Pengaruh latihan circuit training terhadap daya tahan otot pada atlet muaythai sulawesi selatan

Andi Atssam Mappanyukki(1*), Sarifin G(2), St Maudy Mardani(3), Sunarti Sunarti(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) 
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) SMKN 1 Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak

St. Maudy Mardani. 202I. Pengaruh Latihan Circuit Training Terhadap Daya Tahan Otot Pada Atlet Muaythai Sulawesi Selatan Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan FIK Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Andi Attsam dan Sarifin ).

 

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan circuit training terhadap daya tahan otot pada Atlet Muaythai Sulawesi Selatan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh atlet muaythai Sulawesi Selatan dan pengambilan sampel yaitu menggunakan total sampling atau teknik pengambilan sampel karena menggunakan seluruh populasi atlet muaythai Sulawesi Selatan.

Selanjutnya data – data penelitian dianalisis dengan  menggunakan uji statistic  SPSS. Berdasarkan uji hipotesis dalam penelitian ini diperoleh hasil bahwa pengaruh latihan circuit training terhadap daya tahan otot pada atlet muaythai Sulsel. Dari data Tes awal dan Tes akhir  daya tahan otot  pada atlet muaythai Sulsel didapatkan nilai selisih mean/rata-rata  3.60 mmHg pada push up, 4.60 mmHg half squat jump  dan nilai P value sebesar 0,000 (P<0.05) tes awal  daya tahan otot dan Tes akhir  daya tahan otot  pada atlet muathay Sulsel memiliki pengaruh dari program latihan circuit training selama 12 kali pertemuan dengan peningkatan sebesar 3.60 mmHg.


Keywords


latihan circuit training; daya tahan otot

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 151 times | PDF view : 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.