Penerapan Metode Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Pada Permainan Bulutangkis Ditinjau Dari Persesi Kinestetik
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk membandingkan dua metode pembelajaran terhadap hasil belajar keterampilan dalam permainan bulutangkis. Metode pembelajaran terdiri dari metode pembelajaran perintah dan metode pembelajaran tugas. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui interaksi antara metode pembelajaran dan kemampuan persepsi kinestetik terhadap hasil belajar keterampilan pada permainan bulutangkis. Kemampuan persepsi kinestetik terdiri dari tinggi dan rendah. Penelitian ini dilaksanakan di Aula Bulu Tangkis Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar tahun ajaran 2016/2017. Metode eksperimen menggunakan perlakuan 2x2 by level design. Sampel terdiri dari 40 siswa yang dibagi menjadi empat kelompok yang masing-masing terdiri dari 10 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis varians dua arah (ANOVA) dan dilanjutkan dengan uji Tukey pada taraf signifikansi = 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1). Hasil belajar keterampilan pada metode pembelajaran perintah permainan bulutangkis lebih baik dibandingkan dengan metode pembelajaran tugas. (2). Terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan kemampuan persepsi kinestetik terhadap hasil belajar keterampilan dalam permainan bulutangkis. (3). Kemampuan persepsi kinestetik tinggi, metode pembelajaran perintah lebih baik daripada metode pembelajaran tugas. (4). Kemampuan persepsi kinestetik rendah, metode pembelajaran perintah dengan metode pembelajaran tugas tidak ada perbedaan.
Kata Kunci: keterampilan, permainan bulu tangkis, metode pembelajaran, persepsi kinestetik
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 49 times | PDF view : 9 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.