ANALISIS KRIYA KERAMIK KARYA PESERTA DIDIK KELAS XI JURUSAN DESAIN DAN PRODUK KRIYA KREATIF KERAMIK SMK NEGERI 3 GOWA

Sri Ayu Lestari(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/i.v4i2.14106

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kriya keramik karya peserta didik kelas XI keramik 2 pada  jurusan desain dan produk kriya kreatif keramik di SMK Negeri 3 Gowa. fokus permasalahan pada 4 aspek yaitu: 1) kualitas kriya keramik karya peserta didik kelas XI ditinjau dari aspek intelektualitas ide, 2) kualitas kriya keramik peserta didik kelas XI ditinjau dari aspek kreativitas, 3) kualitas kriya keramik karya peserta didik kelas XI ditinjau dari aspek estetika, 4) kualitas kriya keramik karya peserta didik kelas XI ditinjau dari aspek penguasaan teknik. Berdasarkan hasil penelitian terhadap karya peserta didik kelas XI jurusan kriya kreatif keramik masih perlu banyak ditingkatkan, Dari 12 sampel yang diteliti hanya beberapa mendapat nilai baik, dan selebihnya mendapat nilai cukup, dari aspek intelektualitas/ide 3 karya mendapat nilai baik, dan 9 karya mendapat nilai cukup, dari aspek kreativitas hanya 1 karya mendapat nilai baik selebihnya 11 karya mendapat nilai cukup, dari aspek estetika 2 karya mendapat nilai baik dan 10 karya mendapat nilai cukup sedangkan dari aspek penguasaan teknik 4 karya mendapat nilai baik 8 karya mendapat nilai cukup.


Full Text:

PDF

References


Chen Febe. (2010). Be Creative Menjadi Pribadi Kreatif. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Irfan, Darsono, SP. Gustami, Guntur (2019). Keramik Takalar 1981-2010 Ragam Bentuk dan Perubahan. Panggung, 29 (1), 73-87.

Muhdy Ali Ahmad, jalil, irfan (2017). Pemanfaatan Bahan Baku Lokal Untuk di Glasir Guna Meningkatkan Kualitas Gerabah (Eathenware) Menjadi Keramik Di Dusun Sandi Kecamatan Patallassang Kabupaten takalar.

Setyorini Retno Murti. (2009). Buku Saku Prakarya (Kerajinan) Untuk SMA kelas X. :Uwais Inspirasi Indonesia


Article Metrics

Abstract view : 226 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL IMAJINASI



Alamat Redaksi:
Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung
Jl. Daeng Tata Makassar 90224
E-mail: imajinasi@unm.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Imajinasi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Imajinasi indexed by