Kemampuan Menulis Teks Narasi Bahasa Bugis Melalui Media Video Bencana Alam Siswa Kelas VIII SMPN 3 Watansoppeng Kabupaten Soppeng

Lukman Feri(1*), Kembong Daeng(2), Aswati Asri(3), Johar Amir(4), Andi Fatimah Junus(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ijses.v3i1.37046

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kemampuan menulis kerangka teks narasi bahasa Bugis melalui media video bencana alam siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Watansoppeng Kabupaten Soppeng; (2) mendeskripsikan kemampuan menulis teks narasi bahasa Bugis melalui media video bencana alam siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Watansoppeng Kabupaten Soppeng; Penelitian ini merupakan Penelitian Deskriptif Kuantitatif. Variabel penelitian yaitu kemampuan menulis narasi bahasa Bugis dengan menggunakan media video bencana alam. Sampel penelitian yaitu siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Watansoppeng. Teknik pengumpulan data yaitu Instrumen tersebut yaitu tes mengarang. Teknik analisis yaitu: (1) membuat daftar skor mentah; (2) Membuat distribusi frekuensi dari skor mentah; (3) Kategori taraf pencapaian belajar siswa; dan (4) membuat tabel klasifikasi kemampuan siswa sampel.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kemampuan menulis kerangka teks narasi bahasa Bugis melalui media video bencana alam dikategorikan mampu (2) kemampuan menulis teks narasi bahasa Bugis melalui media video bencana alam dikategorikan mampu.

 

Keywords: Kemampuan, Narasi, Bencana Alam


Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2002). Media pembelajaran, edisi 1. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 36.

Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja grafindo persada.

Astuti, Y. W., & Mustadi, A. (2014). Pengaruh penggunaan media film animasi terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V SD. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 250–262.

Dalle, A., & Anwar, M. (2019). Penerapan Media Flashcard dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Karangan Bahasa Jerman. Indonesian Journal of Educational Studies (IJES), 22(2), 89–93.

Desy, A. R. (2021). Kemampuan Menulis Teks Narasi Menggunakan Media Audio Visual Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Solok Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022. JELISA (Jurnal Edukasi Dan Literasi Bahasa), 2(1), 121–130.

Fachruddin, A. E. (1994). Dasar-Dasar Ketrampilan Menulis.

Feri, L., & Jahrir, A. S. (2020). Efektivitas pembelajaran daring di tengah pandemi covid-19. Panrita: Jurnal Bahasa Dan Sastra Daerah Serta Pembelajarannya, 1(1), 38–42.

Green, B. N., Johnson, C. D., & Adams, A. (2006). Writing Narrative Literature Reviews For Peer-Reviewed Journals: Secrets Of The Trade. Journal of Chiropractic Medicine, 5(3), 101–117.

Gunawan, P. (2017). Penerapan Strategi Aktivitas Menulis Terbimbing (SAMT) Untuk Meningakatan Keterampilan Menulis Teks Pengumuman Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Rambah Rokan Hulu. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 1(2), 223–233.

Hamalik, O. (1994). Media Pendidikan, cetakan ke-7. Bandung: Penerbit PT. Citra Aditya Bakti.

Hamalik, O. (2008). Proses belajar mengajar. rev. ed. Jakarta: Bumi Aksara, 50–51.

Hera, A. S. (2018). Pembelajaran Menulis Teks Narasi Bugis Melalui Media Komik Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Watansoppeng. Eprints.Unm.Ac.Id.

Hilman, A. (2020). Penggunaan Media Video Penggunaan Media Video Tentang Bencana Alam Gempa Dan Tsunami Di Palu Dan Donggala, Sulawesi Tengah Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa kelas VIII SMP AL-HASRA Tahun Pelajaran 2019/2020. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Keraf, G. (2007). Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 136.

Komaidi, D. (2007). Aku bisa menulis: panduan praktis menulis kreatif lengkap. Sabda Media.

Kusumawarti, E., & Subiyantoro, S. (2018). Minat Belajar: Faktor Pendukung Keterampilan Menulis Karangan Narasi. SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN, 14.

Langan, J. (2013). College Writing Skills With Readings. Tata McGraw-Hill Education.

Mardiah, M., Refdinal, R., & Ridwan, R. (2018). Korelasi Kemampuan Menyusun Paragraf dan Motivasi Berprestasi Siswa dengan Keterampilan Menulis Laporan. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan, 1(2), 67–74.

Mursindong. (2018). Keterampilan Menulis Teks Narasi Bugis Melalui Pengalaman Siswa Kelas VII SMPN 1 Watansoppeng (Issue 2).

Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian pembelajaran sastra berbasis kompetensi. Yogyakarta: BPFe.

Nurwina, N., Saleh, M., & Sultan, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Lagu Bugis Terhadap Hasil Belajar Menulis Teks Narasi Bahasa Bugis Di Watansoppeng. Panrita: Jurnal Bahasa Dan Sastra Daerah Serta Pembelajarannya, 1(2), 65–73.

Nuzula, K., & Sastromiharjo, A. (2018). Pembelajaran Membaca Teks Deskripsi menggunakan Model 5M Berbasis Kearifan Lokal. Seminar Internasional Riksa Bahasa, 1061–1070.

Pergub No.79. (2018). Tentang pembinaan dan pengembangan di Sulawesi Selatan.

Rabiah, S. (2013). Analisis Kritis Terhadap Eksistensi Bahasa Daerah Makassar Sebagai Muatan Lokal Di Sekolah Dasar Kota Makassar Pasca Implementasi Kurikulum 2013. 1–12.

Rahman, T. (2017). Teks dalam kajian struktur dan kebahasaan. CV. Pilar Nusantara.

Resmini, N., Churiyah, Y., & Sundori, N. (2006). Membaca dan menulis di SD: teori dan pengajarannya. Reading and Writing in Elementary School: Theory and Teaching]. Bandung, Indonesia: UPI Press.

Sanjaya, R. (2006). Membuat Katalog Komersial dengan Flash 8. Elex Media Komputindo.

Sari, D. P. (2019). Perbedaan keterampilan menulis karangan narasi dengan menggunakan teknik outline (kerangka karangan) siswa kelas v sd negeri 161 pekanbaru. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(4), 954–965.

Semi, M. A. (1990). Menulis efektif. Angkasa Raya. https://books.google.co.id/books?id=bdB1NAAACAAJ

Syamsuryah. (2017). Kemampuan Menulis Narasi Bahasa Bugis Dengan Menggunakan Aksara Lontaraq Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Liliriaja Kabupaten Soppeng. Ekp, 13(3), 1576–1580.

Tarigan, H. G. (1994). Menulis sebagai suatu ketrampilan berbahasa.

Taufiqurrahman, M. (2019). Buku panduan menulis karangan narasi dengan media big book dua dimensi. Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 3(1), 318–330.


Article Metrics

Abstract view : 125 times | PDF view : 128 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.