konsep Materi Asam Basa pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 4 Malang. Skripsi. Malang: Universitas Negeri Malang
Zorica, M. B. 2014. Edutainment at the Higher Education as an Element for the Learning Success. Proceedings of EDULEARN14 Conference, Barcelona, Spain.
Article Metrics
Abstract view : 199 times | PDF view : 4 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JURNAL IMAJINASI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Alamat Redaksi:
Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung
Jl. Daeng Tata Makassar 90224
E-mail: imajinasi@unm.ac.id
Jurnal Imajinasi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Imajinasi indexed by