Aplikasi Penjualan Produk Meubel Ukir UD. Barokah Meubel sebagai Sistem Penjualan Online

Ahmad Dahlan(1*), Widyasari Widyasari(2), Aileena SCREC(3),

(1) Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
(2) Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
(3) Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/i.v6i1.33002

Abstract


Warisan budaya pada setiap daerah akan memiliki focus tersendiri dalam perubahan global yang terjadi. Budaya dipaksa beradaptasi agar tetap mempunyai eksistensi serta masih bisa di lestarikan keberdaannya. Sudah banyak usaha yang dilakukan masyarakat untuk melestarikannya dengan memadupadankan bidang budaya dan bidang ekonomi. Sentra ukir desa Karduluk sudah berdiri sejak zaman kerajaan majapahit. Kesenian ukir yang ada di karduluk dilestarikan secara turun temurun. Serta menyisipkan kesenian ukir pada kebutuhan sekunder, seperti Kursi, meja, lemari dll. Kerajinan seni ukir di desa karduluk mampu menjadi sumber pendapatan masyarakat setempat. UD Barokah Meubel salah satunya, usaha yang telah berdiri sejak tahun 80an, mampu bertahan sampai saat ini. Mampu bertahan di masa sekarang merupakan tantangan yang besar diperlukan inovasi. Aplikasi merupakan media yang massif digunakan masyarkat luas sebagai media jual beli yang efektif dan efisien

Keywords


Budaya; Jual Beli; Aplikasi; Meubel; Ukiran

Full Text:

PDF

References


Achjari, D. (2000). Potensi Manfaat dan Problem di E-Commerce. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, 388-395.

Ambrose, G. (2006). The Fundamentals of Typography. London: Bloomsbury Publishing.

Antara, M., & Vairagya, M. (2018). Keragaman Budaya Indonesia Sumber Inspirasi Inovasi. Seminar Nasional Desain Dan Arsitektur (SENADA), 1–24. https://simdos.unud.ac.id/uploads/file_penelitian_1_dir/db7cc0c7f6477f8e3a4b9e813a75a1a2.pdf

Bahtiar, R. A. (2020). Potensi, Peran Pemerintah, dan Tantangan Dalam Pengembangan E-Commerce di Indonesia. Journal Ekonomi & Kebijakan Publik, 13-25.

Budiarto, G. (2020). Analisa dan Perancang Aplikasi DAC Untuk Transaksi Penjualan. JUSIBI - (Jurnal Sistem Informasi dan E-Bisnis), 249.

Darmaprawira. (2002). Teori warna dan Kreatifitasnya. Bandung: Bandung ITB.

Fariyanto, F. (2021). Perancangan Aplikasi Pemilihan Kepala Desa Dengan Metode UX Design Thinking. Jurnal Tekhnologi dan Sistem Informasi, 53.

Hananto, B. A. (2020). Tinjauan Tipografi dalam Konteks industri 4.0. Seminar Nasional Desain Dan Arsitektur (SENADA) 2020, 3, 132–139. https://eprosiding.std-bali.ac.id/index.php/senada/article/view/278

Isnanto, R. F., & Putra, A. (2013). Rancang Bangun Aplikasi M-Commerce Berbasis Android Sebagai Media Pemesanan Pada Distro Online. Unsri, 1–12.

Kahar, A., Wardi, Y., & Patrisia, D. (2019). The Influence of Perceived of Usefulness, Perceived Ease of Use, and Perceived Security on Repurchase Intention at Tokopedia.com. 64, 429–438. https://doi.org/10.2991/piceeba2-18.2019.20

KARIM, A. B. (2013). PENDAMPINGAN DALAM PENGEMBANGAN KOMUNITAS PENGRAJIN UKIR DESA KARDULUK KECAMATAN PARAGAAN KABUPATEN SUMENEP. digilib.uinsby.ac.id, 3.

KEMENTERIAN LUAR NEGERI REPUBLIK INDONESIA. (2021, Diakses tanggal 9-10-2021). Indonesia sebagai Country Partner dalam "Craftistanbul" 2021. Retrieved from KEMENTERIAN LUAR NEGERI REPUBLIK INDONESIA: https://kemlu.go.id/portal/id/read/3019/berita/indonesia-sebagai-country-partner-dalam-craftistanbul-2021

Marjito, & Tesaria, G. (2016). Aplikasi Penjualan Online Berbasis Android ( Studi Kasus : Toko Hoax Merch ). Computech & Bisnis, 10(1), 40–49.

Moh Dani Ariawan, A. T., & Sholihati, I. D. (2020). Perancangan User Interface Design dan User Experience Mobile Responsive Pada Website Perusahaan. Jurnal Media Informatika Budidarma, 160-166.

Permata, W. D. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Pada Materi Kalkulus. Union Jurnal Pendidikan Matematika, 277-286.

Pramiyati, T., Jayanta, J., & Yulnelly, Y. (2017). Peran Data Primer Pada Pembentukan Skema Konseptual Yang Faktual (Studi Kasus: Skema Konseptual Basisdata Simbumil). Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 8(2), 679. https://doi.org/10.24176/simet.v8i2.1574

Putra, A. D. (2020). Rancang Bangun Aplikasi E-Commerce Untuk Usaha Penjualan Helm. Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak, 17-24.

Sanja Kurniawan, S. I. (2015). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Helm Pada Toko Helm Swaka Pacitan. Indonesian Journal on Networking and Security, 13-18.

Scott, G. M. (2008). Definisi Sistem Informasi Manajemen. Safundi, 9(3), 367–367.

Wibowo, A. T. (2013). Pembuatan Aplikasi E-Commerce Pusat Oleh Oleh Khas Pacitan Pada Toko Sari Rasa Pacitan. IJNS - Indonesian Journal on Networking and Security, 62.


Article Metrics

Abstract view : 169 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL IMAJINASI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi:
Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung
Jl. Daeng Tata Makassar 90224
E-mail: imajinasi@unm.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Imajinasi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Imajinasi indexed by