MEDIA PEMBELAJARAN INFOGRAFIS DENGAN MATERI UNSUR DAN PRINSIP SENI RUPA

Galang Mario(1*), Ali Ahmad Muhdy(2), Abd Aziz Ahmad(3),

(1) Univeritas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/i.v5i2.22726

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dari rancangan media pembelajran infografis pada materi unsur dan prinsip seni rupa bagi peserta didik kelas X SMAN 3 Makassar dan respon peserta didik terhadap media pembelajaran berbentuk infografis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model penelitian dan pengembangan. Metode penelitian media yang digunakan terdiri dari 7 tahap, yaitu: potensi dan masalah, pengumpulan data dan informasi, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan produk akhir. Produk akhir dari rancangan media pembelajaran ini yaitu media pembelajaran infografis pada materi unsur dan prinsip seni rupa yang didalamnya terdiri dari kata pengantar, daftar isi, materi unsur, materi prinsip dan daftar pustaka. Media pembelajaan dikemas dengan bentuk hard copy sebanyak 30 halaman. Pendistribusian media pembelajaran kepada peserta didik dikemas dalam bentuk soft copy karena penelitian yang dilakukan bertepatan dengan kondisi pandemi covid 19, sekolah melaksanakan pembelajaran sistem daring. Hasil penilaian kelayakan media pembelajaran infografis memperoleh skor 85,3% dengan kategori sangat layak. Selain itu respon peserta didik dengan skor persentasi sebesar 93% tertarik dengan media pembelajaran berbentuk infografis.

Keywords


Perancangan, media, infografis, unsur dan prinsip seni rupa

Full Text:

PDF

References


Asyhari, A., & Silvia, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajaran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5 (1). https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5il.100.

Eko Putro Widoyoko. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran (Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hadibin, Mochamad Miswar., Purnama, Eka Bambang., & Kristianto, Gesang. (2013). Pembangunan Media Pembelajaran Teknik Komputer Jaringan Kelas X Semester Ganjil Pada Sekolah Menengah Kejuruan Taruna Bangsa Pati Berbasis Multimedia Interaktif. Indonesian Jurnal on Computer Science, 1-6. http://dx.doi.org/10.1123/ijns.v4i3.295

Ningrum, Epon. (2009). Pengembangan Sumber Daya Manusia Bidang Pendidikan. Journal Geografi Gea, 9 (1).

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Susetyo, Hendri Rahman., Bahruddin, Muh., &Windarti, Tantri. (2015). Efektifitas Infografis sebagai Pendukung Mata Pelajaran IPS pada Siswa Kelas 5 SDN Kepatihan di Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Art Nouveau, 4(1).

Taufiq. M., Dewi, N.R., & Widiyatmoko, A.(2014). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Terpadu Berkarakter Peduli Lingkungan Tema “Konservasi” Berpendekatan Science-Edutainment. Journal Pendidikan IPA Indonesia, 3 (2), 140-145.

Prawiradilaga, Dewi Salma., Ariani, Diana., & Handoko, Hilman. (2013). Mozaik Teknologi Pendidikan: E-Learning. Jakarta: Prenadamedia Group.

Wahyuningsih, Ary Nur. (2012). Pengembangan Media Komik Bergambar Materi Sistem Saraf untuk Pembelajaran yang menggunakan Strategi PQ4R. Journal of Innovation Science Education, 1(1), 21-27.

Wulandari, Via., Abidin, Zainul., & Praherdhiono, Henry. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Infografis sebagai Penguatan Kognitif Siswa X MIA.Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(1), 37-44. http://dx.doi.org/10.17977/um038v2i12019p037.


Article Metrics

Abstract view : 1645 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL IMAJINASI



Alamat Redaksi:
Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung
Jl. Daeng Tata Makassar 90224
E-mail: imajinasi@unm.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Imajinasi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Imajinasi indexed by