BOARD GAME KARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA UNTUK ANAK USIA 6-8 TAHUN

Amaliya Nur Hanani Putri Kinasih(1*), Masnuna Masnuna(2), Aditya Rahman Yani(3),

(1) Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
(2) Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
(3) Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/i.v6i2.38328

Abstract


Penerapan pemikiran kritis dan kreatif sejak jenjang sekolah dasar, sangat penting dilakukan, mengingat kedua profil karakter tersebut diatas sangat dibutuhkan dalam mewujudkan sumber daya manusia yang siap menghadapi tantangan di era abad ke-21, dengan mengikuti perkembangan era globalisasi dan informasi demi menghadapi era Masyarakat Ekonomi Asia (MEA). Hal-hal ini lah yang belum terbayang oleh kebanyakan peserta didik, Oleh karena itu dibutuhkan pendekatan pembelajaran yang mendorong siswa untuk terbiasa berpikir kritis dan kreatif mulai sejak dini. Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah perancangan board game bahan ajar untuk melatih kemampuan berpikir kritis dan kreatif anak usia 6-8 tahun. Jenis penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif data wawancara dan observasi pada tenaga pengajar di Sekolah Dasar yang berlokasi di Surabaya, dan dijadikan sebagai data primer penelitian yang kemudian digunakan sebagai landasan perancangan. Dari hasil dari wawancara mendalam dan obsrvasi, disimpulkan bahwa sekolah-sekolah masih kurang mengenal fasilitas alternative pembelajaran untuk anak, sehingga dibutuhkan lebih banyak referensi tentang alternatif bahan ajar. Selain itu, masih ada siswa/i sekolah dasar awal masih kesulitan mempelajari calistung, sehingga dibutuhkan media pembelajaran menyenangkan yang interaktif sekaligus edukatif untuk meningkatkan semangat belajar anak.


Keywords


boardgame; kritis; kreatif

Full Text:

PDF

References


Anindya, F. N. (2018). Buku ilustrasi Mengenai Helicopter Parenting Untuk Ibu Rumah Tangga. e-proceeding of Art & Design Vol. 5, 1445.

Fadhly, A. R. (2018). Perancangan Board Game MengeNalkan Manfaat Mengkonsumsi sayur. Surabaya.

Ferdianto, I. (2019). Perancangan Aset Boardgame "Aftershock" Mechanimotion Entertainment. Surabaya.

Fitriana, N. (2021, Juni 12). Pikiranrakyatbogor.com. Retrieved September 21, 2021, from bogor.pikiran-rakyat.com: https://bogor.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-082068148/profil-pelajar-pancasila-pengertian-hingga-6-ciri-karakter-utama-menurut-kemendikbud

Fonthiciaro, K. (2017). Designing Board Games. Amerika: Cherry Lake Publishing.

Hijriati, P. R. (2020). Proses Belajar Anak Usia 0-12 Tahun Berdasarkan Karakteristik Perkembangannya. Jurnal Ilmiah “ pendidikan dasar”. Vol. VII. No. 1 2020, 144.

Jessica. (2018, Februari 22). Bunda, Berikut Manfaat Anak Belajar di Alam Terbuka yang Perlu Anda Ketahui. Retrieved Desember 27, 2021, from EduCenter: https://www.educenter.id/manfaat-anak-belajar-di-alam-terbuka/

Karima, S. A. (2021). Perancangan Board Game Edukasi Perkembangan Kognitif Anak. Surabaya: Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur.

Kurniawan, R. (2021). Perancangan board game sebagai media penunjang untuk meningkatkan minat kegiatan ekstrakulikuler pramuka penggalang siswa sekolah dasar. Jurnal DESAIN, 132-146.

Oematan, V. N. (2020). Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila Melalui Media Board Game Untuk Anak Usia 6-8 Tahun. 2.

Purwanti, F. Z. (2019). PErancangan Visual Drawing Environmental Animasi Epic. Surabaya: tidak terbit.

Rahma, F. I. (2019). Media Pembelajaran (kajian terhadap langkah-langkah pemilihan media dan implementasinya dalam pembelajaran bagi anak sekolah dasar). PANCAWAHANA: Jurnal Studi Islam Vol.14 No.2, 87.

Setyowati, R. (2017). PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA KELAS 4 SD MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL). ESJ Vol.7 No.2, 294.

Susilo, N. H. (2019). Penerapan PErmainan What's In Here Berbasis Model TGT untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 127.

Tinarbuko, S. (2015). DEKAVE:Desain Komunikasi Visual Penanda Zaman Masyarakat Global. Yogyakarta: CAPS.

vagansza. (2020, 01 16). Alasan Utama Mengapa Board Game Cocok Dijadikan Media Pembelajaran. Retrieved from boardgame: https://boardgame.id/alasan-board-game-media-pembelajaran/

Wijayanti. (2021). kreativitas guru dalam mengembangkan minat belajr siswa pada pembelajaran tematik kelas 01 di SDN 02 Tonatan Ponorogo. skripsi, 06.

Wulandari, N. (2019). Perancangan Board Game Go Green. Surabaya.

Zakiyah, N. (2019). Perancangan Feed instagram Yayasan Peduli Kasih Anak Berkebutuhan Khusus. Surabaya: tidak terbit.


Article Metrics

Abstract view : 284 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL IMAJINASI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi:
Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung
Jl. Daeng Tata Makassar 90224
E-mail: imajinasi@unm.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Imajinasi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Imajinasi indexed by