Pembelajaran Gambar Bentuk Bagi Siswa Kelas IV SD Inpres Paccerakkang Kota Makassar

ummul maulida(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/i.v4i1.13114

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran dan hasil karya gambar bentuk siswa  kelas IV SD Inpres Paccerakkang. Jenis penelitian ini adalah survei dengan analisis deskriptif  kualitatif. Sampel penelitian ini adalah guru dan siswa, yakni 1 orang guru kelas dan 33 orang siswa kelas IV C. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyusunan RPP, ketetapan unsur atau komponen RPP dapat dikategorikan sudah baik karena sudah tercantum pada RPP, dari segi penulisannya RPP ketepatan kata pada penulisan dan kerangka RPP sudah sesuai dengan standar proses pendidikan dasar dan menengah dengan RPP yang dibuat oleh guru, dapat diketahui bahwa pelaksanaan kegiatan pembelajaran SBDP di SD Inpres Paccerakkang sudah baik. Hal ini juga terlihat dalam setiap indikator, dimana guru telah melakukan pembelajaran sesuai tahapan pembelajaran dengan baik. Hal tersebut sesuai dengan pernyataan bahwa kegiatan belajar berhubungan dengan kegiatan siswa dalam mempelajari bahan yang disampaikan guru. Sedangkan kegiatan mengajar berhubungan dengan cara guru menjelaskan bahan kepada siswa. Dari hasil observasi dapat disimpulkan cara guru menilai pembelajaran tematik, yakni penilaian di kelas mengikuti aturan penilaian mata pelajaran lain di sekolah dasar. Mengingat bahwa kemampuan menggambar siswa kelas IV C belum semuanya baik, maka cara penilaian tidak ditekankan pada penilaian secara tertulis, kemampuan menggambar bentuk memiliki beberapa aspek yaitu, kesuaian objek, komposisi, teknik, dan kerapian merupakan kemampuan yang harus dikuasai oleh siswa dalam menggambar bentuk. Penguasaan terhadap keempat aspek  kemampuan tersebut adalah persyarat untuk mendapatkan hasil karya dan nilai baik dalam menggambar bentuk, penilaian dilakukan dengan mengacu pada indikator dari masing-masing kompetensi dasar hasil  belajar dari mata pelajaran, penilaian dilakukan secara terus-menerus selama proses belajar mengajar berlangsung. Hasil/karya kerja siswa dapat digunakan sebagai masukan bagi guru dalam mengambil keputusan.

Keywords


Pendidikan; Gambar bentuki; Menggambar Bentuk;

Full Text:

PDF

References


Aisyah, 2013. “Kemampuan Mengarsir dalam Menggambar Bentuk Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Labakkang Kabupaten Pangkep”., Makassar: Program Studi Pendidikan Seni Rupa FSD UNM.

Depdiknas. 2006. “Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. “Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Keempat”. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Alimuddin dan Hasnawati. 2011. “Strategi Pembelajaran Seni Rupa”.Makassar: Badan Penerbit UNM.

Hamalik, O . 2007. “ Proses Belajar Mengajar”. Bandung: Bumi Aksara.

Haling Abdul, dkk. 2007. “Belajar dan Pembelajaraan”. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Kallo, Nurdin. 1983. “Metode Khusus Pendidikan Seni Rupa”. Catatan Kuliah. Jurusan Seni Rupa Ikip Ujung Pandang.

Kallo, Nurdin, 1976, “Dasar-dasar Gambar Bentuk.” FBS IKIP Ujung Pandang.

Komponen RPP, Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 22 tahun 2016, tentang “Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah”.

Margono,Tri Edy dan Aziz,Abdul. 2010. “Mari Belajar Seni Rupa”. Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional.

Muhdy Ali Ahmad, 2010. “Suplemen Pembelajaran/Asupan Mata Kuliah Gambar Bentuk”. Makassar: Program Studi Pendidikan Seni Rupa FSD UNM.

Moleong, LJ. 2007. Metologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 28 Tahun 1990, tentang Pengelolaan Dan Penyelenggaran Pendidikan Sekolah Dasar.

Tirtarahardja, Umar dan Sulo,La. 2010. “Pengantar Pendidikan” Jakarta: Dipakai untuk kalangan sendiri.

Salam, Sofyan. 2001. “Pendidikan Seni Rupa di Sekolah Dasar”. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Salam Sofyan, Tangsi, Saleh Husain Muhammad. 2016. ”Modul Orientasi Pendidikan Seni Rupa”. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Syamsudduha dan Djumingin, Sulastrinigsih. 2016. “Perencanaan Pembelajaran Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah”. Makassar: Badan Penerbit UNM

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Kuantatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Uno, Hamzah. B. 2010. “Perencanaan Pembelajaran”. Jakarta: Bumi Aksara.

Yusuf L.N., Syamsu dan Sugandhi, Nani M. 2011. “Perkembangan Peserta Didik”. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Wisnaini, 2004. Analisis Terhadap Gambar Anak Usia 5−6 Tahun TK Ulud Azmi Kecamatan Alla Kabupaten Enrekang. Makassar. Skripsi FSD Universitas Negeri Makassar.


Article Metrics

Abstract view : 239 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JURNAL IMAJINASI



Alamat Redaksi:
Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung
Jl. Daeng Tata Makassar 90224
E-mail: imajinasi@unm.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Imajinasi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Imajinasi indexed by