Pengelolaan Koleksi Museum Wayang Kekayon Sebagai Ruang Pelestarian Seni Budaya

Fariz Al Hazmi(1*), Herdina Rizki Damayanti(2),

(1) Institut Seni Indonesia Yogyakarta
(2) Institut Seni Indonesia Yogyakarta
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/i.v6i1.32734

Abstract


Museum Wayang Kekayon merupakan salah satu museum yang berperan penting dalam pelestarian kesennian wayang. Sebagai ruang publik yang menyimpan wayang-wayang dari berbagai daerah khususnya dari jawa, Museum Wayang Kekayon mengelola koleksinya sebagai bagian dari perawatan dan pengarsipan karya. Pengelolaan terhadap koleksi karya seni sangat penting dilakukan untuk menjaga kualitas karya yang dipamerkan dalam museum. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana Museum Wayang Kekayon sebagai museum pelestarian budaya mengelola koleksi kesenian wayang mereka dan menjadi warisan budaya. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara semi terstruktur dan observasi lapangan untuk mendapatkan data secara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koleksi yang dimiliki oleh Museum Wayang Kekayon beragam yang berasal dari 90% koleksi pribadi dan sebagian lainnya berasal dari hibah dan titipan. Perawatan dilakukan secara tradisional tanpa perawatan dengan bahan-bahan khusus dan menggunakan proses Mutrani apabila koleksi wayang sudah rusak dan tidak bisa diperbaiki. Kemudian pengelolaan lainnya dilakukan pencatatan dan pendokumentasian bahan, ukuran dan keterangan lainnya secara jelas. Sehingga data tersebut dapat digunakan di berbagai aspek seperti arsip pribadi, sarana informasi, edukasi, penelitian dan lain-lain.

Keywords


Museum Wayang Kekayon; Pengelolaan Koleksi; Wayang Kulit; Pelestarian

Full Text:

PDF

References


Amir, M. Taufiq. (2012). Manajemen Strategik: Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Armiyati, Laely dan Dede Wahyu Firdaus. (2020). Belajar Sejarah di Museum: Optimalisasi Layanan Edukasi Berbasis Pendekatan Partisipatori. Jurnal Artefak, Vol. 7, No. 2.

Awalin, Fatkur Rohman Nur. (2018). Sejarah Perkembangan dan Perubahan Fungsi Wayang dalam Mayarakat. Jurnal Kebudayaan Volume 13, No. 1.

Brinkmann, S. dan Kvale, S. (2015). Interviews Learning the Craft of Qualitative Research Interviewing Third Edition. United Sates of America: Sage Publications.

Dharsono. (2018). Karya Seni Sanggit: Perjumpaan Tradisi Modern dalam Paradigma Kekaryaan Seni Rupa. Jurnal Budaya Nusantara, Vol.2, No. 1.

Idrus, M. (2015). Metode Penelitian Ilmu Sosial, Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: Erlangga.

Juwita, Ida Ayu Eva Ratna. (2015). Strategi Pemasaran Museum Wayang Kekayon Yogyakarta Dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung. Jurnal Tata Kelola Seni, Vol. 1, No.1.

Kemdikbud RI. (2017). Jendela Pendidikan dan Kebudayaan: Langkah Strategi Pemajuan Kebudayaan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Koentjaraningrat. (2015). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.

Kusbiyanto, M. (2015). Upaya Mencegah Hilangnya Wayang Kulit Sebagai Ekspresi Budaya Warisan Bangsa. Jurnal Hukum dan Pembangunan, Tahun ke-45, No. 4.

Mico, I. M. (2021). Cara Merawat Wayang Kulit, Perhatikan Kelembapan Udara dan Cara Membersihkan. Diakses dari https://wartakotawiki.tribunnews.com /2021/11/18/cara-merawat-wayang-kulit-perhatikan kelembapan-udara-dan-cara-membersihkan. pada 16 Maret 2022.

Munandar, A. A. et al. (2011). Sejarah Permuseuman Indonesia. Jakarta: Direktorat Permuseuman, Direktorat Jenderal Sejarah dan Purbakala Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Sunaryo, A. (2009). Ornamen Nusantara; Kajian Khusus Tentang Ornamen Indonesia. Semarang: Dahara Prize.


Article Metrics

Abstract view : 127 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL IMAJINASI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi:
Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung
Jl. Daeng Tata Makassar 90224
E-mail: imajinasi@unm.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Imajinasi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Imajinasi indexed by