KARAKTERISTIK GAMBAR BEBAS SISWA KELAS IV DAN KELAS IV SD NEGERI PARANGTAMBUNG 1

Mutmainnah Mutmainnah(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/i.v3i1.14113

Abstract


Penelitian ini bertujuan  untuk memperoleh data  yang akurat tentang  karakteristik gambar bebas siswa kelas  IV dan kelas V SD Negeri  Parangtambung 1. Populasi  yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas IV dan kelas V dengan jumlah 51 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari teknik pengamatan dan dokumentasi dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian terhadap gambar bebas siswa SD Negeri Parangtambung 1 yang diperoleh dari jumlah siswa sebanyak 51 siswa. Dari seluruh jumlah siswa yang diteliti, diperoleh beberapa macam karakteristik yang timbul dari gambar bebas yang diciptakan yaitu karakteristik berdasarkan tema/objek  pemandangan  dengan jumlah sebanyak 32 siswa, berdasarkan tema bangunan dengan jumlah sebanyak 12 siswa, berdasarkan objek kartun dengan jumlah sebanyak 2 orang. Berdasarkan objek tanaman dengan jumlah sebanyak 4 siswa. Berdasarkan dari aspek warna lebih dominan menggunakan warna hijau untuk pewarnaan gunung dan biru untuk pewarnaan laut.Berdasarkan dari aspek garis yang lebih sering digunakan adalah garis horizontal. Berdasarkan dari aspek form atau bentuk, pada penggambaran objek gunung ada dua bentuk yaitu dibuat runcing seperti segitiga, dan digambarkan seperti setengah lingkaran. Diperoleh 7 siswa yang memasuki tahap perkembangan masa prabagan, 39 siswa yang memsuki tahap perkembangan masa bagan, dan 2 siswa yang memasuki tahap perkembangan awal realisme semu.


Keywords


Karakteristik; Gambar Bebas; Siswa

Full Text:

PDF

References


Ali, Mohammad.1985. Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi. Bandung : Angkasa

Francis. 2002. Menggambar Sebuah

Proses Kreatif. Jakarta : Erlangga

Iskandar, 2018. Metodologi Penelitian

Pendidikan dan Sosial. Jakarta : GP Prccs.

Marjono, Dana.1990. Pendidikan Seni Rupa Untuk Sekolah Menengah Pertama. Bandung : Ganesha Exact.

Moeliono, Anton M (Ed). 1988. Kamus Besar Bahasa Indonesia . Jakarta : Departemen Kependidikan dan Kebudayaan RI.

Pamadhi, Hajar dkk. 2008. Seni Keterampilan Anak. Jakarta : Universitas Terbuka.

Salam, Sofyan.2001. Pendidikan Seni Rupa di Sekolah Dasar . Makassar : Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan r dan b. Bandung : Penerbit Alfabeta.

Sukmadinata, N.S 2009. Metode Penelitian

Pendidikan.Bandung : UPI.


Article Metrics

Abstract view : 155 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL IMAJINASI



Alamat Redaksi:
Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung
Jl. Daeng Tata Makassar 90224
E-mail: imajinasi@unm.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Imajinasi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Imajinasi indexed by