Metode Pembelajaran Terhadap Keterampilan Pukulan Lob Permainan Bulutangkis

Sudiadharma Sudiadharma(1*), Abdul Rahman(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian eksperimental ini bertujuan untuk membedakan dua metode pembelajaran terhadap keterampilan pukulan lob permianan bulutangkis,  terdiri dari metode pembelajaran komando,  dan metode pembelajaran bermain. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswwa FIK UNM Makassar, tahun  2020/21. Metode eksperimen menggunakan two groups pre-test-post-test design. Sampel terdiri dari 20mahasiswa putra FIK UNM Makassar dibagi menjadi dua kelompok, masing-masing terdiri dari10 mahasiswa putra FIK UNM Makassar.Teknik analisis data adalah teknik analisis Uji-t berpasangan dan tidak berpasangan pada taraf kepercayaan α = 0,05.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1). Ada peningkatan keterampilan pukulan lob permainan bulutangkis dengan metode pembelajaran komando. Dimana nilai t hitung = 3,87 > t tabel 2,26. (2). Ada peningkatan keterampilan pukulan lob permainan bulutangkis dengan metode pembelajaran bermain. Dimana nilai t hitung = 2.30 > t tabel 2,26. (3). Ada perbedaan antara metode pembelajaran komando dan metode pembelajaran bermain terhadap terhadap keterampilan pukulan lob permainan bulutangkis. Dimana nilai t hitung = 3.09 > t tabel 2,26.

Kata kunci : Metode Pembelajaran, Keterampilan, Pukulan Lob.


Keywords


Metode Pembelajaran, Keterampilan, Pukulan Lob.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 61 times | PDF view : 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.